Kerang Darah, Kerang Dara yang Paling Enak

daftarhewan.com. Kerang Darah. Di Jakarta khususnya, tidak sedikit restoran atau kios kaki lima yang mengandalkan kerang rebus sebagai menu utama hidangannya. Dahulu restoran-restoran ini mudah sekali dicari sepanjang pinggiran jalan daerah Glodok di Jakarta Barat, Jalan Kramat Jaya sampai Salemba di Jakarta Pusat, Jalan Jatinegara Timur sampai Otto Iskandardinata di Jakarta Timur.

Apa Kerang Darah Berbahaya?

Tidak ada yang salah dengan Kerang Darah atau hewan yang bernama latin Tegillarca granosa atau Anadara granosa ini. Artinya, jika dibesarkan dan dipanen dengan benar, mereka tidak berbahaya. Memang, banyak yang membuktikan kelezatan dan rasanya yang lembut dari kerang yang dalam Bahasa Inggris disebut Blood clam ini. Baca Juga : Kerang Besar.

kerang darah,gambar kerang darah, kerang dara hidup, ciri ciri kerang darah, kerang darah besar, kerang dara hidup dimana, jurnal kerang darah, kerang dara terdekat, jenis kerang darah

Kerang itu dihidangkan sesudah direbus beberapa saat. Perebusannya dikerjakan dengan mencelupkannya hidup-hidup di air mendidih. Kerang yang telah masak dagingnya, dengan sendirinya akan terbuka ke-2 cangkangnya. Kerang itu disajikan ke konsumen saat masih panas.

Baca Juga:   COVID-19: Mematikan atau Bisa Disembuhkan?

Konsumen mengorek dagingnya menggunakan garpu, lalu menikmati kesedapannya sesudah daging kerang direndam dalam sauce sambal atau bumbu yang lain.

1. Paling Disukai

“Kerang dara atau kerang darah sebagai kerang yang paling dicintai customer dan banyak diminta pebisnis restaurant” kata satu pengumpul kerang di Subang. Disebutkan kerang dara, karena dagingnya merah seperti darah. Rasanya lembut, gurih tidak ada rasa kersik seakan ada pasir yang terdapat banyak pada kerang tipe yang lain.

Sayang kerang dara cuman ada musiman, karena sebagai hasil tangkapan dari alam dan masih jarang yang membudidayakannya secara khusus. Jika sedang banyak, kerang itu ada banyak. Jika sedang tidak ada susah sekali dicari.

Baca Juga:   10 Contoh Metamorfosis Paling Dramatis di Dunia Hewan

2. Kerang Laki

Hasil tangkapan kerang dara saat sulit didapatkan umumnya memiliki ukuran kecil sepanjang 1 – 1,5 cm itu mereka sebut sebagai kerang laki. Kerang kecil ini terhitung berkualitas rendah. Alasannya, jika direbus kerang itu tidak terbuka cangkangnya, hingga sulit dikupas dagingnya.

3. Diganti dengan Jenis Lain

Kerang darah kualitas bagus atau super banyak dicari orang yang benar-benar memahami kerang, karena rasanya yang sedap. Kerang ini gampang dikupas jika direbus tentu membuka cangkangnya.

kerang dara, kerang dara adalah, kerang darah adalah, kerang anadara, kerang darah pdf, jenis kerang darah, kerang darah in english

Kerang Dara asam manis

Jika stok kerang darah sedang kosong, pebisnis restaurant kerap mengganti kerang darah dengan kerang bulu bulat, kerang hijau atau kerang bulu mencos, yang memiliki ukuran kerang setara atau bahkan juga lebih besar dibanding kerang darah kualitas super yang panjangnya sekitaran 3 – 6 cm. Kerang pengganti itu rasa dagingnya tidak seenak daging kerang dara.

Baca Juga:   Hewan yang Memakan Kotorannya Sendiri

Harga kerang darah umumnya lebih tinggi dibanding kerang yang lain. Alasannya kerang dara memang lebih nikmat rasanya dibanding jenis kerang lain.

Menurut pedagang, kerang dara lebih dicintai sebagai mata dagangan, karena ketahanan hidupnya tinggi. Kerang dara kuat hidup sampai 3 hari, tetapi kerang lain ketahanan hidupnya benar-benar rendah, hanya sekitaran sehari.

Dengan begitu risiko ruginya tinggi, jika kerang lain itu tidak terjual hari itu juga. Bila ada kerang yang mati walaupun Hanya 2-3 ekor per karung, semua kerang dalam satu karung itu akan bau busuk. Mengakibatkan tidak laris dipasarkan.

Menyusutnya kerang hasil tangkapan di alam kemungkinan karena kerang sering ditangkap atau makin ciutnya hutan bakau di pantai yang sengaja dibuka untuk beragam kepentingan. Misalkan untuk kepentingan tempat tambak udang dan tempat pemukiman.

error: