Fakta Kucing Abyssinian, yang Eksotis dan Memesona

daftarhewan.com. Ras kucing berbulu pendek dengan penampilan eksotis, seperti kucing ras Abisinia, kini semakin digandrungi. Mereka nampak unik dan menarik, karena memiliki pesona yang tidak biasa.

jenis kucing tercantik di dunia, jenis kucing paling cantik, jenis kucing terimut, jenis kucing blasteran, 10 kucing tercantik di dunia, kucing tercantik sedunia, kucing tercantik di dunia, jenis kucing didunia, jenis kucing eksotis, jenis kucing tercerdas, jenis jenis kucing cantik, kucing tercantik dunia, jenis kucing terindah, jenis kucing rumahan cantik, jenis kucing yang cantik, macam-macam kucing yang cantik

Jenis Kucing Abyssinian

Dengan gradasi warna-warna klasik, postur tubuh yang elegan, dan corak menyerupai arsiran, kucing Abisinia nampak laiknya lukisan atau patung dari zaman Mesir Kuno. Ingin mengulik lebih dalam tentang mereka? Yuk, simak fakta-fakta terkait kucing Abisinia (Kucing Abyssinian), berikut ini:

a. Ukuran:

Kecil, sampai medium. Berat kucing jantan sekitar 3,5–5 kg, sedangkan berat kucing betina berkisar antara 3–4 kg.

b. Jenis mantel bulu:

Medium.

c. Warna:

Cokelat kemerahan, merah kekuningan, kebiruan, cokelat kekuningan.

d. Karakter dan perilaku:

Ras kucing Abisinia sangat cerdas dan memiliki sifat rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka gemar mengeksplorasi setiap ruang dan mendapat julukan “Aby-grabby” karena suka mengambil segala sesuatu yang menarik perhatian mereka.

Baca Juga:   7 Jenis Kucing Peliharaan yang Langka

Selain itu, ras kucing Abisinia juga kerap melompat dan memanjat. Maka, siapkan berbagai mainan untukmenyalurkanenergimereka,atau puzzle yang dapat menguji kecerdasannya.

Kendati begitu aktif dan energik, ada kalanya kucing Abisinia nampak tenang, lalu menemani pemiliknya di sofa atau tempat tidur. Mereka sangat membutuhkan perhatian, serta dapat bersahabat dengan anak-anak yang sudah memahami cara memperlakukan hewan peliharaan.

Kucing Abisinia juga dapat hidup berdampingan dengan anjing, dan mereka akan senang apabila ada kucing Abisinia lain yang dapat mengimbangi aktivitasnya. Mereka pun dapat tinggal dengan harmonis bersama spesies hewan peliharaan lain, seperti burung paruh bengkok atau musang.

e. Ciri-ciri Kucing Abyssinian:

Bentuk kepala kucing Abisinia cenderung segitiga, dengan dagu yang meruncing. Mereka memiliki telinga yang tegak dan relatif besar, serta mata berbentuk almond bernuansa emas atau hijau. Postur tubuh jenis kucing Abisinia nampak elegan, dengan kaki jenjang dan badan ramping, namun berotot dan atletis.

Yang membuat kucing Abisinia nampak menarik, yaitu mantel bulu pendek hingga medium, dengan warna-warna klasik dan corak pointilis. Fitur tersebut membuat mereka terlihat seperti lukisan dan patung dari zaman Mesir Kuno, dan memiliki persona laiknya kucing liar, terutama puma.

Baca Juga:   12 Rekomendasi Nama Kucing Betina Jepang

jenis kucing abyssinian, kucing abisinia, kucing abisinia harga, jenis kucing blasteran, harga kucing abisinia, jenis kucing mc, kucing abyssinian harga, kucing abyssinian jual, kucing abyssinian untuk dijual, harga kucing abyssinian di indonesia, sifat kucing abyssinian, bayi kucing abyssinian, jual anak kucing abyssinian, asal kucing abyssinian, beli kucing abyssinian, ciri-ciri kucing abyssinian, kucing ras abyssinian, kucing abyssinian, kucing abyssinia, jual kucing abisinia, harga kucing abyssinian, fakta kucing abisinia

f. Masa hidup (Umur):

9–15 tahun

g. Perawatan bulu:

Agar bulu kucing Abisinia tetap dalam kondisi prima, Anda perlu memberi mereka perawatan mingguan. Namun, Anda harus menyikat dan memandikan kucing Abisinia lebih sering, pada masa-masa shedding, untuk menyingkirkan bulu-bulu yang rontok lebih cepat.

h. Kondisi kesehatan:

Pada dasarnya, para peternak bertanggung jawab untuk memeriksa dan meminimalisir masalah kesehatan genetik pada kucing. Namun, ras kucing Abisinia masih berpotensi mengalami penyakit atau kondisi tertentu. Berikut ini beberapa risiko gangguan kesehatan pada kucing Abisinia:

  • Periodontitis awal
  • Sindrom hiperestesia
  • Dislokasi sendi
  • Progressive Retinal Atrophy (PRA)
  • Defisiensi piruvat kinase
  • Amiloidosis ginjal

i. Makanan Kucing Abyssinian:

Anda perlu memberikan makanan tinggi protein pada kucing Abisinia, agar mereka mendapatkan cukup energi untuk mendukung tingkat aktivitas yang begitu tinggi. Sementara itu, anak kucing Abisinia akan membutuhkan makanan khusus anak kucing yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang, untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan di tahun pertama kehidupan mereka.

j. Asal muasal:

Ras kucing Abisinia pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 1871 dalam kontes kucing di Crystal Palace, dan menempati posisi ketiga. Kendati tidak ada catatan historis, namun pemiliknya menyatakan bahwa kucing tersebut telah diimpor dari Abisinia (sekarang, Ethiopia) selama masa peperangan.

Baca Juga:   11 Jenis Kucing Peliharaan Berukuran Besar

Namun, meski klaim tersebut menjadi dasar penamaan rasnya, tes genetik menunjukkan bahwa kucing Abisinia sejarahnya berasal dari wilayah pesisir Asia Tenggara dan Samudra Hindia, yang dibawa ke Eropa oleh para pedagang Inggris dan Belanda.

Ras kucing Abisinia pertama kali diimpor ke AS pada tahun 1900. Akan tetapi, program pengembangbiakkan baru dimulai tahun 1930-an, ketika kucing-kucing Abisinia banyak diimpor dari Inggris. Berkat momen tersebut, ras Abisinia yang sempat hanya tersisa selusin kucing akibat Perang Dunia II di Eropa, bangkit kembali dan semakin populer di seluruh penjuru dunia.

k. Fakta menarik:

  • Beberapa pihak menyebut kucing Abisinia sebagai “Kucing dari Sungai Nil Biru”, karena dipercaya sebagai kucing suci Firaun di zaman Mesir Kuno.
  • Ada yang menduga bahwa ras kucing Abisinia dikembangkan di Inggris dengan kawin silang antara kucing tabby berwarna silver dan cokelat, dengan corak pointilis.
  • Kucing Somalia merupakan kucing Abisinia dalam versi bulu panjang.
error: