Kucing American Bobtail, Si Ekor Bundel yang Menggemaskan

daftarhewan.com. Ada yang beranggapan bahwa kucing berekor bundel nampak lucu dan menggemaskan. Jika Anda setuju dengan persepsi tersebut, kucing American Bobtail dapat menjadi salah satu pilihan.

Kucing ekor bundel yang satu ini, merupakan salah satu jenis kucing di dunia yang memiliki bentuk atletis, dengan penampilan seperti kucing liar dan karakter yang cenderung mirip anjing. Atas kriteria tersebut, keberadaan ras kucing American Bobtail, akan menjadikan hidup Anda lebih semarak dan lebih aktif dari sebelumnya.

kucing american bobtail harga, kucing american bobtail shorthair, jual kucing american bobtail, jenis kucing american bobtail, ciri kucing american bobtail, harga kucing american bobtail, kucing bobtail

Jenis Kucing American Bobtail

Apakah Anda tertarik mengadopsi salah satunya? Yuk, telusuri lebih dalam seluk-beluk ras kucing American Bobtail, si ekor bundel yang menggemaskan!

a. Ukuran:

Sedang, hingga besar.

b. Berat:

  • Jantan: 6-8 kg,
  • Betina: 3,5-5,5 kg

c. Mantel bulu:

Bervariasi dan kombinasi antara pendek, sedang, hingga panjang.

d. Warna:

Putih, hitam, kebiruan, kemerahan, krem, cokelat, lavender, cokelat kayu manis, atau cokelat kekuningan, denga  beragam corak dan gradasi warna.

Baca Juga:   Panduan Ringkas: Cara Memberi Makan Anak Kucing

e. Karakter dan perilaku:

Pesan untuk tidak menilai sesuatu dari bungkusnya, berlaku ketika Anda berinteraksi dengan ras kucing American Bobtail. Meski penampilan mereka terlihat seperti kucing liar, ras American Bobtail dapat menjadi kucing pendamping yang setia dan sangat pas sebagai hewan peliharaan keluarga.

Terlebih, mereka sangat suka bersosialisasi dan termasuk kucing yang santai. Dengan perangai tersebut, American Bobtail dapat bersahabat dengan anak-anak dan hewan peliharaan berkaki empat lainnya.

Selain itu, mereka juga percaya diri dan sangat cerdas, dengan tingkah laku yang mirip dengan anjing. Kucing American Bobtail menyukai permainan lempar-tangkap, petak umpet, dan bahkan, dapat berjalan-jalan dengan menggunakan tali leher.

Untuk menyalurkan energi dan mendukung karakter American Bobtail yang aktif bergerak, pastikan Anda dapat meluangkan waktu untuk bermain dan berolahraga bersama mereka.

f. Ciri fisik:

Ciri kucing American bobtail, dari segi fisik ras kucing American Bobtail memiliki cukup banyak kemiripan dengan kucing liar ekor bundel a.k.a Bobcat. Misalnya, pada corak, tingkat kewaspadaan, tatapan pemburu, hingga ekornya yang pendek dan ekspresif.

Baca Juga:   Apa yang Ditakuti oleh Kucing?

Karena itu, sekilas, kucing American Bobtail nampak seperti Bobcat dalam ukuran yang lebih kecil.

jenis kucing besar jinak, jenis jenis kucing besar di indonesia, jenis jenis keluarga kucing besar, jual kucing jenis besar, jenis jenis spesies kucing besar, jenis kucing kampung besar, jenis kucing kepala besar, jenis keluarga kucing besar, macam kucing besar, jenis kucing mata besar

g. Masa hidup

13-15 tahun

h. Perawatan:

Tingkat shedding pada kucing American Bobtail terbilang moderat. Dengan panjang bulu medium ataupun panjang, mereka hanya perlu disikat beberapa kali seminggu untuk menyingkirkan bulu-bulu yang telah terlepas, meski tidak begitu banyak.

i. Kesehatan:

American Bobtail merupakan ras kucing yang sangat kuat dan bugar. Implikasinya, sangat sedikit informasi tentang risiko gangguan kesehatan yang berasal dari genetik atau penyakit bawaan. Kendati demikian, masih ada kemungkinan mereka mengalami displasia pinggul.

Sementara itu, pada kucing American Bobtail yang tidak berekor, terdapat risiko masalah tulang belakang, yang memengaruhi kemampuan mereka dalam mengontrol BAB.

j. Makanan:

Tumbuh kembang kucing American Bobtail akan sangat baik jika ditunjang oleh nutrisi yang berkualitas. Pada beberapa kasus, mereka juga akan membutuhkan formula tertentu untuk mengendalikan berat badan.

Di samping itu, anak kucing American Bobtail harus mengonsumsi pakan khusus untuk anak kucing di tahun pertama kehidupannya, demi mendukung tumbuh kembang yang optimal.

Baca Juga:   150+ Ide Nama untuk Kucing Anggora yang Bagus

k. Asal muasal:

Awalnya, ras kucing American Bobtail berkembang melalui seleksi alam. Pembentuk dasar ras ini terdapat pada kucing domestik yang mempunyai ekor bundel secara alami.

Pengembangan ras American Bobtail oleh manusia, baru dimulai pada akhir tahun 1960-an, ketika John dan Brenda Sanders berlibur di barat daya Amerika. Mereka membawa pulang seekor anak kucing tabby berwarna cokelat dengan ekor pendek, yang mereka temukan selama perjalanan.

Anak kucing tersebut, lantas dikawinkan dengan kucing domestik lain tanpa silsilah. Ternyata, anak kucing yang terlahir, mewarisi ekor pendek yang khas, sehingga menarik perhatian para peternak kucing, karena melihat prospek pengembangbiakkan ras kucing baru.

Benar saja. Melalui proses pengembangbiakkan selektif, akhirnya ras kucing American Bobtail pun terbentuk secara resmi.

l. Fakta menarik:

  • Ras kucing American Bobtail memiliki ekor bundel atau pendek, yang rata-rata sekitar 2,5–10 cm.
  • Kucing American Bobtail bisa menjadi bagian dalam terapi hewan pelihaaan, sebagai teman yang memberikan ketenangan dan perasaan nyaman.
  • Tumbuh kembang kucing American Bobtail relatif lebih lama. Mereka membutuhkan waktu 2-3 tahun untuk mencapai masa dewasa.
error: