Tentang Kucing American Shorthair, Si Pemburu yang Atraktif 

daftarhewan.com. Meski telah berkembang menjadi beragam tampilan, corak marmer dan warna perak yang unik, menjadi ciri klasik yang istimewa pada kucing American Shorthair. Penampilan ikonik tersebut, bahkan mengangkat mereka sebagai model iklan bagi produk makanan kucing ternama di dunia.

jenis kucing american shorthair, harga kucing american british shorthair, berapa harga kucing american shorthair, ciri kucing american shorthair, american shorthair cattery kucing, ciri khas kucing american shorthair, ciri fisik kucing american shorthair, cara penjagaan kucing american shorthair, gambar kucing american shorthair, kelebihan kucing american shorthair, kucing jenis american shorthair, kucing ras american shorthair, sifat kucing american shorthair, ciri ciri kucing american shorthair, ciri-ciri kucing american shorthair

Terlebih, kucing-kucing dari ras American Shorthair juga menampilkan persona yang bugar dan cekatan. Kecakapan tersebut berasal dari genetik nenek moyang mereka yang sempat bertugas sebagai penjaga lumbung makanan dan hasil panen, dengan mengusir hewan pengerat dan hama lainnya. Bahkan, hingga kini, kucing American Shorthair juga masih memiliki insting berburu, dan kerap mengincar hewan-hewan kecil di sekitar mereka.

Jenis Kucing American Shorthair

Berikut ini informasi lebih lanjut terkait ras kucing American Shorthair:

a. Ukuran

Medium, hingga besar.

b. Berat

  • Jantan: 5,5-7,5 kg
  • Betina: 4-6 kg

c. Mantel bulu

Pendek

d. Variasi warna

Putih, hitam, abu-abu kebiruan, kemerahan, krem, ​​dan silver, dengan beragam corak dan gradasi.

Baca Juga:   12 Rekomendasi Nama Kucing Betina Jepang

e. Karakter dan perilaku

Termasuk cerdas dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, kucing American Shorthair senang mempelajari berbagai macam trik dan mengasah kecerdasannya dengan puzzle dan mainan interaktif lainnya.

Kendati demikian, mereka pun dapat menjadi teman bersantai yang meringkuk manja, dan sesekali, beranjak ke pangkuan Anda. Meski independen dan tidak suka digendong, kucing American shorthair mudah beradaptasi, penuh kasih sayang, dan menyukai perhatian.

Cocok menjadi kucing peliharaan keluarga, ras American Shorthair sangat bersahabat dengan manusia, termasuk anak-anak. Mereka dapat hidup harmonis bersama anjing yang tidak agresif dan dapat menerima kehadiran kucing.

Namun, ada baiknya Anda tidak menyandingkan mereka dengan burung atau hewan peliharaan berukuran kecil lainnya, karena kucing American Shorthair masih memiliki naluri berburu yang cukup kuat.

f. Ciri Fisik Kucing American Shorthair

Berkembang sebagai pekerja, kucing American Shorthair bertubuh kekar dan padat. Otot kaki yang sangat kuat, mendukung kelincahan dan daya tahan mereka selama bergerak. Ekspresi ras American Shorthair juga begitu atraktif, dengan kepala besar, wajah gempal, telinga sedang, serta mata yang lebar.

jenis kucing mahal di dunia, jenis kucing mahal di indonesia, macam macam kucing mahal, jenis kucing paling mahal, 10 jenis kucing mahal yang dicari, jenis kucing yang mahal, jenis kucing yang mahal harganya, jenis kucing paling mahal di dunia, jenis jenis kucing mahal, jenis kucing paling mahal di indonesia, jenis kucing langka dan mahal, jenis jenis kucing paling mahal

g. Masa hidup

15-20 tahun

h. Perawatan Bulu

Sering kali, kucing American Shorthair peiharaan Anda mengalami shedding. Maka, Anda perlu melakukan penyisiran beberapa kali seminggu, untuk menghilangkan bulu-bulu yang terlepas. Aktivitas tersebut juga berguna untuk mendistribusikan minyak kulit yang menjaga bulu-bulu mereka tetap berkilau, serta mencegah kulit kering dan gatal.

Baca Juga:   Kucing American Wirehair, yang Ikal dan Menarik Perhatian

i. Kesehatan

Ras American Shorthair termasuk jenis kucing yang relatif sehat. Namun, wajah yang cenderung datar, membuat mereka rentan terhadap masalah mata dan pernapasan.  Meski tercatat beberapa kasus kardiomiopati hipertrofi, namun belum diketahui keterkaitannya dengan genetik.

Sementara itu, kondisi bawaan pada kucing American Shorthair dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit mulut dan gusi. Sifat santai mereka juga berimplikasi pada risiko obesitas.

Di sisi lain, para peternak profesional juga selalu melakukan upaya terbaik untuk mencegah pengembangbiakkan kucing dengan penyakit genetik.

j. Makanan kucing dewasa

Untuk menjaga kebugaran kucing American Shorthair, Anda perlu menyediakan makanan kucing dengan gizi yang lengkap dan seimbang. Namun, jika kucing Anda mengalami masalah berat badan akibat kurang bergerak, berikan pakan dengan formula khusus untuk mencapai berat badan ideal. Dan, apabila mereka kerap membentuk hairball, berikan formulasi khusus untuk mengendalikan kondisi tersebut. Baca Juga : Harga Kucing American Shorthair.

k. Makanan anak kucing

Relatif lambat untuk mencapai kematangan, anak kucing American Shorthair baru terbilang dewasa di usia 3-4 tahun. Maka, untuk mendukung tumbuh kembang mereka, berikan pakan khusus anak kucing, dengan gizi yang lengkap dan seimbang selama tahun pertama kehidupannya. Kemudian, sajikan pakan kucing dewasa setelah mereka menginjak tahun kedua.

Baca Juga:   10 Jenis Kucing yang Penampilannya Paling Cantik

l. Asal muasal

Diperkirakan, ras kucing American Shorthair merupakan keturunan kucing domestik berbulu pendek lainnya yang dibawa ke Mayflower sekitar tahun 1600-an, oleh pemukim pertama Jamestown atau penjelajah Spanyol di Florida.

Sebuah publikasi tahun 1634, menyatakan bahwa ras kucing ini telah menyelamatkan hasil panen di New England dari tupai dan bajing. Mereka diperkenalkan kepada publik dalam kontes kucing pertama di Amerika Serikat tahun 1895, dan Cat Fanciers Association (CFA) menyadari keberadaan ras ini pada tahun 1906.

m. Fakta menarik

  • Sebutan American Shorthair baru diberikan pada tahun 1966, untuk membedakan mereka dari ras domestik berbulu pendek lainnya.
  • Untuk mengidentifikasi ras kucing American Shorthair, Anda membutuhkan sertifikat resmi yang menyatakan keaslian ras, karena penampilan mereka begitu mirip dengan beberapa ras kucing domestik lain yang juga berbulu pendek.
  • Seekor kucing American Shorthair pernah mendapat kehormatan sebagai “Cat of the Year” dari CFA pada tahun 1965, 1984 dan 1996.
error: