Kucing American Wirehair, yang Ikal dan Menarik Perhatian

daftarhewan.com. Penampilan kucing American Wirehair sungguh menakjubkan. Mereka memiliki bulu-bulu keriting kecil yang padat dan saling terkait, sehingga tampak gimbal dan tidak beraturan.

Atas ciri khas tersebut, dapat dipastikan, kucing American Wirehair akan menjadi hewan peliharaan yang menarik perhatian.

jenis jenis kucing mahal, jenis kucing mahal di dunia, macam macam kucing mahal, jenis kucing mahal di indonesia, berapa jenis kucing, ras kucing mahal, nama jenis kucing mahal

Namun, jika hendak memelihara kucing American Wirehair, pastikan bahwa karakter dan perilaku mereka sesuai dengan keinginan Anda.

Yuk, telusuri seluk-beluk kucing American Wirehair, dari penjelasan berikut ini:

a. Ukuran

Sedang, hingga besar.

b. Berat

  • Jantan: 6-7,5 kg
  • Betina: 4-6 kg

c. Mantel bulu

Medium

d. Variasi warna

Dapat menampilkan berbagai warna dan corak.

e. Karakter dan perilaku

Jika Anda tengah mencari ras kucing yang tepat untuk menjadi hewan peliharaan keluarga, American Wirehair dapat menjadi salah satu pilihan yang sempurna. Mereka dapat bersikap hangat, manis, dan penuh kasih sayang, namun juga aktif, eksploratif, dan menyenangkan.

Baca Juga:   Mengenal Kucing Havana Brown, Si Cokelat yang Memikat

Selain itu, kucing American Wirehair termasuk cerdas dan mudah beradaptasi. Mereka sangat bersahabat, ramah anak, dan dapat hidup harmonis bersama hewan peliharaan lainnya.

Hanya saja, bagi Anda yang menyukai ketenangan, kucing American Wirehair barangkali tidak cukup ideal, karena mereka kerap mengeong dan mendengkur dengan cukup keras.

f. Ciri fisik

Sesuai namanya, keunikan ras kucing American Wirehair terletak pada bulu-bulunya yang keriting dan tebal, menyerupai wol domba. Penampilan mereka bervariasi, ada yang nampak berduri, hingga ikal, dengan kerutan, kaitan, atau tekukan pada setiap helainya.

Namun, secara umum, mantel bulu American Wirehair terasa kasar, padat, dan berkerut (keriting kecil) di seluruh tubuh, termasuk kumis mereka. Keistimewaan ini secara genetik tidak terkait dengan bulu rex, yang nampak pada kucing Cornish Rex atau Devon Rex.

g. Masa hidup

7-12 tahun

h. Perawatan bulu

Bulu-bulu kucing American Wirehair tidak mudah mengalami kerontokan (shedding). Dan, karena kondisi bulunya yang spesial, Anda tidak disarankan untuk melakukan perawatan yang intensif, menyikat, maupun menyisir. Anda cukup memandikan mereka secara teratur, untuk melepaskan bulu-bulu yang terlepas, kotoran, dan sekresi minyak dari kulit.

Baca Juga:   10 Nama Kucing Islami yang Bagus Beserta Artinya

i. Kesehatan

Ras kucing American Wirehair tergolong sehat. Namun, jika mereka memiliki warisan genetik dari ras American Shorthair, bisa jadi kucing American Wirehair mendapatkan risiko penyakit yang terkait dengan ras tersebut, seperti kardiomiopati hipertrofi.

j. Makanan

Tumbuh kembang kucing American Wirehair akan berlangsung dengan baik, jika mereka diberi nutrisi berupa makanan kucing yang berkualitas. Dan, bagi kucing yang mengalami masalah berat badan, mereka akan membutuhkan formulasi khusus untuk mencapai berat badan ideal.

Sementara itu, Anda harus menyajikan makanan khusus anak kucing untuk American Wirehair yang masih berusia kurang dari satu tahun.

k. Asal muasal

Kelahiran kucing American Wirehair pertama menjadi kejutan di antara 6 anak kucing yang lahir dari kucing domestik berbulu pendek biasa di Verona, New York. Kucing jantan tersebut memiliki bulu jingga-putih yang keriting, di sekujur tubuhnya.

Baca Juga:   Kucing Devon Rex, Sosok Peri di Dunia Meong

JoanO’Shea, peternak kucing lokal yang melihat prospek menarik dari kucing tersebut, lantas mengawinkannya dengan seekor kucing betina lokal. Dan, hasilnya, terlahir anak kucing yang juga memiliki bulu keriting.

Pembiakan kedua, dengan kucing betina lain yang tidak memiliki keterkaitan genetik, rupanya juga menghasilkan anak kucing berbulu keriting. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa gen yang menyebabkan bulu keriting merupakan gen dominan. Analisis lebih lanjut oleh ahli genetika kucing asal Inggris, A.G. Searle dan Roy Robinson, juga menegaskan keunikan bulu American Wirehair, dan tidak terkait secara genetik dengan Cornish Rex atau Devon Rex.

Untuk pertama kalinya, registrasi CFA menerima kucing American Wirehair pada tahun 1967 dan mengikuti kompetisi kejuaraan di tahun 1978.

l. Fakta menarik

Gen yang menjadi sumber keunikan bulu Amrican Wirehair merupakan hasil dari mutasi alami yang terjadi secara spontan.

error: