Kucing Bengal, Ras Domestik yang Persis Macan Tutul

daftarhewan.com. Kucing peliharaan yang aktif dan eksploratif seperti kucing Bengal, akan menghidupkan suasana rumah, dan menjadikan hari-hari Anda lebih ceria. Namun, tidak hanya itu. Kucing Bengal memiliki penampilan yang istimewa, dengan corak tubuh yang mirip macan tutul.

kucing termahal dunia, kucing bengal termahal, harga kucing bengal termahal, contoh kucing termahal, kucing kucing termahal di dunia, foto kucing termahal di dunia, kucing termahal di dunia gambar, gambar kucing termahal, kucing hias termahal, jenis kucing termahal di indonesia, kucing jenis termahal, jenis kucing termahal dunia, jenis2 kucing termahal, kucing termahal 2020-2021-2022-2023-2024-2025

Atas keunikan tersebut, kucing Bengal akan menjadi peliharaan ideal bagi Anda yang mendambakan kucing eksotis yang menarik dan energik.

Fakta kucing bengal

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memelihara mereka, ketahui dulu fakta-fakta penting terkait ras kucing Bengal, berikut ini:

a. Ukuran

Sedang, hingga besar.

b. Berat

  • Jantan: 5-9 kg
  • Betina: 3-6 kg

c. Mantel bulu

Medium

d. Variasi warna

Jingga cerah, hingga cokelat muda, putih atau silver dengan corak berwarna gelap atau pola marmer yang khas. Sebagian kucing Bengal juga memiliki bulu yang nampak berkilauan ketika diterpa oleh cahaya.

bagaimana kucing bengal, bagaimana perawatan kucing bengal, fakta kucing bengal, apakah kucing bengal dilindungi, kucing bengal campuran, kucing bengal hitam, kucing bengal pure, kucing bengal persia, kucing bengal ped, kenapa kucing bengal mahal, kucing bengal kuning, kucing bengal jawa

Kucing Bengal putih

e. Karakteristik fisik dan perilaku

Bersikap percaya diri dengan rasa ingin tahu yang tinggi, jenis kucing Bengal memadukan persona kucing domestik dan eksotisme kucing kuwuk a.k.a macan tutul Asia. Mereka tampak atletis, dengan otot-otot yang tegas. Mewujudkan postur tubuh yang ramping, elegan, dan seimbang.

Baca Juga:   Nama Korea untuk Kucing Betina dan Artinya

Ekspresi kucing Bengal pun nampak gahar, namun tetap menggemaskan, dengan tulang pipi yang tinggi, pola gelap yang khas di sekitar mata, dan telinga tegak. Pesona mereka pun semakin kuat karena memiliki corak yang istimewa, laiknya kucing di alam liar.

Hanya saja, mereka bukan tipikal kucing yang dapat menemani Anda nonton film dengan tenang selama berjam-jam. Kucing Bengal tidak betah diam, dan sangat suka berlarian.

f. Masa hidup

12-16 tahun

g. Perawatan bulu

Dapat dikatakan, perawatan bulu kucing Bengal begitu mudah. Anda tidak perlu bersusah payah dan menghabiskan biaya besar untuk membawanya ke salon hewan. Karena, bulu-bulu kucing Bengal tidak mudah rontok, dan mereka dapat membersihkan diri dengan sangat efisien.

Baca Juga:   Jenis Kucing Berhidung Pesek dan Masalah Kesehatannya

h. Kesehatan

Pada dasarnya, para peternak bertanggung jawab untuk menghindari segala komplikasi kesehatan dan kelainan genetik pada kucing-kucing Bengal yang mereka hasilkan. Namun, masih terdapat beberapa kondisi yang harus Anda waspadai.

Ras kucing Bengal berisiko mengalami neuropati distal dan flat-chested kitten syndrome, yang umumnya dapat sembuh ketika kucing beranjak dewasa. Namun, seiring bertambahnya usia, terdapat potensi masalah lainnya, seperti displasia pinggul, kardiomiopati hipertrofi, dislokasi patella, dan atrofi retina progresif.

i. Makanan

Kucing Bengal sangat energik. Mereka membutuhkan makanan kucing yang lengkap dan seimbang, dengan kandungan protein yang cukup tinggi, berupa makanan kering atau basah. Ada baiknya, Anda juga berkonsultasi dengan dokter hewan, jika ada masalah atau kekhawatiran terkait nutrisi, gangguan pencernaan, dan/atau peralihan ke makanan baru.

Sementara itu, agar tumbuh kembang anak kucing Bengal lebih optimal, berikan makanan khusus anak kucing yang berkuaitas, di tahun pertama kehidupannya.

Baca Juga:   Kucing Tidur Berapa Jam dalam Sehari?

j. Asal muasal

Ras kucing Bengal merupakan hasil persilangan antara kucing domestik dengan kucing kuwuk a.k.a macan tutul Asia. Perkawinan silang ini pertama kali dilakukan oleh Jean Mill di tahun 1963, yang lantas disempurnakan pada pertengahan tahun 1980-an. Namun, saat ini ras kucing Bengal hanya dikembangbiakkan dengan sesama rasnya.

k. Fakta menarik

  • Penamaan kucing Bengal berasal dari nama ilmiah kucing kuwuk, yaitu Prionailurus bengalensis.
  • Kucing Bengal menjadi satu-satunya kucing domestik dengan corak yang menyerupai macan tutul, jaguar, dan ocelot.
  • The International Cat Association (TICA) menyetujui status kejuaraan Bengal pada tahun 1991, yang lantas diikuti dengan penerimaan oleh American Cat Fanciers Association (ACFA).

Namun, ACFA membatalkan penerimaan mereka setelah kucing Bengal generasi kedua dilaporkan telah menyebabkan masalah di kontes kucing. Bengal kembali ke ACFA pada tahun 1997, dengan syarat setiap kucing yang tampil harus generasi kelima.

error: