Kucing Berantem? Berikut Cara Mencegah dan Mengatasinya

daftarhewan.com. Pernahkah Anda mengalami di suatu malam, tiba-tiba dikagetkan oleh suara eongan kucing yang sangat keras dan berisik, dari kucing berantem. Tentunya suara tersebut sangat amat mengganggu. Biasanya di pedesaan ibu-ibu yang mengalami hal demikian langung mengambil air seu-gayung lalu mengguyurkan ke kucing yang berantem tersebut.

Kucing Berantem

kucing bertengkar, kucing berantem lucu, kucing lagi berantem, anak kucing berantem, kenapa kucing berantem, kucing berantem depan rumah pertanda, gambar kucing berantem, kucing berkelahi 3d, kucing berantem sampai mati, foto kucing berantem, kucing garong berantem, penyebab kucing berantem, kucing kucing berantem, kucing berantem

Gambar kucing berantem lucu

Akan sangat menyusahkan melihat kucing Anda berkelahi atau berantem, baik itu bertengkar dengan teman bermainnya di rumah atau dengan kucing lain di luar rumah. Tetapi ada cara mengatasi kucing berkelahi atau cara untuk menghentikan perkelahian kucing dan juga cara agar kucing tidak berantem, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Dalam artikel ini, kita akan membahas alasan kenapa kucing berkelahi, cara menghentikan kucing berkelahi, dan solusi jangka panjang apa yang dapat Anda lihat jika hal itu terus terjadi.

a. Kenapa Kucing Berkelahi?

Perebutan Wilayah: Kucing adalah hewan teritorial dan mereka akan sering bertarung untuk mempertahankan wilayah yang mereka yakini sebagai wilayah mereka, ini adalah hal paling umum kenapa kucing berantem. Hal paling umum terjadi pada perkelahian kucing yang terjadi di luar rumah, karena kucing Anda yakin ada kucing lain yang merambah tanah wilayahnya.

Kucing Liar : Kucing liar mungkin percaya bahwa kucing Anda tidak seharusnya ada di tempat atau rumah Anda. Namun perkelahian seperti itu juga biasa terjadi pada kucing yang hidup bersama. Kucing menandai wilayah mereka dengan aroma, dan rumah Anda tidak terkecuali. Jika Anda memiliki lebih dari satu kucing yang tinggal di rumah, mereka akan sering bertengkar tentang masalah wilayah ini.

Baca Juga:   Kenapa Kucing Menjilati Tangan dan Muka Tuannya?

Agresi : Beberapa kucing pada dasarnya bisa agresif dan melakukan kekerasan. Kucing jantan sangat agresif dan kadang ingin terus berkelahi. Terkadang, mereka juga mendominasi kucing betina. Kucing Anda mungkin perlu menunjukkan sifat agresifnya dengan berkelahi dengan saudara laki-laki dan betinanya atau dengan menyebabkan perkelahian dengan kucing lain.

Permainan kasar : Terkadang kucing bisa bermain dan bisa menjadi kasar. Kucing bersikap kasar saat bermain – ini mungkin terlihat seperti agresi dan perkelahian, tetapi sebenarnya tidak. Namun, permainan seperti itu dapat meningkat menjadi perkelahian atau menyebabkan cedera pada keduanya atau salah satu kucing. Dalam kasus seperti itu, sebaiknya pisahkan kucing Anda jika Anda dapat melakukannya dengan aman.

Kucing bukanlah hewan kawanan, dan mereka umumnya tidak suka hidup berkelompok, kecil atau besar. Ada cara untuk mengurangi stres saat berbagi ruang, termasuk menyediakan area makan terpisah untuk setiap kucing, menyediakan banyak wadah air, dan membuat banyak area persembunyian pribadi yang tenang untuk ‘waktu sendiri’.

Menggunakan produk feromon yang menenangkan kucing (baik semprotan untuk digunakan pada furnitur di sekitar rumah atau disambungkan ke diffusers) dapat membantu mengurangi rasa stres dan karenanya mengurangi perilaku agresif. Teknik-teknik ini akan membantu pengenalan kucing baru atau untuk mengurangi tanda-tanda agresi dalam rumah yang sudah memiliki banyak kucing.

b. Cara Mengatasi Kucing Berkelahi

Apa yang Anda lakukan jika kucing Anda berkelahi? Menyaksikan kucing Anda berkelahi bisa sangat mengesalkan. Meskipun naluri pertama Anda mungkin ingin langsung memisahkannya, tetapi berhati-hatilah!. Kucing bisa menjadi agresif, dan Anda mungkin mendapat banyak cakaran karena usaha Anda. Kami menyarankan untuk mencoba memisahkannya dengan hati-hati, selama Anda yakin Anda tidak dalam bahaya.

kucing berkelahi, kucing berantem, kucing bertengkar, video kucing berantem, kucing berantem lucu, kucing berantem sampai mati, kucing garong berantem, kucing berkelahi lucu, gambar kucing berkelahi, kucing kecil berantem, foto kucing berkelahi, kucing jantan berkelahi, kucing sering berkelahi, kucing berantem sampai pup, kucing oren berantem

Video kucing berantem

c. Cara Agar Kucing Tidak Berantem

Alihkan Perhatian Kucing: Kucing bisa sangat suka saat berkelahi, tetapi Anda dapat mencoba mengalihkan perhatian mereka. Temukan sesuatu yang Anda sukai, seperti mainan, dan bersuara dengannya. Ini mungkin menarik perhatian mereka dan menghentikan perkelahian.

Baca Juga:   Kenapa Kucing Suka Menggigit Pemiliknya?

Banjur Dengan Air : Jika pengalihan perhatian tidak berhasil, cara lain yang lembut namun efektif untuk menghentikan pertengkaran adalah dengan menggunakan botol semprotan air untuk mengeluarkan kabut halus air atau banjur dengan air segayung. Ini akan membantu mereka berhenti sejenak untuk berpikir tanpa menjadi terlalu menakutkan.

Hal terpenting yang harus diingat saat turun tangan untuk menghentikan perkelahian kucing adalah, jangan membuat Anda sendiri terluka dan jangan membuat kucing Anda lebih stres atau takut dengan cara yang dilakukan. Jadi, jangan agresif terhadap kucing Anda, dan jangan melakukan hal yang kasar.

Terkadang, saat kucing Anda berkeliaran di luar ruangan atau di luar rumah, mereka bisa diserang oleh kucing lain. Serangan ini bisa sistematis, pemilik memiliki cerita tentang seekor kucing yang terus berkelahi dengan kucingnya setiap kali mereka pergi keluar. Hal ini sangat mengkhawatirkan jika kucing Anda berwatak lemah lembut, dan tidak mungkin melawan. Cedera akibat perkelahian ini memerlukan beberapa kali pemeriksaan dan pengobatan ke dokter hewan, dan dapat sangat mengkhawatirkan.

Solusi terbaik untuk mencegah kucing berkelahi dalam situasi ini adalah dengan menjaga kucing tetap di dalam ruangan. Membiarkannya keluar setelah gelap bisa sangat berbahaya.

Jika Anda tidak dapat memelihara kucing di dalam ruangan, Anda dapat mencoba dan mencari tahu apakah kucing liar itu milik seseorang dan apakah kucing itu dapat dikendalikan. Cara lainnya, saat Anda mendengar kucing Anda sedang kesusahan, pergilah ke luar untuk membantu. Kebanyakan kucing aneh atau asing akan berlari saat melihat manusia, jadi Anda mungkin tidak perlu melakukan banyak hal untuk menghentikan perkelahian kecuali hadir di tempat.

Baca Juga:   Kenapa Kucing Maine Coon Mahal?

d. Cara Agar Kucing Tidak Bertengkar Dalam Jangka Panjang

Jika kucing Anda terus berkelahi, baik dengan kucing lain di rumah Anda atau dengan kucing asing di lingkungan Anda, Anda mungkin memerlukan solusi yang lebih permanen. Kucing yang selalu berkelahi mungkin menderita agresi yang berlebihan atau mungkin memiliki kemampuan sosialisasi yang buruk. Berikut beberapa petunjuk tentang cara membantu kucing Anda agar tidak berkelahi dalam jangka panjang menurut purina.co.uk.

Dokter Hewan : Kucing sering berkelahi karena memiliki sifat agresif yang berlebihan. Agresi ini bisa jadi merupakan gejala penyakit yang tidak Anda sadari. Bawa mereka ke dokter hewan dan periksakan mereka. Dokter hewan Anda akan dapat memberi tahu Anda tentang cara melanjutkan.

Sosialisasi : Salah satu alasan utama kucing berkelahi adalah sosialisasi yang buruk. Kucing-kucing ini sama sekali tidak tahu cara berbagi, bergaul atau bersosialisasi dengan kucing lain. Anda mungkin perlu mensosialisasikan kembali kucing-kucing ini agar mereka tahu cara bertindak di sekitar kucing lain. Anda dapat membawa mereka ke sekolah pelatihan kucing untuk mencoba dan meningkatkan perilaku mereka. Sebagai alternatif, ada buku dan tutorial YouTube tentang cara membantu kucing Anda lebih akrab dengan kucing lain.

Melihat kucing Anda berkelahi bisa jadi menyusahkan, tetapi dengan artikel ini semoga menjadikan pencerahan untuk Anda. Semoga bermanfaat.

error: