Fakta Kucing Birman, yang Eksotis dan Melegenda

daftarhewan.com. Karisma kucing Birman atau Kucing Birma sudah tak perlu Anda ragukan lagi. Menjadi legenda bagi suatu bangsa, kucing Birma tampil istimewa dengan semburat wajah dan mantel bulu yang nampak mewah.

Apalagi, kucing Birma yang eksotis ini cenderung bersikap manis, dan siap menjadi teman setia bagi siapa saja dan apa saja.

apa saja jenis kucing, apa saja jenis jenis kucing, jenis jenis kucing cantik, berapa jenis kucing, berbagai jenis kucing, berapa jenis kucing di dunia, nama jenis kucing, nama jenis kucing di indonesia, nama jenis jenis kucing, nama-nama jenis kucing, nama nama jenis kucing, jenis kucing peliharaan yang pintar, jenis kucing peliharaan besar, jenis kucing yg pintar

Kucing birman

Berminat memelihara mereka? Telusuri dulu seluk-beluk kucing Birma, berikut ini:

a. Ukuran

Sedang, hingga besar.

b. Berat

  • Jantan: 4,5-7,5 kg
  • Wanita: 3-5 kg

c. Mantel bulu

Medium, hingga panjang.

d. Variasi warna

Cokelat kehitaman, abu-abu kebiruan, cokelat, abu-abu keunguan.

e. Karakter dan perilaku

Ras kucing Birma dapat menjadi teman dan hewan peliharaan yang ideal, karena kepribadian mereka yang cenderung hangat dan manis. Mereka begitu menyenangkan, suka bermain, dan sangat bersahabat dengan manusia. Terlebih, temperamen kucing Birma juga relatif tenang, sehingga ramah anak dan dapat hidup harmonis bersama hewan peliharaan lainnya.

Baca Juga:   Kucing Tidur Berapa Jam dalam Sehari?

Meski kucing Birma cenderung pendiam, ada kalanya mereka akan mengeong dengan suara yang lembut. Mereka menyukai perhatian dan gemar terlibat dalam berbagai aktivitas manusia.

f. Ciri fisik

Penampilan ras kucing Birma tampak berkelas dengan mantel bulu semi-panjang yang halus, serta ekor megar yang anggun dan elegan. Ekspresi wajahnya pun begitu memesona, dengan mata biru cemerlang yang cenderung bulat.

g. Masa hidup

Umurnya bisa mencapai 15+ tahun

h. Perawatan bulu

Tingkat shedding pada kucing Birma terbilang medium. Mantel bulu mereka tidak memiliki lapisan dalam, dan tidak mudah kusut, sehingga kucing Birma hanya membutuhkan perawatan mingguan dengan sisir khusus untuk mengendalikan bulu-bulu yang rontok.

Baca Juga:   Seluk-beluk Kucing Ras Oriental, Si Energik Berwajah Unik

kucing birman, kucing burma, jenis kucing birman, gambar kucing burma, kucing jenis birma, cara merawat kucing birman, kucing birman adalah, ciri ciri kucing birman

j. Kesehatan

Secara umum, kucing Birma cenderung sehat, terutama jika berasal dari peternak yang terpercaya. Namun, seperti beragam ras kucing lainnya, mereka berisiko terkena kardiomiopati hipertrofi.

Kendati demikian, peternak yang bertanggung jawab akan beupaya untuk meminimalisir kondisi genetik ini, agar tidak berkembang pada kucing-kucing Birma yang mereka hasilkan selanjutnya.

k. Makanan

Seperti jenis kucing pada umumnya, kucing-kucing Birma pun akan berkembang dengan optimal jika diberi asupan nutrisi terbaik, berupa makanan kucing berkualitas. Dalam beberapa kasus, kucing Birma juga membutuhkan pakan dengan formulasi tertentu apabila mengalami masalah berat badan. Dan, yang perlu Anda perhatikan, anak kucing Birma memerlukan produk makanan khusus anak kucing di tahun pertama kehidupannya.

l. Asal muasal

Legenda kucing Birma berasal dari kuil-kuli di Birma (sekarang: Myanmar), yang meyakini bahwa leluhur mereka  membawa jiwa para pendeta yang telah meninggal dunia.

Baca Juga:   11 Jenis Kucing Peliharaan Berukuran Besar

Di awal abad ke-20, sepasang kucing Birma diangkut dari ke Prancis. Namun, kucing jantan mati dalam perjalanan melintasi laut. Kabar baiknya, kucing betina telah hamil, dan lantas melahirkan keturunan yang menjadi cikal bakal ras kucing Birma di Eropa.

Ras kucing ini nyaris punah pasca Perang Dunia II, namun para peternak berhasil melestarikan populasi mereka. Ras Birma hadir di Amerika Serikat pada tahun 1959, dan terdaftar oleh Cat Fanciers ‘Association (CFA) di tahun 1967.

m. Fakta menarik

  • Menurut kepercayaan setempat, Kucing Birma meupakan kucing magis dan melegenda. Mereka dianggap sebagai kucing suci Birma, yang menjadi sahabat para pendeta.
  • Sebagaimana ras kucing dengan spot warna, anak kucing Birma lahir dengan warna putih solid, dan lantas mengembangkan warnanya seiring pertambahan usia.
  • Kucing Birma baru mencapai usia dewasa di usia 3 tahun.
error: