Apa Kucing Cacingan Bisa Sembuh Sendiri?

daftarhewan.com. Kucing Cacingan Sembuh Sendiri? Baik kucing rumahan atau kucing liar, yang berumur tua maupun masih muda, bisa terserang penyakit cacingan. Kucing dewasa bisa terjangkit cacing dari kotoran, kutu, atau hewan pengerat yang terkontaminasi, sementara anak kucing yang lebih muda bisa terkena cacing lewat proses menyusui.

Ciri-Ciri Kucing Cacingan

Beberapa gejala berikut pertanda jika kucing Anda kemungkinan kena cacingan :

kucing cacingan, ciri ciri kucing cacingan, kucing cacing, kucing cacingan warna putih, mengobati kucing cacingan, gejala kucing cacingan, mata kucing cacingan, kucing cacingan obatnya apa, kucing cacingan bisa sembuh sendiri, kucing muntah cacing hidup, kucing cacingan tidak mau makan, apa penyebab kucing cacingan

Ilustrasi Kucing Cacingan – via : cronicaglobal.elespanol.com

Datangnya yang terlihat: Untuk beberapa pemilik kucing, pertanda pertama ialah kehadiran cacing yang nampak. Anda kemungkinan melihat cacing, bagian dari cacing atau telur cacing di kotoran atau muntahan hewan peliharaan Anda. Cacing atau telur kadang dapat melakukan migrasi ke anus kucing, tersangkut di bulu-bulunya.

Pola Bulu Berubah : Bila kucing Anda terkena parasit atau cacingan, bulu-bulunya kemungkinan terlihat lusuh, kusut, atau menggumpal karena kekurangan gizi atau dehidrasi.

Baca Juga:   Fakta Tentang Kucing Bali-Jawa, dari Ukuran hingga Asal muasal

Perubahan warna gusi : Gusi kucing yang sehat seharusnya bagus dan memiliki warna merah muda, tapi bila terlihat pucat atau putih, kucing Anda barangkali mengalami anemia, karena cacing.

Muntah : Muntah ialah kejadian umum pada kucing, tapi bila terjadi lebih sering dari biasanya, cacing dapat menjadi pemicunya.

Perubahan feses/bab : Kotoran berwarna gelap dan lembek memperlihatkan adanya darah, kemungkinan dari cacing tambang. Cacing di usus bisa juga mengakibatkan diare atau mencret.

Nafsu makan bertambah walau berat badan turun : Karena cacing menghilangkan gizi penting pada kucing Anda, mereka perlu makan lebih banyak untuk mempertahankan kondisi tubuhnya.

Bila Anda menyaksikan salah satu dari tanda-tanda di atas, penting untuk segera memeriksakan kucing Anda ke dokter hewan.

1. Apa Kucing Cacingan Bisa Sembuh Sendiri?

Sepertinya tidak! Lalu apa yang terjadi bila cacingan tidak diobati pada Kucing? Adanya penyakit cacingan yang tidak diobati dapat berbahaya, bahkan juga fatal, bagi kucing Anda.

Migrasi larva lewat jaringan dan organ badan saat mereka berjalan ke usus bisa mengakibatkan infeksi kulit yang parah, kebutaan, kejang, atau pneumonia, tergantung pada lajur migrasi larva.

Baca Juga:   Jenis Kucing Korat, Ras asal Thailand yang Langka

Kehilangan darah dan gizi penting yang terus-terusan, yang seharusnya diserap oleh usus, bisa mengakibatkan anemia progresif, penurunan berat badan, dehidrasi, dan kematian.

2. Cara Membasmi Cacing pada Kucing

Ada banyak pengobatan secara alami yang di-claim efisien dalam menyembuhkan dan mencegah cacingan pada kucing, termasuk bawang putih, cuka sari apel, biji labu, wortel, serta kunyit.

Tetapi, mencoba merawat kucing Anda dengan obat cacing yang dijual bebas atau pengobatan alami untuk cacingan pada kucing tidak direkomendasikan oleh dokter hewan.

Walau mungkin terlihat seperti alternatif yang bisa lebih cepat dan lebih murah untuk mengunjungi dokter hewan Anda, TIDAK ada jaminan jika produk itu aman atau efektif dalam mengobati semua jenis kondisi medis, dan bisa jadi sebenarnya dapat berbahaya untuk kucing Anda.

Berikut beberapa perawatan yang efisien dan disepakati dokter hewan untuk cacing pada kucing.

Baca Juga:   Jenis Kucing Manx, si Bulat yang Menggemaskan

3. Cara Mencegah Cacingan pada Kucing

Adanya serangan cacing pada kucing dan penularan ke anak-anak kucing (kitten) atau Kucing dewasa bisa dihindari lewat praktek kebersihan yang baik dan vaksinasi cacing hati, cacing usus, guna pencegahan parasit sepanjang tahun.

Untuk kucing yang biasa berada di dalam ruang, baiknya bersihkan kotak kotoran setiap hari, dan mengganti pasir tempat kotoran dan menggosok kotak kotoran dengan teratur sangat penting untuk meminimalisir paparan kotoran yang terkontaminasi.

Untuk kucing yang berada di luar ruangan, secara teratur bersihkan kotoran dari halaman, kotak pasir, dan hamparan bunga atau tanaman akan meminimalisir potensi penyebaran siklus hidup parasit.

Ada beberapa jenis cacing yang bisa menyerang kucing, jadi waspadai gejala dan tandanya. Perawatan secepatnya tidak hanya akan membantu mencegah serangan parasit pada kucing Anda, tapi juga akan menolong membuat perlindungan hewan peliharaan lain (dan manusia) di dalam rumah Anda.

Mengethaui bahwa kucing Anda terkena cacingan mungkin mengganggu, tapi dengan perawatan yang efisien dari dokter hewan Anda, kucing Anda akan bebas cacing sebelum Anda mengetahuinya.

error: