Kucing Devon Rex, Sosok Peri di Dunia Meong

daftarhewan.com. Kucing Devon Rex, terbilang hewan peliharaan yang unik, karena mereka memiliki penampilan yang tidak biasa, dengan bulu ikal, postur tubuh mungil, dan ekspresi yang menakjubkan. Mereka juga dapat menarik perhatian, karena eksistensi Devon Rex sebagai hewan peliharaan masih belum umum di Indonesia.

jenis jenis kucing kecil, berapa jenis kucing, jenis kucing kecil di indonesia, nama jenis kucing kecil

Seluk-beluk Ras Devon Rex, Sosok Peri dari Dunia Kucing

Namun, apakah mereka kucing yang tepat untuk Anda? Yuk, cari tahu dengan mencermati fakta-fakta terkait ras kucing Devon Rex, berikut ini:

a. Ukuran

Kecil, hingga sedang.

b. Berat

  • Jantan: 4-5 kg
  • Betina: 2,5-4 kg

c. Tipe Bulu

Pendek

d. Variasi Warna

Putih, hitam, abu-abu kebiruan, jingga kemerahan, krem, cokelat, lavender, cokelat kemerahan, dan coklat kekuningan, dengan berbagai corak dan gradasi.

e. Ciri Fisik

Beberapa peternakkucing mendeskripsikan ras Devon Rex sebagai peri dari duniakucing. Mereka memiliki wajah mungil, usil, bermatabesar dan penasaran, yang berpadu dengan telinga lebar.

Baca Juga:   Beberapa Nama Kucing Jantan Ala Korea

Di samping itu, Devon Rex memiliki kumis dan alis yang pendek. Postur tubuh mereka kecil, namun atletis. Tersulubungi oleh mantel bulu yang bergelombang, hinggakeriting.

f. Karakter dan Perilaku

Tergolong kucing yang suka bersosialisasi, Devon Rex dapat menjadi hewan peliharaan keluarga yang luar biasa. Mereka akan hidup harmonis bersama kucing lain dan anjing yang ramah. Devon Rex juga akan senang membersamai pemiliknya, dan mempelajari berbagai macam trik.

Dengan kecerdasan dan kelincahan, ras kucing ini mirip peri yang usil dan gemar bermain. Kucing Devon Rex juga merupakan pelompat yang luar biasa. Jadi, jika Anda tidak dapat menemukannya di seantero ruangan, cobalah mencari di atas lemari dan spot-spot tinggi lainnya.

g. Masa Hidup

9-15 tahun.

h. Perawatan Bulu

Tingkat shedding pada Devon Rex tergolong rendah. Bulu-bulunya yang halus dan tipis hanya membutuhkan perawatan sesekali agar tetap sehat dan meminimalisir kerontokan. Mereka juga butuh mandi, untuk mengurangi penumpukan minyak.

i. Kesehatan

Secara umum, ras Devon Rex terbilang bugar dan sehat. Kendati demikian, mereka juga berisiko mengalami gangguan kesehatan, seperti kardiomiopati hipertrofi, dislokasi patela, dan miopati herediter yang memengaruhi fungsi otot.

Baca Juga:   Mengenal Nama Kucing Nabi Muhammad

j. Makanan

Agar kucing Devon Rex berkembang dengan optimal, pastikan mereka mendapatkan asupan nutrisi yang baik, berupa makanan kucing yang berkualitas. Dan, apabila mereka mengalami masalah berat badan, berikan pakan yang telah diformulasikan khusus untuk mendapatkan berat badan ideal.

Sementara itu, bagi kucing Devon Rex yang berusia di bawah satu tahun, sajikan makanan khusus anak kucing untuk mendukung tumbuh kembangnya.

harga kucing devon rex, jual kucing devon rex, kucing cornish rex, kucing rex, kucing selkirk rex

k. Asal muasal Kucing Devon Rex

Perkembangan ras kucing Devon Rex dmulai sekitar tahun 1960 di Devon, Inggris. Ketika itu, seekor kucing jantan liar dengan bulu keriting dan kucing tortoiseshell betina menghasilkan sekawanan anak kucing yang diadopsi oleh seorang peternak kucing, Beryl Cox.

Salah satu anak kucing dalam kawanan tersebut ada yang berbulu keriting, sebagai hasil mutasi rex, yaitu variasi genetik pada mamalia yang menyebabkan tipe bulu lembut dan keriting. Lantas, Cox pun menamai anak kucing itu Kirlee.

Di sisi lain, Cox mengetahui bahwa ada kucing lain bernamaKallibunker, yang terlahir rex, 10 tahun sebelumnya di Cornwall. Maka, Cox mengizinkan peternak Cornwall untuk membeli Kirlee, dan membantu mereka menghasilkan lebih banyak kucing berbulu ikal.

Baca Juga:   Daftar Nama Kucing Korea Beserta Artinya

Namun, upaya mengawinkan kedua kucing tersebut, ternyata tidak menghasilkan lebih banyak anak kucing yang berambut keriting. Dan, setelah eksplorasi pengembangbiakkan kucing rex membuahkan hasil, para peternak mendapati bahwa kucing Cornwall dan Devon tidak memiliki genotipe rex yang sama.

Kedua genotipe tersebut, menghasilkan dua kucing rex yang sedikit berbeda. Tidak seperti kucing rex asal Cornwall, galur rex asal Devon memiliki tipe bulu ikal yang lebih rapat, dengan kumis yang pendek atau tidak ada sama sekali. Posisi telinga mereka yang besar juga relatif lebih rendah.

Karena itulah, akhirnya mereka diidentifikasi sebagai dua entitas yang berbeda, yaitu Cornish Rex dan Devon Rex.

l. Fakta Menarik Tentang Kucing Devon Rex

  • Awalnya, kucing Devon Rex dan Cornish Rex diduga mengalami mutasi genetik spontan yang sama. Namun, ketika peternak menyadari bahwa masing-masing kucing memiliki variasi genetik yang berbeda, mereka mulai menyebut Cornish Rex sebagai Gene I Rex dan Devon Rex sebagai Gene II Rex.
  • Suka berinteraksi dengan manusia dan sering kali bertingkah jenaka, memelihara kucing Devon Rex dapat menjadi terapi hewan peliharaan untuk menjaga kesehatan mental.
error: