Kucing Exotic Shorthair Peaknose Berbulu Pendek

daftarhewan.com. Selain perbedaan tipe bulu pendek dan panjang, kucing ras Exotic Shothair memiliki standar fisik yang serupa dengan kucing Persia. Ras kucing Exotic Shothair menjadi pilihan yang ideal jika Anda menyukai tampilan khas kucing Persia, namun dengan bulu-bulu pendek yang lebih mudah dirawat.

apa itu kucing flatnose, apa bedanya kucing flatnose dan peaknose, anak kucing flatnose, kucing flatnose adalah, ciri kucing flatnose, ciri ciri kucing flatnose, ciri2 kucing flatnose

Ras Exotic Shorthair, Kucing Wajah Datar dengan Bulu Pendek

Yuk, simak fakta tentang kucing ras Exotic Shorthair, berikut ini:

a. Ukuran

Sedang, hingga besar.

b. Berat Tubuh

  • Jantan: 3,5-7 kg
  • Betina: 3-5 kg

c. Tipe Bulu

Pendek

d. Variasi Warna

Putih, hitam, abu-abu kebiruan, jingga kemerahan, krem, cokelat, abu-abu keunguan, silver, dengan aneka corak dan gradasi.

e. Karakter dan Perilaku

Kerap menunjukkan sikap yang manis dan lembut, kucing Exotic Shorthair begitu penyayang dan loyal. Mereka suka bersantai dan menyenangkan, serta pendiam dan sensitif. Dengan kepribadian semacam itu, kucing Exotic Shorthair cocok menjadi teman yang menenangkan dan hewan peliharaan ideal bagi keluarga, untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman.

Baca Juga:   7 Jenis Kucing Flat Face, "Flat nose" yang Menggemaskan

Meski cukup independen dan tidak selalu menuntut perhatian, kucing Exotic Shorthair tidak akan segan-segan untuk meringkuk di pangkuan manusia. Mereka juga cukup bersemangat untuk bersenang-senang dan mengejar mainan yang menarik perhatian.

f. Ciri Fisik Kucing Exotic Shorthair

Ras Exotic Shorthair dikembangkan untuk mendapatkan penampilan standar kucing Persia, kecuali tipe bulunya. Alih-alih menampilkan bulu panjang yang menjuntai, Exotic Shorthair memiliki mantel pendek yang tebal, padat, dan berkelas. Bulu pendek mereka nampak apik, karena berpadu dengan wajah bulat dan cenderung datar, yang memberi mereka persona imut dan menggemaskan, seperti boneka beruang.

kucing exotic shorthair peaknose, asal usul kucing exotic shorthair, kucing british shorthair bandung, kucing british shorthair cat, ciri kucing exotic shorthair, jenis kucing exotic shorthair, kucing british shorthair gambar, karakter kucing exotic shorthair, makanan kucing exotic shorthair, kucing jenis exotic shorthair, kucing ras exotic shorthair, ras kucing exotic shorthair, exotic shorthair cat, ciri-ciri kucing exotic shorthair

g. Masa Hidup

15+ tahun

h. Perawatan Bulu

Dengan tipe bulu pendek, Exotic Shorthair memiliki tingkat shedding yang sedang, dan tidak mudah kusut. Mereka hanya membutuhkan penyisiran mingguan untuk menyingkirkan bulu-bulu yang lepas. Dapat dikatakan, Exotic Shorthair menjadi kucing yang tepat jika Anda menginginkan sosok yang mirip kucing Persia dengan perawatan yang jauh lebih mudah.

Baca Juga:   Jenis Kucing Berhidung Pesek dan Masalah Kesehatannya

i. Kesehatan

Exotic Shorthairs kerap mengalami masalah kesehatan herediter. Dalam hal ini, para peternak terus berupaya untuk meminimalisir penyakit ginjal polikistik, serta kecenderungan tubuh mereka untuk mengembangkan batu kalsium oksilat dalam saluran kemih.

Dan, karena struktur wajah yang datar, Exotic Shorthair berisiko tinggi mengalami masalah pernapasan. Bentuk wajah ini juga dapat membuat mereka rentan terhadap sensitivitas panas, sehingga ada baiknya Exotic Shorthair dipelihara dalam ruangan yang relatif dingin atau ber-AC.

k. Makanan

Tumbuh kembang Exotic Shorthair akan berlangsung dengan optimal, jika Anda memberi mereka asupan nutrisi yang berkualitas, dengan gizi lengkap dan seimbang. Dan, jika mereka mengalami masalah berat badan, berikan formulasi khusus untuk mendapatan bobot ideal. Sementara bagi anak kucing Exotic Shorthair, sajikan makanan khusus anak kucing pada tahun pertama kehidupannya.

Baca Juga:   20 Daftar Jenis Kucing Paling Mahal di Dunia, Ada Em-eman!

l. Asal muasal

Eksistensi Exotic Shorthair bukan suatu kesengajaan. Kejutan yang menggembirakan ini muncul ketika peternak American Shorthair berupaya menghadirkan warna silver dan mata hijau dari ras Persia.

Namun, ketika mereka mencoba mengembangbiakkan American Shorthair dengan Persia, terlahir anak kucing yang tidak nampak seperti American Shorthair. Anak kucing tersebut, memiliki struktur wajah dan postu tubuh kucing Persia, namun dengan tipe bulu pendek yang padat.

Untuk mendapatkan genetik bulu pendek, peternak lain juga menggunakan kucing Burmese atau Russian Blue. Keturunan kucing tersebut kemudian dikembangbiakkan kembali dengan kucing Persia, lalu menciptakan ras Exotic Shorthair.

Hingga kini, kucing Persia dan kucing Exotic Shorthair memiliki standar yang sama, dengan pengecualian pada tipe bulu yang panjang dan pendek.

m. Fakta Menarik Kucing Exotic Shorthair

Awalnya, ras Exotic Shorthair mendapat sebutan Sterling, karena memiliki bulu perak yang indah. Mereka kemudian diberi nama Exotic Shorthair, karena perak bukan warna yang nampak pada ras American Shorthair, sehingga membuatnya jadi eksotis.

error: