Kucing Himalaya Asli, Perpaduan Siam-Persia

daftarhewan.com. Ketika melihat kucing Himalaya, Anda tentu dapat menebak perpaduan genetik yang membentuk sosoknya. Mereka menampilkan wajah datar dan bulu panjang yang mewah dari kucing Persia. Namun, ada pula semburat wajah dan spot-spot warna yang menyerupai kucing Siam.

jenis kucing flat face, kucing flat nose, kucing flat, jenis kucing flat, jenis kucing flat nose, cara penjagaan kucing flat face, kucing flat face untuk dijual murah, flatnose kucing

Ras kucing Himalaya akan menjadi hewan peliharaan yang luar biasa, apabila Anda suka dengan kucing yang bersikap anggun dan manis. Dengan catatan, Anda juga tidak keberatan dengan perawatan bulu-bulunya yang cukup intensif.

Ras Kucing Himalaya, Perpaduan Manis Siam-Persia

Yuk, selami seluk-beluk jenis kucing Himalaya, berikut ini:

a. Ukuran

Sedang, hingga besar.

b. Berat Tubuh

  • Jantan: 4,5-7 kg
  • Betina: 3,5-5,5 kg

c. Tipe Bulu

Panjang.

d. Variasi Warna

Tubuh kucing Himalaya didominasi warna putih hingga coklat kekuningan, berbalut spot warna, meliputi cokelat, cokelat kehitaman, keunguan, abu-abu kebiruan, jingga  kemerahan, krem tortie, krem-abu kebiruan, cokelat-tortie, krem-abu keunguan, dengan atau tanpa corak lynx.

e. Karakter dan Perilaku

Kucing Himalaya kerap menunjukkan sikap yang manis, dengan temperamen yang relatif tenang. Mereka penyayang, namun cukup selektif.

Baca Juga:   10 Nama Kucing Islami yang Bagus Beserta Artinya

Meski kucing Himalaya suka berbaring di pangkuan pemiliknya dan dapat menjadi teman yang menyenangkan, mereka bisa jadi cenderung tertutup ketika berhadapan dengan orang asing. Maka, lingkungan rumah yang nyaman, tenang, dengan tidak begitu dinamis, akan menjadi tempat tinggal yang sempurna bagi kucing Himalaya.

Jika Anda cukup sibuk, mereka juga tidak akan keberatan untuk beraktvitas sendirian. Lagipula, walau tanpa pengawasan, kucing Himalaya tidak akan memanjat tirai atau melompat ke atas meja.

Kendati demikian, bukan berarti mereka tidak senang bermain. Kucing Himalaya, dapat menjadi cukup energik ketika Anda memancingnya dengan tikus mainan atau bahkan, gumpalan kertas.

f. Ciri Fisik

Menyimpan genetik dari jenis kucing kucing Siam, kucing Himalaya tampil dengan warna tubuh yang relatif terang, dengan semburat wajah dan warna yang lebih gelap pada bagian ekor dan telinga. Variasi warna kucing Himalaya begitu beragam, mulai dari abu-abu keunguan, hingga jingga kemerahan. Meski juga menjadi galur kucing Persia, mata kucing Himalaya hanya berwarna biru, seperti leluhur Siamnya.

Namun, selain spot warna dan mata birunya, postur tubuh, tipe bulu, dan struktur wajah kucing Himalaya, sangat mirip dengan Persia. Mereka memiliki kepala bulat yang relatif besar, dengan mata lebar, hidung pesek, dan pipi tembam.

Meski terlihat gemuk dengan tipe bulu yang panjang dan megar, kucing Himalaya sesungguhnya bertubuh kokoh dan berotot, ditunjang dengan leher tebal, serta kaki yang pendek dan kuat.

Baca Juga:   Jenis Kucing Kampung Campuran, yang Tangguh dan Menawan

g. Masa Hidup

9-15 tahun

h. Perawatan Bulu

Seperti sebagian besar kucing berbulu panjang lainnya, tingkat shedding atau kerontokan bulu pada kucing Himalaya cenderung tinggi. Karena itu, perawatan harian sangat penting untuk menyingkirkan bulu-bulu yang terlepas, dan menjaga agar bulu panjang mereka tidak kusut.

i. Kesehatan

Sebagai kucing pedigree, ras Himalaya berisiko mengalami gangguan kesehatan yang bersifat genetik maupun non-genetik. Bahkan, struktur wajah mereka yang cenderung datar, secara khusus menghadirkan beberapa masalah yang unik pada ras ini, termasuk:

  • Kesulitan bernapas.
  • Gigi tidak rata.
  • Mata berair dan masalah lainnya, seperti entropion dan atrofi progresif retina.
Baca Juga:   7 Jenis Kucing Flat Face, "Flat nose" yang Menggemaskan

Selain itu, kucing Himalaya juga memiliki risiko lebih tinggi untuk gangguan kesehatan tertentu, antara lain:

  • Sindrom hiperestesia kucing
  • Sensitivitas panas
  • Penyakit ginjal polikistik
  • Kurap, karena bulu yang panjang membuat pembersihan kulit sering kali tidak optimal.
  • Seborrhea oleosa, dengan gejala merah dan gatal pada kulit.

j. Makanan Kucing Himalaya

kucing himalaya berasal dari, foto kucing himalaya, foto kucing himalaya dan harganya, fakta kucing himalaya, kucing himalaya gambar, kucing himalaya gede, adopsi kucing himalaya gratis, kucing persia himalaya gambar, kucing jenis himalaya, nama kucing himalaya lucu, kucing himalaya siam, kucing himalaya mix kampung, kucing himalaya putih, kucing himalaya hitam kucing himalaya asli dan palsu

Bulu-bulu kucing Himalaya yang panjang, meningkatkan risiko terkena masalah hairball. Maka, pertimbangkan untuk memberi mereka makanan kucing yang diformulasikan khusus untuk membantu mengendalikan hairball.

Di sisi lain, karakter kucing Himalaya yang tidak banyak bergerak, juga dapat menyebabkan kelebihan berat badan. Dalam kondisi tersebut, Anda perlu memberikan formulasi makanan yang dapat mendukung kesehatan metabolime kucing Himalaya.

Sementara itu, berikan makanan khusus anak kucing, dengan asupan gizi yang lengkap dan seimbang, untuk menunjang tumbuh kembang kucing Himalaya yang berusia di bawah satu tahun.

k. Asal muasal Kucing Himalaya

Pada tahun 1931, seorang peternak kucing bernama Virginia Cobb, bersama dengan Dr. Clyde Keeler dari Harvard, mengawinsilangkan antara ras kucing Persia dengan Siam, untuk mempelajari gen yang menampilkan spot warna.

Kemudian, sekitar tahun 1950-an, peternak kucing di Inggris dan Amerika Utara juga turut mengembangkan ras Himalaya dengan menggunakan metode Cobb dan Keeler. Dan, setelah pengembangbiakkan berlangsung dengan baik, mereka segera mengupayakan pengakuan dari asosiasi kucing.

Cat Fanciers Association (CFA) mengakui Himalaya sebagai ras kucing yang independen pada tahun 1957. Namun, pada tahun 1984, dilakukan klasifikasi ulang sebagai varietas Persia.

Sementara itu, The International Cat Association juga mengakui ras ini sebagai bagian dari kelompok Persia. Namun, American Cat Fanciers Association (ACFA) dan asosiasi lain memberikan kelompok tersendiri pada ras Himalaya.

Baca Juga:   Jenis Kucing Berhidung Pesek dan Masalah Kesehatannya

l. Fakta Menarik

  • Anak kucing Himalaya pertama yang lahir di dunia, diberi nama “Newton’s Debutante”.
  • Ras Himalaya merupakan kucing pedigree yang paling populer.
  • Ras kucing Himalaya terbentuk atas rekayasa manusia.
error: