Kucing Jenis Russian Blue, si Abu yang Suka Naik ke Bahu

daftarhewan.com. Seperti musang dan burung, kucing Russian Blue juga dapat naik dan duduk di atas bahu manusia. Mereka pun sangat cerdas, penyayang, serta loyal terhadap pemiliknya. Mengadopsi Russian Blue akan sangat cocok bagi Anda yang menghargai intelektualitas, serta menyukai kucing dengan penampilan yang simpel dan elegan.

kucing russian blue mix, kucing russian blue cat, ciri ciri kucing russian blue asli, kucing jenis russian blue, tentang kucing russian blue, makanan untuk kucing russian blue

Tentang Kucing Russian Blue

Tertarik dengan pesona mereka? Yuk, telusuri lebih jauh fakta terkait ras kucing Russian Blue!

a. Ukuran

Sedang.

b. Berat Tubuh

4-7,5 kilogram.

c. Tipe Bulu

Pendek, padat, halus, dan tampak mewah.

d. Variasi Warna

Abu-abu kebiruan, dengan ujung silver.

e. Karakter dan Perilaku

Russian Blue termasuk ras kucing yang lembut, pendiam, dan bahkan pemalu ketika berhadapan dengan orang asing. Kendati demikian, mereka amat penyayang dan loyal terhadap pemiliknya. Russian Blue yang Anda pelihara, dengan senang hati akan mengikuti Anda dan bahkan, dapat naik ke bahu Anda.

Baca Juga:   Kenapa Kucing dan Anjing Bermusuhan?

Namun, Anda tidak perlu khawatir dan membersamai mereka terus-menerus. Kucing Jenis Russian Blue dapat menghibur dirinya sendiri saat tidak ditemani, dan kembali bersemangat ketika Anda sudah tiba.

Mereka suka bermain lempar tangkap, serta sering kali melompat dan memanjat untuk mengamati sekitar dari ketinggian. Jika Anda membutuhkan beker, kucing ini dapat mengenali rutinitas, dan akan membangunkan Anda setiap pagi, agar ia mendapat sarapan.

Dengan temperamen yang relatif tenang dan sikap yang menyenangkan, Russian Blue dapat bersahabat dengan anak-anak dan hewan peliharaan yang ramah kucing.

f. Ciri Fisik

Dari segi warna, Russian Blue tampil dengan bulu abu-abu, yang dalam kontes kucing, umumnya disebut biru. Pada ujung bulu mereka terdapat warna silver, yang membuatnya tampak berkilau saat diterpa cahaya.

Kucing Russian Blue memiliki tipe tubuh unik, yang populer dengan sebutan “semi-foreign”, atau perpaduan antara postur gempal seperti Persia dan postur ramping seperti Siam. Mereka memiliki kepala berukuran sedang dan berbentuk baji, dengan telinga yang besar dan runcing.

Di samping itu, Russian Blue memiliki mata hijau bulat dan lebar, yang membuat mereka terlihat memukau. Russian Blue pun tampil elegan, dengan leher yang relatif panjang, tubuh kokoh dan berotot, serta mantel bulu ganda yang pendek, tebal, dan tampak mewah.

Baca Juga:   Ras Kucing Siberia, Teman Setia yang Istimewa

kucing abu abu namanya apa, kucing abu abu ras apa, kucing bulu abu abu, kucing berwarna abu-abu, kucing abu-abu, foto kucing abu abu, gambar kucing abu abu, gambar kucing abu abu putih, kucing abu abu jenis apa, jenis kucing abu abu putih, nama jenis kucing abu abu, ras kucing berwarna abu abu

g. Masa Hidup

Umur 10-15 tahun.

h. Perawatan Bulu

Tidak seperti ras kucing lainnya, Russian Blue tidak terus-menerus berganti bulu. Maka, Anda cukup menyisir bulu-bulunya beberapa kali dalam seminggu, agar tetap lembut dan berkilau.

i. Kesehatan

Russian Blue merupakan ras kucing yang tergolong sehat. Namun, Anda perlu memantau porsi makannya, karena mereka berpotensi mengalami obesitas, akibat nafsu makan yang besar.

j. Makanan

Kecintaan kucing Russian Blue terhadap makanan, membuat mereka berpotensi mengalami obesitas. Maka, Anda perlu memberi mereka sesi olahraga yang cukup, dan pilih formulasi makanan yang khusus untuk mengelola berat badan.

Sementara itu, untuk kucing Russian Blue yang belum mencapai usia 1 tahun, berikan makanan khusus anak kucing, dengan gizi lengkap dan seimbang. Sajikan produk berkualitas, untuk memastikan mereka benar-benar mendapat nutrisi yang tepat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang.

k. Asal muasal

Meski tidak diketahui secara pasti, sebagian besar beranggapan bahwa ras kucing ini berasal dari Rusia, karena lapisan bulu ganda yang menunjukkan bahwa mereka beradaptasi dengan iklim dingin.

Baca Juga:   Fakta Kucing Abyssinian, yang Eksotis dan Memesona

Diperkirakan, Russian Blue tiba di Inggris dan Eropa pada pertengahan 1800-an, dengan kapal dari benua tersebut. Awalnya, mereka pertama kali tampil pada tahun 1875 di London, bersaing dengan kucing biru lainnya. Namun, pada tahun 1912, Russian Blue mendapat kelas kompetisi tersendiri.

Pasca Perang Dunia II, peternak Inggris dan Skandinavia berupaya membangkitkan ras Russian Blue, melalui persilangan ras serupa, seperti Blue British Shorthair dan Blue Point Siamese. Peternak Amerika Utara lantas mengimpor Russian Blue dari kedua varietas tersebut, untuk mendapatkan fitur terbaik dari masing-masing ras.

l. Fakta Menarik

  • Beberapa anak kucing Russian Blue terlahir dengan semburat garis-garis, yang disebut “ghost stripe”. Corak yang samar ini menunjukkan genetik kucing tabby yang ada pada semua kucing, dan biasanya memudar seiring pertambahan usia.
  • Cat Fanciers Association (CFA) hanya mengakui Russian Blue dengan warna bulu biru. Namun, terdapat asosiasi lain yang menerima Russian Blue dengan variasi warna, seperti hitam atau putih.
  • Beberapa pihak meyakini bahwa Russian Blue merupakan keturunan kucing Czar Rusia.
  • Terkadang, kucing Russian Blue mendapat sebutan “Archangel Cats”, yang merujuk pada Kepulauan Archangel.
error: