Kucing Maine Coon Asli, Si Besar yang Ramah

daftarhewan.com. Memelihara Kucing Maine Coon atau Kucing Menkun cocok bagi Anda yang suka dengan kucing berukuran besar. Apalagi, kucing ras Maine Coon ini juga tampak menakjubkan dengan bulu-bulu panjang yang tampak seperti surai di bagian leher.

jenis kucing besar jinak, jenis jenis kucing besar di indonesia, jenis jenis keluarga kucing besar, jual kucing jenis besar, jenis jenis spesies kucing besar, jenis kucing kepala besar, jenis keluarga kucing besar, macam kucing besar, jenis kucing mata besar, macam macam jenis kucing besar, nama jenis kucing besar

Dan, meski tidak begitu ergonomis untuk digendong, Maine Coon dapat menjadi teman sempurna ketika Anda bersantai di sofa, atau mengajak mereka bermain dengan gembira.

Kucing Maine Coon Asli, Si Besar yang Ramah dan Jenaka

Tertarik mengadopsi kucing Maine Coon? Berikut ini fakta-fakta yang perlu Anda ketahui:

a. Ukuran Kucing Maine Coon

Besar.

b. Berat Tubuh

  • Jantan: 6-7,5 kg
  • Betina: 4,5-6 kg

c. Tipe Bulu

Bervariasi. Panjang di bagian perut dan ekor, namun relatif lebih pendek pada kaki depannya. Tekstur halus dan tebal.

Baca Juga:   Kucing European Burmese, Sang Legendaris yang Manis

d. Variasi Warna

Umumnya, corak tabby berwarna coklat. Namun, dapat pula menampilkan pola dan gradasi warna yang beragam.

e. Karakter dan Perilaku Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon dapat menjadi teman yang baik, karena karakter mereka cenderung lembut dan bersahabat. Maine Coon sering kali bertingkah jenaka dan penuh rasa ingin tahu, serta suka bermain laiknya anak kucing di sepanjang hidup mereka.

f. Ciri Fisik Kucing Maine Coon

Meski umumnya kucing Maine Coon berwarna cokelat tabby, Maine Coon juga menampilkan hampir semua warna dan pola. Mata mereka juga memiliki spektrum warna yang luas, dari biru hingga emas, dan dapat pula odd eye, yaitu dua mata dengan warna yang berbeda.

Ciri khas utama kucing Maine Coon dewasa terletak pada ukuran tubuhnya yang besar, serta bulu ekor yang panjang dan lebat. Selain itu, mereka juga memiliki kaki yang relatif besar, dengan bulu-bulu yang tebal, sehingga cocok untuk berjalan di area bersalju. Bulu telinga mereka berumbai, dan sering kali terdapat bulu yang menjuntai pada ujungnya.

Baca Juga:   Kucing Exotic Shorthair Peaknose Berbulu Pendek

g. Masa Hidup Kucing Maine Coon

Umurnya bisa mencapai 10-13 tahun.

h. Perawatan Bulu Kucing Maine Coon

Bulu Maine Coon bertekstur halus, tebal, dan relatif rontok, meski tidak sebanyak ras lain yang berbulu panjang. Atas kondisi tersebut, kucing Maine Coon membutuhkan perawatan bulu yang cukup instensif. Kendati demikian, mereka tidak akan keberatan, karena Main Coon sangat menikmati perhatian dari pemiliknya.

i. Kesehatan Kucing Maine Coon

Secara umum, jenis kucing Maine Coon tergolong tangguh. Mereka telah beradaptasi dengan cuaca musim dingin New England yang cukup ekstrem.

Kendati demikian, Maine Coon dapat mengalami displasia pinggul, yang lebih memengaruhi kucing jantan dibandingkan betina. Selain itu, ada pula risiko atrofi otot tulang belakang, yang mengakibatkan penyusutan dan kelemahan pada otot. Kondisi ini dapat terlihat pada anak kucing Maine Coon, di awal-awal masa hidupnya.

Maine Coon juga lebih berisiko terkena kardiomiopati hipertrofi dibandingkan dengan sebagian besar ras lainnya.

kucing maine coon asli, kucing maine coon berasal dari, kucing maine coon ciri ciri, kucing maine coon cantik, kucing maine coon dan ciri ciri, foto kucing maine coon, fakta kucing maine coon, foto kucing maine coon terbesar, forum kucing maine coon, ciri fisik kucing maine coon, foto gambar kucing maine coon, kucing mainecoon, kucing maine coon indonesia, sifat kucing maine coon jantan, kelebihan kucing maine coon

j. Makanan Kucing Maine Coon

Makanan kucing berkualitas yang kaya protein dan kadar air, dapat menjadi asupan terbaik bagi Maine Coon yang berusia di atas satu tahun. Sementara untuk anak kucing Maine Coon di bawah satu tahun, berikan makanan yang diformulasikan khusus untuk anak kucing, baik makanan basah maupun kering. Yang terpenting, Anda selalu memastikan ketersediaan air bersih untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Baca Juga:   50 Nama Kucing yang Bagus Beserta Artinya

k. Asal muasal Kucing Maine Coon

Berbagai cerita rakyat meliputi asal muasal dan sejarah kucing Maine Coon. Beberapa kisah melibatkan Marie Antoinette, dan yang lain tentang seorang pelaut Inggris bernama Kapten Coon. Bahkan, terdapat mitos bahwa Maine Coon merupakan hasil kawin silang antara kucing domestik dengan rakun.

Namun, dugaan yang lebih meyakinkan, kucing Maine Coon merupakan galur kucing domestik berbulu pendek dan kucing Skandinavia yang dibawa ke Amerika Utara oleh orang-orang Norwegia. Karena itu, bisa jadi geetik kucing Maine Coon masih terkait dengan Kucing Hutan Norwegia.

l. Fakta Menarik Kucing Maine Coon

  • Pada tahun 1985, ras kucing Amerika ini menjadi kucing resmi negara bagian Maine.
  • Pemenang kontes kucing pertama di Amerika Utara, yang terselenggara di Madison Square Garden pada tahun 1895, merupakan seekor kucing Maine Coon.
  • Ras Maine Coon bukan hasil kawin silang antara kucing dengan rakun.
error: