Tentang Jenis Kucing Ocicat, Macan Tutul Mini

daftarhewan.com. Tampil eksotis dengan tutul yang menyerupai kucing liar, pesona kucing Ocicat sungguh menarik perhatian. Lebih dari itu, mereka juga dapat menjadi teman yang luar biasa, karena Ocicat begitu loyal dan suka terlibat dengan aktivitas manusia.

jenis kucing ocicat, tentang kucing ocicat, sifat kucing ocicat, foto kucing ocicat, karakter kucing ocicat, asal kucing ocicat, baka kucing ocicat, perawatan kucing ocicat, harga kucing ocicat, jual kucing ocicat

Foto Kucing Ocicat – via : vashipitomcy.ru

Namun, pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk membersamai mereka, karena Ocicat yang ramah ini tidak akan suka dibiarkan sendiri.

Ras Kucing Ocicat, Macan Tutul Mini yang Menawan Hati

Berikut ini seluk-beluk ras kucing Ocicat yang perlu Anda ketahui, jika hendak mengadopsi mereka:

Baca Juga:   Mengenal Nama Kucing Nabi Muhammad

a. Ukuran

Sedang, hingga besar.

b. Berat Tubuh

  • Jantan: 5-7,5 kilogram
  • Betina: 3,5-6 kilogram

c. Tipe Bulu

Pendek, halus, dan licin.

d. Variasi Warna

Jingga kecokelatan, cokelat tua, kuning kecokelatan, kayu manis, abu-abu kebiruan, abu-abu keunguan, silver-abu gelap, silver-cokelat, silver-kayu manis, silver-kebiruan, silver-keunguan, silver-kuning kecokelatan.

e. Karakter Fisik dan Perilaku

Ocicat merupakan satu-satunya ras domestik bercorak tutul yang sengaja dikembangbiakkan secara selektif, untuk meniru penampilan kucing liar. Mereka juga memiliki tubuh yang berotot dan atletis, serta dapat dilatih untuk bermain lempar-tangkap dan berjalan dengan tali ikat.

Ocicat termasuk kucing yang setia pada manusia. Mereka menyukai perhatian dan kebersamaan, sehingga tidak nyaman jika dibiarkan sendiri terlalu lama. Maka, beri mereka teman, karena Ocicat dapat bergaul dengan kucing lain dan anjing yang ramah terhadap kucing.

Baca Juga:   9 Ras Kucing Bermata Biru yang Cantik

jenis jenis kucing cantik, jenis kucing tercantik, jenis kucing terindah, jenis kucing dan foto, jenis jenis kucing yang cantik, jenis jenis kucing imut, jenis-jenis kucing peliharaan, jenis kucing terbagus, beberapa jenis kucing

f. Masa Hidup

Tergolong ras yang sehat, Ocicat dapat hidup hingga usia 15 hingga 18 tahun.

g. Asal Kucing Ocicat

Pada tahun 1964, Virginia Daly dari Berkleg, bereksperimen dengan mengawinkan antara kucing Siam dengan kucing Abyssinian, dan berharap dapat menghasilkan kucing Siam dengan spot warna Abyssinian.

Namun, dalam satu kloter kelahiran, terlahir anak kucing jantan berwarna gading, dengan bintik-bintik emas dan mata tembaga. Anak perempuan Daly, lantas menamai jenis tersebut “Tonga”, karena anak kucing tersebut mirip dengan kucing liar dengan corak tutul. Selanjutnya, Tonga dikebiri dan dijual sebagai hewan peliharaan.

Di sisi lain, Dr. Clyde Keeler, seorang ahli genetika dari Universitas Georgia, menginginkan kucing domestik yang mirip dengan spesies kucing liar langka. Atas permintaannya, pengembangbiakan orang tua Tonga diulangi, dan menghasilkan anak kucing jantan bercorak tutul, Dalai Dotson, yang menjadi cikal bakal ras Ocicat.

Baca Juga:   8 Cara Menghilangkan Kutu Kucing di Rumah Dengan Cepat
error: