Uniknya Kucing Scottish Fold, yang Punya Telinga Lipat

daftarhewan.com. Dengan telinga terlipat hingga nyaris tak terlihat, kucing Scottish Fold tampil dengan wajah yang menggemaskan. Terlebih, Scottish Fold memiliki mata besar, bulat, dan ekspresif, yang selaras dengan keceriaan mereka.

cari kucing scottish fold, contoh kucing scottish fold, foto kucing scottish fold, kucing scottish fold jenis, karakter kucing scottish fold, scottish fold kucing, jenis kucing scottish fold, ras kucing scottish fold, sifat kucing scottish fold, tentang kucing scottish fold

Dengan ciri khas fisik yang unik dan tingkah laku yang menarik, Scottish Fold menjadi pilihan ideal bagi Anda yang suka menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan.

Yuk, cari tahu lebih jauh fakta tentang ras kucing Scottish Fold, berikut ini:

Ukuran

Sedang.

Berat Tubuh

  • Jantan:4,5-6,5 kilogram
  • Betina: 3-4,5 kilogram

Tipe Bulu

  • Longhair:medium-panjang
  • Shorthair: medium-pendek, padat, tampak mewah.

Variasi Warna

Putih, hitam, biru, merah, krem ​​dan silver, plus berbagai corak dan gradasi.

Karakter dan Perilaku

Scottish Fold menyukai mainan yang dapat menguji kecerdasannya. Mereka juga suka berinteraksi dengan manusia dan akan merasa senang ketika mendapat perhatian.Alih-alih sendirian, Scottish Fold lebih nyaman ditemani, setidaknya dengan kucing lain, atau anjing yang ramah kucing.

Baca Juga:   14 Jenis Kucing Lucu dan Imut yang Bikin Pingin Peluk

Menariknya, Scottish Fold kerap menunjukkan perilaku unik dan menghibur. Bisa jadi, Anda akan mendapatinya tengah berbaring telentang di lantai, berdiri seperti meerkat, atau bersandar dengan punggungnya, lantas duduk seperti manusia.

Ciri Fisik Kucing Scottish Fold

Kemewahan bulu Scottish Fold dapat menampilkan berbagai corak dan gradasi, termasuk pula solid,tabby,dan sebagainya.Warna pada bulumereka, umumnya akanmenentukanwarnamataScottish Fold.Misalnya,kucing Scottish Foldputih,sering kali memiliki mata biru, sedangkan kucing merah atau cokelat, bisa jadi memiliki mata berwarna tembaga.

Dan, karakteristik fisik Scottish Fold yang paling membuatnya istimewa, tentu saja telinga yang terlipat akibat mutasi genetik alami. Telinga mereka masih bekerja seperti biasa, namun menekuk dengan lipatan yang beragam, mulai dari lipatan longgar tunggal, lipat ganda, dan lipat tiga yang rapat, serta lebih dekat dengan kepala.

Telinga yang unik tersebut, membuat mereka tampil lucu dan kerap disebut-sebut menyerupai burung hantu. Terutama, karena Scottish Fold juga memiliki wajah bulat, mata bulat, dan tubuh yang juga cenderung bulat.

Masa Hidup

11-15 tahun.

Perawatan Bulu

Scottish Fold mengalami kerontokan bulu sepanjang tahun, yang meningkat selama musim semi dan musim gugur. Maka, Anda perlu melakukan penyisiran seminggu sekali untuk Scottish Fold berbulu pendek, dan melakukan perawatan beberapa kali dalam seminggu untuk Scottish Fold berbulu panjang.

Baca Juga:   Daftar 21 Nama Kucing Jantan Islami Terbaik

Kesehatan

Peternak kucing yang bertanggung jawab, akan mengupayakan berbagai cara untuk meminimalisir timbulnya penyakit yang serius. Namun, Scottish Fold masih berisiko mengalami kardiomiopati hipertrofi dan penyakit sendi degeneratif, terutama pada bagian ekor, pergelangan kaki, dan lutut. Selain itu, bentuk telinga yang terlipat, membuat Scottish Fold lebih rentan mengalami infeksi telinga.

Makanan Kucing Scottish Fold

Dengan mempertimbangkan kerentanan Scottish Fold terhadap penyakit sendi, sangat penting bagi Anda untuk menjaga berat badan mereka tetap ideal. Berikan asupan terbaik berupa makanan berkualitas, dengan kandungan gizi yang lengkap dan seimbang, untuk meningkatkan kesehatan sendi dan metabolisme.

Sementara untuk kucing Scottish Fold yang berusia di bawah usia 1 tahun,berikan makanan dengan formulasi khusus anak kucing, yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang mereka.

Asal muasal Kucing Scottish Fold

Setiap kucing Scottish Fold memiliki rekaman genetik dari kucing liar bernama “Susie”. Ia merupakan kucing putih dengan telinga lipat, yang bekerja sebagai pemburu tikus pada sebuah ladang di wilayah Tayside, Skotlandia.

Baca Juga:   Intip Yuk, Nama Kucing Korea yang Bagus

Susie memperoleh perhatian dari seorang penggembala bernama William Ross, pada tahun 1961. Ross mendapatkan salah satu anak Susie, dan menamainya “Snooks”.

Ketika Snooks melahirkan anak-anak kucing, salah satu pejantannya dikawinkan dengan kucing British Shorthair, yang lantas menjadi awal pengembangan ras. Mutasi gen yang menghasilkan telinga lipat rupanya dominan, dan menghasilkan 50% anak kucing dengan ciri khas tersebut. Susie juga menurunkan gen bulu panjang, yang mendapat sebutan”Highland Fold” dari beberapa asosiasi kucing.

Scottish Folds baru diimpor ke Amerika Serikat padaawal 1970-an. Dan, pada pertengahan tahun 70-an, mereka telah dikenal oleh sebagian besar asosiasi kucing di seantero Amerika Utara.

Fakta Menarik Kucing Scottish Fold

  • Awalnya, Scottish Fold mendapat sebutan “lop-eared cat”.
  • Mereka tidak diakui sebagai ras di Skotlandia, karena adanya kekhawatiran tentang risiko tuli dan infeksi telinga.
  • Anak kucing Scottish Fold terlahir dengan telinga lurus, dan mulai terlipat sekitar usia 3 minggu.
  • Sekitar 50% anak kucing Scottish Foldakan memiliki telinga yang terlipat. Namun, hanya Scottish Fold yang memiliki telinga terlipat yang diizinkan tampil dalam kontes.
error: