Kenapa Kucing Tidak Mau Makan Dry Food?

Posted on

daftarhewan.comKucing Tidak Mau Dry Food. Kenapa kucing lebih suka makanan basah daripada kering atau dry food? Karena kandungan air yang lebih tinggi dari makanan mentah atau kalengan memainkan peran utama dalam kesehatan dan hidrasi kucing secara keseluruhan.

Makanan kering bukanlah pilihan yang buruk untuk kucing Anda, tetapi harus selalu dilengkapi dengan makanan basah setiap hari untuk memberikan kelembapan makanan yang diperlukan dengan pakan daging yang lezat.

kucing tidak mau makan dry food, kenapa kucing tidak mau makan makanan kering, kucing tidak mau makanan kering, kucing tidak mau makan makanan kering, cara agar kucing mau makan makanan kering, kucing tidak suka makanan kering, kucing tidak suka dry food, kucing susah makan dry food, kucing ga mau makan dry food, kucing tidak mau dry food, kucing ga mau makan makanan kering
Kucing Tidak Mau Dry Food

Kucing kamu tidak mau makanan kering yang sudah disiapkan? Tak perlu kecewa atau cemas. Lumrah saja bila kucing lebih menyenangi makanan basah, karena insting karnivora mereka menanggapnya sebagai daging segar yang memiliki kandungan banyak protein.

Apalagi, rumor yang mengatakan jika makanan kering kurang baik untuk kesehatan kucing tidak seutuhnya benar. Walau cuma terdapat sedikit air dan protein, dan tinggi karbohidrat, makanan kering tidak beresiko sepanjang kucing mendapatkan konsumsi air yang cukup.

Baca Juga:   Kucing Hidung Pesek dan Masalah Kesehatannya

Ditambah, ada banyak keuntungan dari makanan kucing kering, yakni: (1) bisa ditaruh lumayan lama dan tidak gampang basi, (2) makanan dalam tempat bisa dikonsumsi berulang-kali dalam sehari, dan (3) lebih murah.

Namun, sebelum melatih kucing makan makanan kering, sebaiknya kamu berkunjung ke dokter hewan untuk mengecek keadaan kesehatan kucing. Keadaan gigi yang tidak baik, akan membuat kucing susah mengunyah dan menampik makanan kering.

Tetapi, jika kucing yang kam pelihara dalam kondisi yang sehat dan masih tetap menampik makanan kering, barang kali karena kucing kamu belum terlatih memakan makanan baru atau struktur dan wujud makanan kering itu tidak sesuai umur kucing. Kamu juga harus pastikan jika kucing kamu tidak dehidrasi dan mendapatkan akses untuk mendapat konsumsi air..

Baca Juga:   10 Alasan Kenapa Kucing Mengeong Terus dan Gelisah

Cara agar Kucing Mau Makan Makanan Kering

Nah, bagaimanakah cara melatih agar kucing mau makan makanan kering? Berikut beberapa panduan yang bisa kamu kerjakan:

(1) Coba memberi makanan kucing kering dari bermacam merk yang sesuai umur dan ras kucing, khususnya dari sisi ukuran, bentuk, tingkat kekerasan, dan teksturnya.

(2) Beri makanan kering bersebelahan dengan makanan basah yang umum dimakan kucing, sampai makin lama kucing merasa ingin mengetahui dan mencobanya.

(3) Diamkan kucing berasa lapar dalam kurun waktu 12 jam, sampai kucing ingin makan apa yang kamu siapkan Tetapi, menjadikan langkah ini alternative paling akhir dan tidak boleh kelamaan, karena bisa beresiko untuk kesehatannya

(4) Basahi makanan kering untuk mengundang perhatian dan mengelabui kucing. Bila ada yang tersisa, selekasnya membersihkan dalam kurun waktu 20—30 menit untuk menghindar perkembangan jamur dan bakteri.

Baca Juga:   Kucing Berantem? Berikut Cara Mencegah dan Mengatasinya

(5) Beri topping berbentuk makanan basah supaya kucing berminat untuk mengkonsumsinya.

(6) Supaya kucing berasa lebih excited, masukan makanan kering ke benda yang umum dimainkan kucing. Diamkan kucing bermain dan berusaha mengeluarkan makanan itu, lalu mencoba merasai sedikit demi sedikit.

(7) Yakinkan kucing selalu mendapat konsumsi air yang cukup atau mendapatkan akses untuk memperoleh air. Ingat, kucing akan menampik makanan kering jika dia berasa dehidrasi.

Yang paling penting, kamu harus bersabar dan terus coba beragam langkah. Ketahui naluri kucing, dan cari info alasannya kenapa menolak makanan kering. Jika kamu berasa kesulitan, kamu bisa juga mengontak dokter hewan untuk memperoleh anjuran yang pas sama sesuai keadaan kucing kamu. Selamat berusaha!