Kuda Laut yang Ternyata Adalah Ikan

daftarhewan.com. Kuda laut. Mereka mungkin tidak terlihat seperti ikan, tapi secara teknis mereka adalah ikan. Karena bentuk anatominya yang unik dan kurang atau tidak terlihat banyak sisik, banyak orang mungkin tidak menganggap kuda laut sebagai ‘ikan’ pada awalnya, tetapi memang demikian. Mereka hidup di air, bernapas melalui insang dan memiliki kantung renang.

tentang kuda laut yang ternyata ikan, warna kuda laut, hewan kuda laut, kuda laut kuda laut, jenis kuda laut, jenis jenis kuda laut, ukuran kuda laut, kuda kuda laut, pengertian kuda laut

Mungkin juga, kemiripan di antara kuda laut dan kuda darat cuman berada pada moncongnya. Selain itu, ke-2 spesies mempunyai gaya hidup dan ukuran yang berbeda jauh. Mereka memiliki ukuran yang begitu kecil, dengan bawaan biologis yang unik dan menarik.

Yok, ketahui informasi tentang mereka.

A. Klasifikasi Kuda Laut

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Syngnathiformes
Family: Syngnathidae
Genus: Hippocampus
Nama ilmiah: Hippocampus
Tinggi: 2,5 – 30 cm
Tingkat pH optimum: 7,9 – 8,4
Umur: 2 – 6 tahun

warna kuda laut, kuda laut warna, hewan kuda laut, kuda laut kuda laut, jenis kuda laut, jenis jenis kuda laut, tentang kuda laut, kuda kuda laut, pengertian kuda laut, kuda di laut

Warna Kuda Laut – via : wdrfree.com

B. Ciri-ciri Kuda Laut

Ada 32 spesies yang hidup menyebar di penjuru dunia, terkecuali teritori kutub. Spesies vertebrata kecil ini bisa kita dapatkan pada perairan dangkal beriklim tropis dan sedang. Kerap kali berkeliaran disekitaran terumbu karang yang banyak terdapat makanan dan tempat untuk sembunyi.

Baca Juga:   Ikan Aligator, Berkepala Mirip Buaya

Walau tidak mempunyai sisik, diperkirakan mempunyai jalinan kekeluargaan yang lumayan dekat dengan ikan pipa. Biasanya, memiliki ukuran kecil dengan tinggi rerata sekitaran 10 cm. Masing-masing spesies terbentuk dengan warna yang unik sama sesuai macam dan habitat mereka.

Setiap hari, kuda laut berayun-ayun pada rumput laut dan terumbu karang. Atas support warna dan memiliki bentuk yang unik, bisa menyamarkan diri dengan benar-benar efisien dari beberapa predator.

Disamping itu, hewan ini juga mempunyai beberapa feature yang unik untuk tetap bertahan hidup. Mereka mempunyai moncong panjang untuk menghisap makanan, dan ekor panjang untuk bergerak dalam air, dan melekat pada terumbu karang dan tanaman air, dengan menggelungkan ekor mereka.

Baca Juga:   Narwhal adalah Paus Bertanduk yang Unik

C. Kuda Laut Berkembang Biak Dengan Cara?

Kekhasan yang cukup terkenal, yakni bukti mengagumkan jika jantan jadi pembawa telur saat sebelum menetas. Kebalikannya, betina yang menempatkan 8 – 600 telur dalam kantong induk jantan yang hendak menetas dalam waktu sekitaran tiga minggu.

Saat kuda laut kawin, betina memasukkan ovipositornya ke dalam kantong induk jantan (struktur eksternal yang tumbuh di tubuh jantan) dan menyimpan telurnya yang tidak dibuahi ke dalam kantong. Jantan kemudian melepaskan sperma ke dalam kantong untuk membuahi sel telur.

hewan kuda laut, kuda laut hidup dimana, kuda laut sekali melahirkan berapa anak, kuda laut siapa yang hamil, kuda laut reproduksi, kuda laut termasuk hewan, kuda laut kawin, kuda laut termasuk, kuda laut obat kuat, kuda laut obat

D. Makanan Kuda Laut

Dari segi makanan, terhitung hewan omnivora, karena mengkonsumsi ganggang dan hewan kecil, seperti udang air asin, plankton, dan beberapa spesies ikan. Sedangkan, ukuran yang imut, membuatnya rawan dan jadi target empuk bermacam predator, seperti kepiting, dan ikan memiliki ukuran sedang dan besar.

E. Cara menggunakan kuda laut kering?

Di lain sisi, manusia juga kerap kali menangkap hewan ini untuk kepentingan pengobatan. Mereka juga rawan terhadap badai yang bisa membuat mereka terumbang-ambing.

Baca Juga:   Burung Unta: Klasifikasi, Makanan dan Fakta Lainnya

Kuda laut kering dihargai dalam pengobatan tradisional Tiongkok sebagai sumber kejantanan dan diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk asma, insomnia, dan penyakit jantung. Dalam pengolahannya sering dikeringkan dan digiling menjadi bubuk, dan ditambahkan oleh konsumen dari Cina ke dalam anggur beras, teh, atau sup.

Terkadang di campur dengan herbal dan direbus sebagai teh, yang kering paling sering digunakan untuk mengobati asma dan disfungsi seksual atau meningkatkan kejantanan pria, termasuk impotensi dan ejakulasi dini, katanya.

Dan, sangat sayang, mereka terhitung hewan yang paling rawan punah, karena kehilangan habitat serta perburuan yang terus menerus. Mereka populer sebagai bahan pengobatan, sampai tiap tahun, ribuan bahkan ratusan ribu ditangkap untuk tujuan tersebut.

Bagaimana menurutmu? Apa pantas bila manusia mengambil keuntungan dengan mengeksploitasi hewan yang lain yang sama-sama menempati bumi? Walau sebenarnya, kebinasaan satu spesies, bisa memberikan dampak dominan pada kesetimbangan alam keseluruhannya. Haruskah mereka menjadi korban selanjutnya atas semua yang disebabkan manusia juga?

error: