Kupu Kupu Terbesar, Tercepat dan Tertinggi

Posted on

daftarhewan.com. Kupu Kupu Terbesar, Tercepat dan Tertinggi. Apa yang dimaksud kupu-kupu? Kupu-kupu adalah serangga terbang dengan tubuh kecil dan sayap besar, seringkali berwarna-warni, cantik dan indah.

Kupu-Kupu

Beberapa tukang kebun menanam bunga tertentu yang menarik kupu-kupu. Kupu-kupu berkerabat dekat dengan ngengat, yang juga memiliki sayap yang sebanding dengan tubuh dan antenanya.

1. Pengertian kupu kupu

Kupu-kupu adalah serangga dari ordo Lepidoptera, yang juga termasuk ngengat. Mereka adalah serangga terbang dengan sayap bersisik besar.

Baca Juga:   12 Fakta Tentang Lalat Rumah

2. Apa yang spesial dari kupu-kupu?

gambar kupu kupu cantik, kupu-kupu cantik, warna kupu kupu yg cantik, warna kupu kupu yang cantik, gambar kupu kupu cantik dan indah, gambar kupu-kupu yang cantik, kupu-kupu kecil, mewarnai kupu kupu cantik, kupu kupu warna warni, kupu kupu yang cantik, warna kupu kupu cantik, kupu-kupu yang cantik

Sisik-sisiknya, yang disusun dalam desain warna-warni yang unik untuk setiap spesies, inilah yang memberi keindahan pada kupu-kupu.

Seperti semua serangga lainnya, kupu-kupu memiliki enam kaki dan tiga bagian tubuh utama: kepala, dada (dada atau bagian tengah) dan perut (ujung ekor). Mereka juga memiliki dua antena dan kerangka luar.

Ada sekitar 150.000 spesies kupu-kupu, dan sekitar 700 spesies baru ditemukan setiap tahun.

Serangga terbang ini hidup di mana-mana, dengan pengecualian wilayah Antartika, karena habitat ini terlalu dingin dan tidak menghasilkan cukup makanan untuk mereka hanya ada es atau Bioma Tundra. Kebanyakan kupu-kupu dapat ditemukan di daerah hangat dan tropis.

Baca Juga:   Cara Mengusir Lalat di Rumah dan Warung dengan Cepat

Kupu-kupu raja adalah salah satu kupu-kupu yang paling dikenal dan dipelajari dengan baik di planet ini. Sayap oranyenya dibumbui dengan garis-garis hitam dan dibatasi dengan titik-titik putih.

Terkenal dengan migrasi musimannya, jutaan kupu kupu raja bermigrasi dari Amerika Serikat dan Kanada ke selatan ke California dan Meksiko untuk menghadapi musim dingin.

Sebelum serangga cantik dan berwarna-warni ini dapat meluncur terbang di udara, mereka menghabiskan hidup mereka sebagai ulat atau kepompong.

Beberapa spesies memerlukan waktu hingga tujuh tahun sampai menjadi seekor kupu-kupu yang cantik pada akhirnya. Setelah itu, umurnya agak pendek dan paling lama berlangsung dari beberapa hari hingga satu tahun.

Baca Juga:   Apa Saja Kegunaan Nyamuk? Berikut 10 Manfaatnya!

3. Kupu-Kupu Terbang Tercepat

kupu-kupu tercepat, Hesperiidae dan Sphingidae (Hawk moths - ngengat elang)

Sebagian besar kupu-kupu terbang di udara dengan kecepatan sekitar 4,9 – 12,4 mph (8 – 20 km/jam).

Ini lebih cepat daripada orang yang berjalan kaki atau orang yang mengendarai sepeda. Tapi mereka bisa lebih cepat dari ini.

Beberapa kupu-kupu bahkan dapat mengimbangi mobil di lalu lintas kota: Hesperiidae dan Sphingidae (Hawk moths – ngengat elang) mencapai kecepatan antara 31 dan 37,2 mph (50 dan 60 km/jam) – tidak hanya untuk waktu yang singkat, tetapi juga saat menempuh jarak yang lebih jauh.

4. Kupu-Kupu Terbesar

kupu kupu terbesar, Kupu-kupu burung hantu (Owl butterflies)
Kupu kupu terbesar – via : nhm.ac.uk

Guinness Book of Records mencantumkan Kupu-kupu sayap burung Ratu Alexandra (Queen Alexandra’s birdwing) sebagai kupu-kupu terbesar di dunia, dengan lebar sayap 11 inci (28 cm) dan berat 0,98 oz (28 g). Sementara rekor ini telah dilampaui oleh Kupu-kupu burung hantu (Owl butterflies) Brasil dengan lebar sayap 11,8 inci (30 cm).

5. Sayap Terbesar

kupu kupu rama rama, pengertian kupu kupu, kupu kupu terlangka di dunia, kupu kupu si rama rama, kupu kupu paling langka di dunia, kupu kupu langka dan terindah

Ngengat Atlas (Kupu Kupu Gajah) atau kupu kupu rama rama memiliki rentang sayap terbesar. Dinamai Atlas, seorang pahlawan dari mitologi Yunani, yang harus memikul seluruh dunia di pundaknya.

6. Migrasi Terpanjang

Pada bulan September 1988, kupu-kupu raja jantan ditandai di Ontario, Kanada, dan ditemukan kembali di Texas, AS, pada tahun 1989.

Karena suhu yang dingin, kupu-kupu tersebut tidak akan bertahan dari musim dingin di Texas. Oleh karena itu, para ilmuwan memperhitungkan, bahwa kupu-kupu terbang sejauh 2.880 mil (4.635 km) ke Meksiko setidaknya untuk menghabiskan musim dingin di sana.

Namun, mungkin saja kupu-kupu raja menempuh jarak dua kali dari itu, sehingga menjadikannya kupu-kupu dengan migrasi terjauh di dunia.

kupu kupu raja, monarch butterfly, kupu kupu, kupu kupu yang lucu, kupu kupu cantik, kupu kupu mengalami metamorfosis, dimana kupu kupu hidup jelaskan, kupu kupu adalah

7. Kupu-Kupu Terbang Tertinggi

Ada juga kupu-kupu yang mampu terbang sangat tinggi. Kupu-kupu painted lady atau Vanessa cardui yang dicatat telah terlihat pada ketinggian 1.895 mil (3.050 m).

8. Proboscis yang tidak biasa

Ngengat penghisap darah, Ngengat burung hantu Kanada Calyptra canadensis

Ngengat burung hantu Kanada Calyptra canadensis tidak memiliki Proboscis (seperti belalai) untuk menghisap nektar dari tumbuhan tetapi untuk menyengat darah hewan dan manusia.

Ngengat ini mengisap darah seperti nyamuk dan dengan demikian juga dapat menularkan penyakit. Namun, kupu-kupu ini tidak hidup di Eropa dan biasanya hanya dapat ditemukan di Amerika, Kanada dan Asia Tenggara.

9. Kebun Binatang Kupu-Kupu Terbesar

Sejak 1986, ada kebun binatang kupu-kupu di pulau Penang, Malaysia. Saat ini, sekitar 4.000 hewan tinggal di sana di area seluas 86.111 ft² (8.000 m²), yang lebih besar dari lapangan sepak bola resmi Kejuaraan Dunia.

Comments are closed.