Kura-Kura Raksasa Galapagos yang Kian Terancam

daftarhewan.com. Panggilan yang diberikan pada kura-kura galapagos bukanlah mengada-ngada, lantaran tubuhnya memang bisa mencapai ukuran raksasa dengan bobot lebih dari 2 kuintal. bentuk kaki depannya unik, besar dan gemuk mirip kaki gajah.

kura kura galapagos terbesar, kura kura galapagos terbesar di dunia, kura kura raksasa galapagos, gambar kura kura galapagos, umur kura kura galapagos, apakah kura kura galapagos sudah punah, kura kura galapagos terakhir, kura-kura galapagos

Gambar kura kura galapagos

Kura-kura galapagos (Chelonoidis nigra) termasuk kura-kura terbesar anggota family Testudinidae. Diameter batoknya saja mencapai 122 cm. Lehernya agak panjang, sehingga kalau dimasukkan ke dalam batoknya (sering disebut karapse) tidak bisa menampung semua.

Keempat kakinya besar dan kulitnya berbintil-bintil. Khusus kaki depan, bentuknya seperti tiang, lurus dan besar. Di alam, ia menempati tempat-tempat kering yang sekitarnya banyak tumbuhan kaktus.

Melihat penampilannya ketika masih kecil, kura-kura ini tidak terlalu menarik. Karapsenya pun hanya menunjukkan warna hitam polos tanpa ornamen-ornamen khusus. Meskipun ukurannya besar, kura-kura ini jinak. Bahkan ia seperti orang tua yang ompong, kalau menggigit tidaklah sakit.

Wajahnya seperti tokoh E.T dalam film amerika karya sutradara Steven Speilberg, hewan yang termasuk reptil ini ternyata bisa juga dilatih. Di Amerika, kura-kura berumur 4 tahun akan datang mendekat bila pemilknya bersiul memanggilnya. Perilakunya pun terbilang cukup unik.

Baca Juga:   6 Hewan Reptil yang Termasuk Herbivora

a. Makanan Kura-Kura Galapagos

Di alam asalnya kura-kura galapagos adalah reptil herbivora yang memakan makanan kaktus, rumput, daun, lumut, beri, melon, jeruk, dan milkweed. Mereka telah didokumentasikan memakan Hippomane mancinella (apel beracun), jambu biji endemik Psidium galapageium, pakis air Azolla microphylla, bromelia, Tillandsia insularis dan tomat Galápagos Solanum cheesmaniae.

Kura-kura remaja makan rata-rata 16,7% dari berat tubuhnya sendiri dalam bahan kering per hari, dengan efisiensi pencernaan yang kira-kira sama dengan mamalia herbivora yang memfermentasi usus seperti kuda dan badak

Seperti di habitat asalnya di kepulauan Galapagos – Ekuador, kura-kura galapagos peliharaan mengkonsumsi tumbuhan sukulen yang mengandung banyak air. Oleh karena itu buah-buahan seperti buah naga, serta buah-buahan berair lainnya serta sayuran juga baik untuknya. Contoh makanan yang baik untuk makanan kura kura galapagos adalah : Tomat, Jambu air, semangka, mangga, dan sayuran hijau.

Jumlah konsumsi sayuran sebaiknya dibatasi untuk menghindari terlalu banyak protein dalam tubuh kura-kura. Hal tersebut bisa menyebabkan karapse tidak tumbuh cembung, melainkan meruncing. Akibatnya penempatan organ beserta syarafnya jadi tidak normal.

Baca Juga:   Daftar Harga Kura-Kura Peliharaan Berdasarkan Jenisnya

b. Apakah Kura Kura Galapagos Sudah Punah?

Jumlah kura-kura galapagos menurun dari lebih dari 250.000 pada abad ke-16 menjadi sekitar 3.000 pada tahun 1970-an.

Penurunan ini disebabkan oleh eksploitasi berlebihan spesies tersebut untuk diambil daging dan minyaknya, pembersihan habitat aslinya untuk kebutuhan lahan pertanian, dan masuknya hewan non-asli ke pulau-pulau tersebut, seperti; tikus, kambing, dan babi.

Punahnya sebagian besar garis keturunan kura-kura galapagos raksasa diperkirakan juga disebabkan oleh jadi konsumsi atau makanan manusia atau nenek moyang manusia, karena kura-kura itu sendiri tidak memiliki predator alami.

Populasi kura- kura paling tidak di 3 pulau sudah punah dalam sejarah sebab kegiatan manusia. Spesimen taksa punah ini terdapat di sebagian museum serta sedang dianalisis DNAnya.

10 spesies dari 15 asli bertahan hidup di alam liar; spesies ke-11 (Chelonoidis abingdonii) hanya memiliki satu individu hidup yang diketahui, disimpan di penangkaran dan dijuluki Lonesome George sampai kematiannya pada bulan Juni 2012.

Upaya konservasi, yang dimulai pada abad ke-20, telah menghasilkan ribuan kura-kura galapagos remaja di penangkaran lalu dilepaskan ke pulau asal leluhur mereka, dan jumlah total spesies diperkirakan telah melebihi 19.000 pada awal abad ke-21. Meskipun rebound ini, semua spesies yang bertahan hidup diklasifikasikan sebagai “terancam” oleh IUCN: International Union for Conservation of Nature (Uni Internasional untuk Konservasi Alam).

kura-kura galapagos mati, ciri ciri kura kura galapagos, jumlah kura kura galapagos, evolusi kura-kura galapagos, makanan kura kura galapagos, kura kura galapagos punah, populasi kura kura galapagos, kura2 galapagos

Lonesome George, kura-kura galapagos yang mati tahun 2012

c. Umur Kura-Kura Galapagos

Kura-kura Galápagos berasal dari tujuh Kepulauan Galápagos. Dengan rentang hidup di alam liar lebih dari 100 tahun, hewan ini adalah salah satu vertebrata dengan umur terpanjang. Seekor kura-kura galapagos yang hidup dalam penangkaran setidaknya dapat hidup 170 tahun.

Baca Juga:   Kura-Kura Raksasa Aldabra, Terbesar Di Dunia

d. Kura Kura Galapagos Terbesar di Dunia

Yang tertua dan terbesar di dunia tercatat hidup hingga 152 tahun dengan beberapa spesimen yang panjangnya melebihi 152 cm dan mencapai 249 kg. Kemungkinan hanya ada 10 jenis kura-kura raksasa yang tersisa di Kepulauan Galápagos, turun sekitar 15 ekor saat Charles Darwin tiba di Galapagos tahun 1835 atau sekitar 185 tahun lalu sampai saat ini 2020.

error: