Makanan untuk Kucing Menyusui yang Bisa Kita Atur Sendiri

daftarhewan.com. Makanan untuk Kucing menyusui. Untuk beberapa minggu pertama kehidupan, ibu harus melakukan semua yang diperlukan untuk anak kucing.

Setelah itu, pemelihara Kucing dapat mulai berbagi beberapa tugas perawatan anak kucing dengan dia. Tetapi ingat, hanya jika si induk mau berbagi!.

Semua kucing sedikit berbeda, dengan beberapa menjadi ibu yang lebih perhatian terhadap anak-anaknya daripada yang lain dan sebaliknya, tetapi jika ibu kucing gagal merawat bayinya di salah satu fungsi penting ini, sebaiknya Anda memberi tahu dokter hewan sesegera mungkin agar bisa dievaluasi oleh staf medis.

makanan kucing menyusui, makanan untuk kucing menyusui, makan kucing menyusui, vitamin untuk kucing menyusui, makanan kucing menyusui buatan sendiri, makanan induk kucing menyusui, makanan untuk induk kucing menyusui, makanan kucing untuk menyusui, makanan yang bagus untuk kucing menyusui

Berapa Lama Kucing Hamil?

Lama Kucing hamil adalah kurang lebih 63-65 hari. Ratu atau induk kucing betina yang sehat serta cukup makan akan mengalami peningkatan berat badan yang stabil selama masa kehamilannya, menyimpan energi untuk mendukung laktasi.

1. Makanan Untuk Kucing Menyusui

Formulasi makanan untuk anak kucing yang sangat mudah dicerna dan berkualitas tinggi umumnya direkomendasikan selama masa kehamilan kucing, dan beberapa camilan atau makanan kecil per hari adalah metode yang ideal untuk mempromosikan asupan makanan yang cukup.

Baca Juga:   7 Alasan Kenapa Kucing Suka Tidur

Saat melahirkan, ratu akan kehilangan sekitar 40% dari berat yang mereka peroleh selama kehamilan.

Sisa berat badan akan hilang selama menyusui, karena beban kerja yang ditempatkan pada tubuh ratu.

Setelah anak kucing lahir, ratu dapat meningkatkan asupan makanannya karena dia akan memiliki lebih banyak ruang di perutnya, tetapi kepadatan energi makanan harus tinggi atau dia tidak akan mampu secara fisik untuk mengkonsumsi cukup untuk mempertahankan produksi susu, berat badan, dan kondisi tubuh.

Pemeriksaan ke dokter hewan secara berkala terhadap kondisi tubuh ratu memberikan peluang untuk menyempurnakan pemberian asupan makan.

Seperti saat kucing hamil, memberi makan selama menyusui paling baik dilakukan dengan pemberian formulasi makanan untuk anak kucing yang sangat mudah dicerna dan berkualitas tinggi.

Pastikan ibu memiliki akses ke banyak makanan basah dan kering. Induk kucing menyusui perlu makan makanan formula kucing berkualitas tinggi. Jika dia pemilih makanan, jangan ragu untuk mencoba memberi makan tuna kalengan, ayam atau salmon.

Jangan berikan susu sapi baik susu sapi murni atau susu sapi yang telah diolah secara komersil kepada kucing, meskipun menjadi kepercayaan yang populer dikalangan pemelihara kucing.

Namun, tidak mungkin bagi kucing untuk mencerna susu sapi secara keseluruhan dan hal tersebut sering menyebabkan sakit perut yang serius.

Baca Juga:   Kenapa Kucing dan Anjing Bermusuhan?

2. Jadwal Pemberian Makan untuk Kucing Menyusui

Asupan kalori utuh perlu tetap sangat tinggi untuk menjaga menyusui anak-anaknya. Pastikan dia selalu memiliki akses yang mudah untuk mendapatkan air minum.

Produksi susu puncak serta kebutuhan energi puncak induk kucing terjadi pada 3 hingga 4 minggu masa laktasi atau masa menyusui, tetapi kebutuhan makanan puncak terjadi pada 6 hingga 7 minggu setelah melahirkan.

Ingat, anak kucing juga mengonsumsi makanan ratu saat mereka mendekati usia penyapihan.

Pemberian makanan bebas pilihan selama tiga sampai empat minggu pertama laktasi, kecuali kucing hanya memiliki 1 atau 2 anak kucing, yang memberikan banyak keuntungan.

Jika demikian Ratu bisa makan sesuai jadwalnya sendiri, dia bisa mengonsumsi makanan dalam jumlah lebih sedikit setiap kali dia makan, dan anak kucing pun bisa mulai mencicipi makanan padat segera setelah mereka bisa, pada usia sekitar 3 minggu.

Jumlah pasti makanan yang dibutuhkan kucing menyusui akan bervariasi sesuai dengan ukuran kotorannya.

Kucing yang menyusui lebih dari 2 kitten (anak kucing) biasanya membutuhkan 2 hingga 2,5 kali lebih banyak kalori daripada biasanya.

Seekor kucing seberat 4,5 kg yang menyusui 4 anak kucing membutuhkan sekitar 603 kalori per harinya.

3. Tahapan Kucing Menyusui

Anak kucing mulai menyusui sekitar 1 sampai 2 jam setelah lahir. Meski terlahir dengan mata tertutup, mereka bisa menemukan posisi ibu mereka dengan kehangatannya, dan induk pun harus membuatnya lebih mudah dengan berbaring di dekat di sisi anak-anaknya.

Baca Juga:   Kucing Devon Rex, Sosok Peri di Dunia Meong

Hubungan menyusui dan disusui terjadi dalam 3 tahap. Pada awalnya, ibu memulai setiap episode menyusui, membangunkan anak-anak kucing dengan menjilati mereka dan kemudian melingkari mereka dengan tubuhnya.

Setelah sedikit mencari, anak kucing dengan cepat menempel. Tahap kedua terjadi setelah minggu kedua atau ketiga, ketika mata dan telinga anak kucing mulai berfungsi dan dapat berinteraksi dengan induknya baik di dalam maupun di luar sarang atau liter box.

Pada tahap ini, anak kucing juga memulai beberapa episode menyusui. Ratu umumnya akan berbaring dan mengambil posisi menyusui.

Pada tahap ketiga, mulai sekitar 5 minggu pasca melahirkan, sang ibu secara bertahap menjadi lebih menghindar dan tidak kooperatif.

Menjelang akhir tahap ini, Ratu mulai menyapih anak-anaknya dengan menjadi semakin sedikit kebersamaan.

Pada kucing liar, ini adalah waktu ketika ibu akan mulai memberikan anak-anak mereka dengan mangsa yang baru dibunuh atau hasil buruan.

Anda dapat membantu proses penyapihan dengan mendorong bayi untuk makan kalengan, dan kemudian makanan kering.

error: