5 Unsur Utama dalam Makanan Anjing yang Sehat dan Seimbang

daftarhewan.com. Keseimbangan nutrisi pada makanan anjing terbukti mengurangi resiko terserang penyakit berbahaya. Kebutuhan anjing trah kecil seperti Mini Pom, Chow-Chow, Spaniel, Miniature Poodle, jelas berbeda dengan Labrador Retriever, German Shepherd, atau Rottweiler yang termasuk trah besar.

Bahkan untuk trah besar pun masih harus dibedakan kebutuhan nutrisi bagi anjing yang pekerja aktif dan non-aktif.

dog food, dogs food, dog foods, dog food terbaik, dog food homemade, dog food murah, makanan anjing, makanan anjing kampung, makanan anjing kecil, makanan anjing mini pom, apa makanan anjing, makanan anjing terbaik, makanan anjing adalah

Pakan anjing yang baik ialah yang kandungan atau komposisi nutrisinya lengkap. Pemberian protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin dalam jumlah tepat dapat mencegah timbulna penyakit ginjal, darah tinggi, lever dan gangguan sistem pencernaan.

5 Unsur Utama yang Harus Ada Dalam Makanan Anjing

Pakan seimbang berarti mengandung campuran bahan atau nutrien berupa protein dengan asam amino esensialnya, lemak, karbohidrat, vitamin, air dan mineral dalam jumlah tertentu. Masing-masing unsur tersebut mempunyai kegunaan yang berbeda bagi pertumbuhan anjing.

1. Protein

Protein berfungsi membentuk sel-sel tubuh dan jaringan, mengatur metabolisme, mengangkut bahan-bahan esensial, dan untuk pertahanan tubuh. Anjing pada masa pertumbuhan, bunting atau hamil, menyusui membutuhkan minimal 15 % protein, anjing dewasa minimal 4-6 %. Umumnya pakan anjing mengandung 20 % protein campuran, 400 kkal ME (Metabolisable Energy) per 100 g DM (bahan kering).

Baca Juga:   5 Jenis Anjing Kecil yang Tidak Tumbuh Besar

Selain jumlah, kualitas protein pun harus diperhatikan. Yang mempengaruhinya adalah daya cerna dan kandungan asam amino. Daya cerna berarti bagian protein yang bisa diserap usus anjing.

Pada anjing, kemampuan cerna bahan protein berkisar 50% – 95 %. Bahan berdaya cerna paling rendah adalah sereal (biji-bijian), dan tertinggi susu serta telur. Kekurangan protein dapat mengakibatkan gejala pertumbuhan kurang baik, seperti kurus, bulu kasar, kusam, dan mudah terserang penyakit.

2. Lemak

Lemak bersumber dari lemak hewani maupun nabati. Lemak merupakan sumber energi yang murah dan dapat dicerna sampai lebih dari 90 %. Selain itu lemak juga baik untuk kesehatan kulit, dapat mensintesa hormon untuk metabolisme dan reproduksi, serta pembawa Vitamin A, D, E dan K. Pakan yang seimbang harus mengandung minimal 20 % lemak. Kebutuhan unsur ini tergantung dari aktivitas anjing.

3. Karbohidrat

Karbohidrat bukan bahan pakan yang terlalu penting bagi anjing. Tanpa karbohidrat anjing bisa tetap hidup. Namun, unsur ini selalu ditambahkan dalam pakan dan merupakan sumber energi yang murah. Supaya mudah dicerna, makanan butiran-butiran pakan tersebut harus dimasak terlebih dahulu. Contoh pakan yang mengandung unsur karbohidrat adalah: nasi, kentang, sereal, dan biskuit anjing (dogbiscuit).

4. Mineral

Mineral yang dibutuhkan anjing lebih dari 20 macam. Ia berfungsi sebagai komponen pembentukan tulang dan gigi. Sebagai larutan garam, mineral mengontrol keseimbangan cairan tubuh yang terdapat dalam enzim dan protein. Yang perlu diperhatikan adalah jumlahnya. Bila terlalu banyak, unsur ini akan berubah menjadi racun bagi tubuh anjing.

Baca Juga:   5 Tahap Perkembangan Mental Anak Anjing

Selain unsur-unsur utama, diperlukan pula unsur pelengkap agar pakan menjadi seimbang, yaitu vitamin.

5. Vitamin

Vitamin, meskipun hanya dibutuhkan dalam jumlah relatif sedikit, namun unsur ini juga besar pengaruhnya bagi pertumbuhan anjing. Ada 2 jenis vitamin yang memiliki sifat berbeda. Pertama, golongan vitamin yang larut dalam air, seperti Vitamin B kompleks. Kelebihannya jenis vitamin ini akan dikeluarkan bersama air seni.

Kedua, vitamin yang tidak larut dalam air, tetapi larut dalam lemak, seperti Vitamin A, D, E dan K. Vitamin ini akan tertimbun dalam tubuh. Bila yang tertimbun itu vitamin A dan D, maka akan timbul akibat serius, seperti pembentukan tulang yang abnormal dan pengerasan jaringan lunak. Karena itu, pemilik anjing harus berhati-hati dalam memberikannya. Bacalah label pada kemasan makanan anjing atau dog food agar tidak salah menambahkan vitamin.

Fungsi Vitamin Anjing

Vitamin A (dan karoten), fungsinya adalah sebagai Metabolisme pertumbuhan, kesehatan kulit, koordinasi otot, kesuburan, penglihatan, pendengaran, pencegah infeksi. Sumber vitamin A bagi anjing adalah sayuran berwarna hijau dan kuning, mentega, susu dan hati.

Vitamin B1 (thiamine), fungsinya adalah membantu pertumbuhan, nafsu makan, dan membantu serta penguat sistem pencernaan. Sumber B1 untuk anjing, dari daging, susu dan sereal.

Baca Juga:   6 Jenis Anjing Polisi, Digunakan Sebagai Pelacak Terbaik!

B2 (ribofalvin), fungsinya untuk kesehatan jantung, bersumber dari hati, susu, keju, yeast (ragi) dan sereal.

Niacin, berfungsi untuk mencerna karbohidrat dan mencegah pellagra. Bersumber dari daging, hati, sereal, beras, wheat (terigu) dan ayam.

B6 (pyrodoxine), Berfungsi sebagai pembantu pembentukan darah, mencegah anemia, kejang dan kerusakan syaraf. Sumber: ikan, hati, kentang, susu dan yeast (ragi).

Panthotenic acid. Pertumbuhan, pencernaan, kesehatan syap mencegah penyakit gusi. Bersumber dari jeroan, daging, yeast, sereal dan telur.

Biotin, berguna untuk mempercepat pertumbuhan, mencegah dermatitis. Bersumber dari yeast, kacang, telur, kentang , daging dan jeroan.

Folic acid. Berguna untuk perkembangan sel-sel darah dan reproduksi. Bersumber dari jeroan, daging, sayuran, yeast, dan grain.

Choline lechitin. Bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Sumbernya adalah jeroan, telur, yeast, dan minyak kedelai.

B12. Berfungsi sebagai pembantu metabolisme protein, bersumber dari telur dan daging.

Vitamin D, berguna membantu absorpsi mineral, Ca dan P dalam darah, pembentukan tulang, dan pertumbuhan badan. Bersumber dari ikan, hati, lemak, dan minyak.

Vitamin E, Bermanfaat melindungi kerusakan Vit A dan karoten, koordinasi otot dan pertumbuhan. Bersumber dari kecambah, tauge, hati dan minyak nabati.

Vitamin K, Bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah serta membantu kesehatan anak anjing. Berasal dari rumput alfafa, tepung dan daun kol.

error: