15 Jenis Makanan Ayam Terbaik yang Bikin Gemuk

Posted on

daftarhewan.com. Apakah makanan ayam? Hal yang turut menentukan kesuksesan dalam beternak ayam diantaranya ialah Makanan Ayam atau Pakan Ayam, karena bisa memengaruhi tingkat produksi sang ayam.

Baik itu ayam jago, ayam hias, ayam pegar, ayam petelur, ayam bangkok, ayam kampunģ, ayam pedaging (broiler), ayam brahma, ayam pelung, ayam buras, ayam kalkun, ayam kate, ayam hutan (ayam bekisar), ayam mutiara dan lain-lain, bahkan sampai untuk ayam warna-warni yang dibeli di pasar untuk anak-anak.

Disamping itu, pakan yang bergizi atau memiliki nutrisi pas akan membuat ayam kita gemuk, sehat dan kuat.

Apa lagi dalam beternak ayam potong, berat badan ayam jadi hal yang terpenting menjadi salah satu penentu keberhasilan penjualan dan keuntungan.

Jenis makanan Ayam

Sebetulnya, ada banyak variasi pakan ayam disamping dedak dan, voer atau pelet lho, ini dapat kalian beri untuk seluruh jenis ayam peliharaan.

Kita dapat membeli di toko atau bahkan juga meraciknya sendiri untuk menekan ongkos produksi, dengan manfaatkan beberapa bahan yang ada di sekitar lingkungan kita.

1. Dedak Padi

pakan ayam, pakan ayam petelur, pakan ayam bangkok, pakan ayam kampunģ, pakan ayam pedaging, pakan ayam broiler, pakan ayam gratis, pakan ayam kyojin, pakan ayam pelung pakan ayam buras, pakan ayam kalkun

Dedak Padi atau umum disebutkan Bekatul atau Huut, didapat dari limbah hasil olahan padi menjadi beras.

Dedak adalah jenis pakan ayam paling dikenali dan kerapkali dipakai.

Dedak memiliki kandungan sumber energi dan asam amino yang tinggi.

Seharusnya kita perlu membatasi pemberian dedak pada ayam muda, karena dalam dedak terdapat sekitaran 11 – 12% serat kasar yang sedikit susah dicerna oleh ayam.

Dedak memiliki kandungan banyak lemak, bila disimpan kelamaan dapat menggumpal dan bau tengik kurang baik sebagai makanan ayam.

Dedak sendiri ada yang kasar dan lembut, lebih bagus pilih yang lembut karena kandungan proteinnya tinggi dan serat kasarnya rendah.

Sebetulnya kasar dan lembutnya tergantung berapa banyak kombinasi sekamnya.

Tetapi jika kita membeli di toko umumnya berwujud lembut, memiliki kandungan banyak protein serta vitamin B.

Kualitas dedak yang bagus diukur dari kepadatannya, dengan menekannya pada genggaman.

Setelah dipegang dengan pegangan kuat lalu kita lepas dan dedak melekat pekat satu sama lain, itu berarti kualitasnya bagus.

Kebalikannya bila sesudah kita lepas dedak langsung terberai dan tidak merekat satu sama lain memiliki arti kualitasnya buruk karena banyak terkandung sekam.

2. Pollard

jenis pakan ayam, jenis pakan ayam pedaging, jenis jenis pakan ayam, apa jenis makanan ayam, kandungan pakan ayam, jenis pakan ayam aduan, bahan dasar pakan ayam, jenis pakan ayam dan fungsinya, pakan ayam untuk pertumbuhan, nama jenis pakan ayam, bahan bahan pakan ayam petelur, pollard, makanan ayam pabrikan, pakan ayam pabrikan

Pollard atau umum disebutkan sebagai dedak Gandum dibuat dari limbah hasil olahan gandum jadi tepung terigu.

Pollard memiliki kandungan protein 15 %, kandungan lemaknya sekitaran 3 – 4 % dan kandungan serat kasarnya sekitaran 7 – 9 %.

Baca Juga:   Hock Burn Merusak Mutu Karkas Ayam Broiler

Pemakaian pollard sebaiknya terbatasi, walau kandungan energi metabolisnya sekitaran 1700 kkal/kg termasuk rendah, kandungan serat kasar yang dipunyai pollard dapat membuat sang ayam mencret.

3. Jagung

makanan ayam, apa makanannya ayam, apakah makanan ayam, apa makan ayam, apa makanan ayam, nama makanan ayam, apa saja makanan ayam, apakah makan ayam bikin gemuk, pakan ayam, macam pakan ayam, jenis makanan ayam, apa makanan ayam kalkun

Jagung jadi opsi banyak pemelihara ayam, karena kandungan nilai gizinya lumayan tinggi dan memiliki kandungan karbohidrat untuk sumber energi.

Ada 3 jenis jagung yang yang umum dikenali, yakni: jagung kuning, jagung merah dan jagung putih.

Tetapi jagung kuninglah yang terbaik, walau harga mahal tetapi kandungan gizinya terbesar.

Disamping memiliki kandungan karbohidrat, jagung kuning memiliki kandungan banyak pro-vitamin A dan serat kasar yang terdapat juga rendah, hingga gampang diolah dan rasanya juga enak bagi ternak (palatable), sangat cocok untuk makanan ayam.

Karena harga lumayan mahal, pakai sebagai kombinasi sekitaran 20 – 40% saja dari keseluruhan pakan.

Bila ingin memakai jagung merah atau putih lebih bagus ditambah dengan feed supplement vit A.

Bila susah memperoleh jagung, dapat ditukar dengan Sorgum karena nilai gizinya hampir serupa.

Cuma tidak boleh diberi terlalu banyak, karena sorgum nilai cernanya rendah dan tidak memiliki kandungan pro-vitamin A serta rasanya juga kurang nikmat.

4. Tepung Tulang

Tepung Tulang, bahannya dapat diperoleh dari tempat pemotongan hewan. Langkah membuat dengan rebus tulang, mengeringkannya selanjutnya digiling sampai lembut.

Tepung tulang banyak terkandung phosphor dan Kalsium, kalsium sendiri benar-benar bermanfaat untuk pembangunan tulang dan persendian ayam.

Kombinasi yang diberi cukup 1% saja dari keseluruhan pakan (ransum).

5. Singkong

Walau kandungan energy metabolisnya hampir serupa dengan jagung, tetapi kandungan proteinnya rendah hanya sekitar 2 – 3% saja.

Disamping itu pemakaian singkong perlu terbatasi, karena singkong memiliki kandungan zat antinutrien sianogenik glukosida, terutama paling banyak pada jenis singkong pahit.

Karena itu, jika ingin memakai singkong lebih bagus dijemur dahulu jadi gaplek, mempunyai tujuan untuk hilangkan kandungan zat nutriennya. Lalu digiling jadi lembut.

Pemakaian singkong seharusnya kurang dari 20% saja dari keseluruhan ransum, karena pemakaian yang terlalu berlebih bisa mengakibatkan feses basah.

6. Sorgum

Produksi Sorgum cuman ada didaerah tertentu saja dan penyebutannya bermacam ada yang menyebutkan cantel, cantrik dan batar tojeng.

Kandungan protein dari sorgum sedikit tinggi dari jagung dan memiliki kandungan Xantofil.

Tetapi sorgum memiliki kandungan zat antinutrisi yang disebut Tanin, kandungan Tanin yang tinggi mengakibatkan susah untuk mengolah protein, menurunkan perkembangan dan abnormalitas pada kaki.

Sorgum ada yang putih dan ada yang memiliki warna, makin berwarna biji sorgum maka makin tinggi juga kandungan Taninnya, misalnya: merah dan coklat.

Kandungan tanin yang ada pada sorgum bisa diturunkan dengan: pengupasan kulit luar, perendaman, dan peragian.

7. Minyak Ikan

Tidak memiliki kandungan mineral, karbohidrat, protein atau vitamin. Umumnya dipakai sebagai kombinasi pada pakan yang memerlukan energi tinggi karena minyak memiliki kandungan energi metabolis yang tinggi sekitaran 7000 – 8000 kkal/kg, dan minyak Ikan ialah yang paling besar sekitaran 8600 kkal/kg.

Baca Juga:   Hewan Unggas (Fowl): Klasifikasi, Karakteristik, dan Contohnya

Pemakaian minyak sebagai kombinasi bisa meningkatkan efektivitas pakan, mengurangi pakan berdebu, dan membenahi warna, struktur dan rasa dari ransum.

Minyak yang diberikan atau dicampur sebelum proses pembuatan pelet dapat turunkan kualitasnya, karena itu seharusnya disemprot untuk meningkatkan kualitas ransumnya serta guna mencegah penyakit ayam.

8. Bungkil Kacang Kedelai

Merupakan Kacang kedelai yang telah diambil minyaknya hingga kandungan proteinnya bahkan semakin tinggi dibanding dengan kecang kedelai tersebut.

Sama seperti seperti dedak, bungkil kacang kedelai ini memiliki kandungan asam amino yang tinggi, cukup lengkap dan seimbang untuk sang ayam.

Tetapi berlainan dengan dedak, bungkil kacang kedelai ini relatif gampang diolah asal disangrai terlebih dahulu memakai temperatur yang tidak boleh terlalu tinggi.

Sama seperti yang kita tahu, asam amino dan lysine dapat hancur bila dipanaskan pada suhu yang tinggi.

Bungkil kacang kedelai dapat diberi pada ayam semua usia, dengan ukuran 5 – 20% dari keseluruhan ransum.

9. Bungkil Kelapa

Bungkil Kelapa sebagai hasil sisa dari pemrosesan minyak kelapa. Umumnya daging kelapa yang dikeringkan (kopra) akan diambil minyaknya dan tersisalah bungkil kelapa.

Langkah pengambilannya ada 2 langkah: di ekstraksi dengan zat pelarut dan di ekstraksi dengan di press.

Bungkil kelapa seharusnya tidak boleh diletakkan pada temperatur yang tinggi sebab bisa jadi tengik dan bungkil kelapa yang telah tengik tidak boleh diberi pada ayam karena bisa mengakibatkan ayam mencret.

Bungkil kelapa ini juga bisa diberikan pada ayam semua umur.

10. Tepung Ikan

Datang dari ikan yang dikeringkan dan digiling, mutunya juga bervariasi tergantung dari jenis ikannya.

Umumnya yang kualiatasnya baik ialah tepung ikan yang berasal dari ikan yang banyak memiliki warna putih, karena kandungan lemaknya tidak lebih dari 6Ún kandungan garamnya sekitaran 4% saja.

Tepung ikan kualitas ke-2 dari ikan yang tidak layak konsumsi manusia (ikan afkir), kandungan lemak dan garamnya tinggi hingga dapat memunculkan dampak negatif pada ayam.

Harga tepung ikan lumayan tinggi jadi penting diingat kualitasnya, tepung ikan yang dari kepala dan ekor ikan saja, kwalitasnya rendah karena kandungan proteinnya rendah dan susah diolah.

Tepung ikan memiliki kandungan sumber mineral tinggi sekitaran 100 – 200 gram/kg salah satunya: Kalsium, Mangan, Besi, Iodin dan Phosphor.

Kaya akan asam amino esensial khususnya Lysin, Metionin, Sistin serta Thriptophan. Dan sebagai sumber vitamin B-kompleks yang bagus, misalnya: B-12, Choline dan Riboflavin.

11. Tepung Bulu Unggas

Kedengar agak aneh memang, tepung ini dibuat dari bulu-bulu yang didapatkan dari bahan sisa industri pemotongan ayam atau ayam tidak layak konsumsi manusia.

Langkah pembuatannya: bulu-bulu dibuat bersih terlebih dahulu, dibuat dengan temperatur tinggi (hidrolisis), ditiriskan, dikeringkan baru selanjutnya digiling lembut untuk campuran makanan ayam.

Baca Juga:   Cara Membuat Pakan Udang Alami, Air Jadi Subur

Walau kandungan protein tepung bulu-bulu unggas tinggi sekali sekitaran 85%, tetapi tidak semua bisa diserap oleh ayam, mayoritas akan terbuang melalui kotoran.

Karena kandungan asam aminonya relatif rendah karena itu pemakaian dalam kombinasi pakan seharusnya cuma sekitaran 2 % saja. Jenis makanan ini tidak disarankan untuk pakan anakan atau ayam muda.

12. Tepung Keong Mas

Kandungan proteinnya lumayan tinggi sekitaran 52%, langkah pembuatannya: bersihkan keong mas tambahkan garam ketika direndam dalam wadah supaya lendir dan kotorannya hilang, selanjutnya direbus, lalu bersihkan lagi, keringkan dan belah tipis.

Jemur potongan itu sampai kering selanjutnya giling jadi tepung.

Lebih baik bila kamu dapat budidyakan sendiri keong masnya, karena proses kembangbiaknya cepat dan pembikinan tepungnya relatif gampang hingga dapat menekan biaya produksi.

13. Tepung Daun Lamtoro

Didapat dari daun lamtoro yang dikeringkan dan digiling sampai lembut. Protein yang terdapat sekitaran 36 – 48 %.

Lamtoro memiliki kandungan senyawa antinutrisi misalnya: Mimosin, Protease Inhibitor, Tannin dan Galactomannan.

Tidak begitu beresiko karena telah dilaksanakan penjemuran di proses pembuatannya.

Tetapi harus tetap terbatasi penggunaannya, cukup diberi sekitaran 4% saja, karena pemakaian yang terlalu berlebih dapat menekan perkembangan ayam.

14. Grit

Terbagi dalam beragam kombinasi bahan seperti; batu kali kecil, mica, kapur, kulit kerang, pecahan granit dan lain-lain.

Memanglah tidak kedengar seperti jenis makanan, tetapi ada manfaatnya loh. Grit sendiri ada 2 jenis: yang mudah diolah dan sulit diolah.

Grit yang Gampang Diolah datang dari kulit kerang dan memiliki kandungan Kalsium, bisa meningkatkan kemampuan dan kualitas serta produktivitas ayam petelur dan telur ayam.

Dan Grit yang Susah Diolah datang dari batu kali, granit, kerikil dan mica. Umumnya diberi hanya untuk membantu pencernaan saja.

Grit dapat diberikan terpisah, tetapi juga bisa digabung dengan ransum.

15. Voer Ayam

pakan ayam, pakan ayam petelur, pakan ayam bangkok, pakan ayam kampunģ, pakan ayam 5 11, pakan ayam 511, pakan ayam pedaging, pakan ayam alternatif protein tinggi, pakan ayam broiler, pakan ayam pedaging terbaik

Pakan ayam pabrikan yang digiling selanjutnya di padatkan. Voer / Pur ayam atau pelet benar-benar dicintai ayam karena bisa meningkatkan selera makan.

Disamping itu lebih efektif dan irit dari pakan jenis tepung yang boros karena gampang dicakar ayam hingga banyak yang terbuang.

Dengan formasi yang prima, pelet merupakan wujud dari inovasi dedak yang banyak memiliki kekurangan.

Karena voer dan pelet bisa jadi adalah gabungan ke 14 bahan di atas. Nach apa sich kekurangan dan kelebihan pelet untuk ayam?

Kelebihan

  • Pelet sebagai tipe pakan yang bisa tingkatkan selera makan pada ayam.
  • Anda bisa menekan pemborosan makanan yang diberikan seperti dedak.
  • Satu butir pelet telah memiliki kandungan gizi sempurna untuk ayam
  • Bisa dicampur dengan dedak

Kekurangan : Selalu lebih mahal dibanding dedak