Makanan Bunglon? Berikut Rekomendasi Terbaik

daftarhewan.com. Bunglon adalah pemakan serangga. Makanan bunglon di alam liar terutama terdiri dari berbagai macam serangga dan invertebrata lainnya. Selain berburu mangsa hidup, beberapa spesies bunglon juga kadang-kadang diamati memakan tumbuhan tumbuh-tumbuhan.

Penting untuk diketahui bahwa di penangkaran atau kebun binatang biasanya tidak dapat menyediakan variasi dan kualitas makanan yang diterima bunglon seperti di alam, dan untuk mengimbangi diperlukannya makanan dan suplemen yang tepat.

Ini sangat penting untuk perawatan bunglon yang baik, dan kegagalan jangka panjang untuk memberikan makanan yang seimbang dan bergizi adalah salah satu penyebab utama kematian dini pada bunglon yang jadi hewan peliharaan. Pastikan untuk meninjau bagian makanan dan suplemen yang tepat.

makanan bunglon, apa makanan bunglon, apakah makanan bunglon, makanan bunglon kecil, makanan bunglon taman, makanan bunglon liar, makanan bunglon adalah, makanan anak bunglon, makanan bunglon apa, makanan bunglon lokal, makanan bunglon kebun

a. Apa Makanan Adalah?

Makanan Umum – Beri bunglon Anda berbagai jenis makanan. Melakukannya tidak hanya akan membantu memberikan diet yang seimbang dan bergizi, tetapi juga membantu mencegah bunglon bosan dengan satu serangga tertentu.

Beberapa makanan terbaik yang biasa digunakan untuk bunglon peliharaan termasuk jangkrik, belalang, kecoak, ulat sutera, ulat tanduk, Butterworm, dan ulat Jerman. Mealworm dan waxworm memiliki tinggi lemak dan lebih sulit dicerna sehingga sebaiknya hanya digunakan sesekali.

Makanan Lain – Serangga yang ditangkap di alam liar bisa menjadi cara yang bagus untuk menambahkan variasi tambahan biasa pada bunglon Anda. Pemelihara harus berhati-hati dengan pestisida dan juga menyadari bahwa serangga liar berpotensi lebih terpapar parasit.

Baca Juga:   10 Gambar Hewan Peliharaan dan Makanannya

Beberapa serangga yang direkomendasikan untuk dicoba dan ditangkap termasuk jangkrik, belalang, belalang, kutu batang, mantid, ngengat, dan tonggeret. Hati-hati dengan ulat tanduk liar yang telah memakan tanaman tomat karena dapat menjadi racun. Untuk amannya, sebaiknya ketahui spesies serangga yang Anda tangkap sebelum memberi makan bunglon Anda.

Tanaman – Beberapa bunglon, terutama yang bertudung serperti Veiled chameleon (Bunglon Yaman), terkadang memakan tumbuh-tumbuhan selain serangga. Itulah mengapa sangat penting untuk hanya memelihara tanaman yang tidak beracun di kandang bunglon peliharaan Anda.

Sayuran yang sama yang digunakan untuk membuang isi perut juga bisa ditawarkan kepada bunglon Anda untuk dimakan. Sayuran berdaun hijau, irisan sayuran dan buah-buahan, dan buah beri semuanya dapat ditempelkan ke perabotan kandang dengan penjepit atau ditempatkan di cangkir makanan agar mudah memberi makan.

Jangkrik adalah sumber makanan pokok yang tersedia tetapi perlu diberi makan dengan benar dengan sayuran kaya kalsium beberapa jam sebelum diberikan kepada bunglon Anda. Superworms dan kecoak dubia juga dapat dengan mudah diberikan. Serangga ini mudah ditemukan di sebagian besar toko hewan lokal atau melalui distributor online.

b. Cara Memberi Makan Bunglon

Ada dua cara yang bergantung pada pemelihara untuk memberi makan bunglon mereka: pemberian makan dengan cangkir dan pemberian makan jarak bebas. Kedua metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Menggunakan Tempat Makan – Melibatkan wadah (seringkali cangkir tinggi) di kandang bunglon yang mencegah makanan hidup melarikan diri sambil tetap membiarkan bunglon Anda berburu. Pemberian makan dengan cangkir memungkinkan Anda memantau asupan makanan bunglon dan mencegah jangkrik yang tidak dimakan berpotensi menggigit bunglon Anda di malam hari.

Baca Juga:   Cara Memandikan Kelinci yang Baik dan Benar

Dibiarkan Lepas – Pemberian makan bebas melibatkan pelepasan makanan hidup ke kandang bunglon. Cara ini memperkaya kehidupan sehari-hari bunglon Anda karena mereka harus berpindah-pindah untuk berburu makanannya seperti di alam liar. Ada kemungkinan bahwa beberapa spesies pengumpan agresif yang lapar dapat menggigit bunglon Anda di malam hari.

Ukuran Makanan – Aturan praktisnya adalah memberi makan serangga tidak lebih lebar dari kepala bunglon Anda untuk mencegah tersedak.

Kuantitas Makanan – Hanya beri makan jangkrik sebanyak yang harus dimakan bunglon dalam satu waktu – ini tergantung pada usia, jenis kelamin, dan spesies. Tetapi jangkrik juga sangat bagus untuk bunglon kecil, anak atau bayi bunglon, termasuk juga baik sebagai makanan londok.

Jangkrik yang tertinggal di kandang semalaman bisa menggigit bunglon yang sedang tidur. Kebanyakan pemelihara memberikan makanan jangkrik secukupnya, supaya tidak lama berkeliaran di kandang bunglon.

Waktu Makan – Bunglon harus selalu diberi makan pada paruh pertama hari sekitar jam 6 pagi – 12 siang untuk memberi mereka waktu berjemur dan mencerna makanan dengan benar.

Gutloading adalah proses meningkatkan nilai gizi serangga yang Anda berikan pada bunglon. Ini melibatkan memberi makan serangga makanan khusus sehingga mereka pada akhirnya dapat memberi bunglon Anda nutrisi yang tepat yang dibutuhkannya. Melengkapi dengan bubuk kalsium dan multivitamin sangat penting.

makanan londok, bunglon makanannya apa, makanan bunglon taman, makanan bunglon liar, makanan bunglon adalah, pakan bunglon, bunglon makan, makanan bunglon jawa, makanan bunglon londok, makanan bayi bunglon, makanan anak londok, makanan bunglon, apakah makanan bunglon, apa makanan bunglon, jenis makanan bunglon, apa makanan bunglon kecil, apa saja makanan bunglon, makanan bunglon biasa, cara makan bunglon, berapa hari bunglon makan

Bunglon Yaman (Chamaeleo calyptratus)

c. Makanan yang Sebaiknya Dihindari

Dilansir dari chameleonforums.com, hindari bahan-bahan yang membebani usus ini karena rendah kalsium, tinggi fosfor, goitrogen atau oksalat seperti : kentang, kubis, selada, selada romaine, bayam, brokoli, tomat, jagung, biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, roti, sereal, daging, telur, makanan anjing, makanan kucing, makanan ikan, serangga kalengan yang mati mati dan vertebrata.

Baca Juga:   7 Serangga Sebagai Hewan Peliharaan

Vertebrata (kadal, dll.) Bukanlah bagian penting dan normal dari makanan bunglon di alam liar. Terlalu banyak protein hewani dalam makanan bunglon yang bukan karnivora dapat merusak ginjal mereka yang menyebabkan kerusakan ginjal dan asam urat karena perbedaan pemecahan protein. Semua yang dibutuhkan bunglon Anda dapat diperoleh melalui diet serangga dengan pemberian nutrisi yang baik dan suplementasi.

Suplementasi direkomendasikan bahkan untuk mereka yang memiliki metode gutloading terbaik. Tiga jenis suplemen dibutuhkan:

  1. Kalsium tanpa vitamin D3 – digunakan hampir setiap kali makan.
  2. Kalsium dengan vitamin D3 – digunakan lebih jarang tergantung pada spesies.
  3. Multivitamin – digunakan lebih jarang tergantung pada spesies.

d. Cara Pemberian Suplemen

Tempatkan sedikit suplemen yang diinginkan ke dalam kantong kecil atau cangkir plastik tinggi. Tambahkan serangga pengumpan Anda, tutupi dan beri sedikit goyangan sampai semua serangga terlapisi. Serangga hanya perlu dibersihkan sedikit sebelum diberikan kepada bunglon Anda.

error: