Home » Burung » Makanan Burung Kolibri, dari yang Utama hingga Variasinya

Makanan Burung Kolibri, dari yang Utama hingga Variasinya

daftarhewan.com. Telah umum diketahui, bahwa kolibri menyukai air gula. Tapi, tentu saja kolibri akan menjadi kurus dan lapar, jika tidak mengonsumsi jenis makanan lainnya. Nah, sebenarnya apa saja sih makanan burung kolibri?

Buat para pecinta burung, wajib tahu, nih. Dengan begitu, Anda bisa memanjakan kolibri, plus mencukupi kebutuhan nutrisi mereka. Yuk, simak!

apa saja makanan burung kolibri ninja, makanan burung kolibri, apa makanan burung kolibri, jenis makanan burung kolibri, pakan burung kolibri, apa makanan kolibri ninja, apa makanan kolibri kelapa, apa makanan kolibri muncang, jenis makanan kolibri, bagaimana cara burung kolibri beradaptasi, cara burung kolibri beradaptasi, cara adaptasi burung kolibri, cara merawat burung kolibri, merawat burung kolibri, cara perawatan burung kolibri, perawatan burung kolibri

Makanan burung kolibiri utamanya adalah nektar – via : mnn.com

Makanan Utama Kolibri adalah Nektar

Kolibri menyukai nektar, yang asli dari bunga, maupun larutan air gula sebagai substitusinya. Sejumlah besar sukrosa dalam nektar, dapat menjadi sumber energi bagi kolibri.

Karena, burung yang lincah ini memerlukan energi besar untuk mendukung metabolisme dan aktivitas mereka yang tinggi. Terlebih, nektar atau larutan air gula, juga dapat menyuplai kebutuhan cairan burung kolibri. Sehingga, sering kali mereka tidak mencari lagi minuman dari sumber lainnya.

Namun, sayang sekali, mengonsumsi nektar saja, tidak dapat memenuhi kebutuhan protein, asam amino, serta berbagai vitamin dan mineral, bagi kolibri. Karena itu, kolibri harus menyantap jenis makanan lain untuk mendapatkan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang.

Baca Juga:   Informasi Tentang Burung Kasuari

Jenis Makanan untuk Kolibri

Untuk mencukupi kebutuhan gizinya, kolibri memerlukan asupan selain nektar. Berikut ini jenis-jenis makanan yang kolibri butuhkan:

* Serangga

Berbagai jenis serangga kecil, telur serangga, larva, dan laba-laba, merupakan sumber makanan penting bagi burung kolibri. Serangga dapat mencukupi kebutuhan lemak, protein, dan garam yang bisa membuat kolibri tumbuh dengan cepat.

Untuk mendapatkan serangga di alam, kolibri berburu dengan beragam cara, antara lain:

– mengumpulkan atau mengambil serangga dari kulit kayu, bunga, atau daun,
– menangkap serangga di udara, atau
– mengambil serangga yang terperangkap pada jaring laba-laba atau getah.

Untuk mencukupi kebutuhan protein, burung kolibri dewasa harus mengonsumsi lusinan serangga setiap hari. Namun, kolibri juga sering kali mengumpulkan serangga lebih banyak, untuk memberi makan anak-anak kolibri, atau menyimpan persediaan ketika bermigrasi dalam waktu yang lama.

* Nira

Ketika nektar menjadi langka, kolibri menyesap nira dari lubang pohon yang dibuat oleh burung pelatuk. Meski tidak semanis nektar bunga, nira dapat menjadi sumber sukrosa yang memadai untuk kebutuhan energi kolibri. Selain itu, kolibri juga dapat mengambil serangga dari nira lengket yang telah menetes atau mengeras pada batang pohon.

Baca Juga:   Fakta Tentang Burung Macaw yang Harus Anda Ketahui

* Serbuk sari

Kolibri tidak mengonsumsi serbuk sari secara langsung dengan sengaja. Namun, kolibri bisa mendapatkan banyak serbuk sari yang menempel di lidah dan paruh mereka, ketika menyesap nektar dari bunga.

Dari sebagian serbuk sari yang dicerna, kolibri mendapatkan sejumlah kecil protein. Namun, karena kurang dari 10 persen serbuk sari yang benar-benar dicerna, maka serbuk sari tidak benar-benar menjadi sumber makanan bagi kolibri.

* Abu dan pasir

Berdasarkan pengamatan, sebagian kolibri menyantap abu dan pasir dalam jumlah kecil. Namun, meski menyediakan mineral dan garam yang penting, abu dan pasir bukan material yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung kolibri.

Lagipula, bisa jadi, kolibri hanya tampak “memakani” abu dan pasir, padahal mereka ingin mengambil serangga dari sana. Karena itu, pengamatan dan penelitian lebih lanjut diperlukan mengenai jenis makanan yang satu ini.

makanan kolibri wulung, makanan kolibri ninja, makanan kolibri kelapa, makanan kolibri muncang, makanan kolibri sepah raja, makanan kolibri manggar, makanan kolibri ninja biar cepat gacor, makanan kolibri merak, makanan kolibri di alam liar, makanan kolibri agar cepat gacor, makanan kolibri agar tidak nyilet, makanan kolibri agar gacor

Cara memikat burung kolibri – via : thespruce.com

Memancing atau Memikat Burung Kolibri dengan Makanan

Dengan memahami makanan favorit burung kolibri, Anda dapat membahagiakan kolibri peliharaan, atau bahkan memancing kehadiran kolibri di pekarangan rumah. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda ketahui, ketika menyediakan makanan bagi kolibri:

  • Tumbuhkan jenis-jenis bunga asli wilayah setempat, serta pohon dan semak berbunga yang akan menghasilkan limpahan nektar. Biasanya, bunga terompet merah dapat menarik sebagian besar burung. Utamakan pula bunga-bunga yang menjadi favorit kolibiri, seperti petunia, salvia, atau zinnia.
  • Tidak perlu membasmi serangga atau laba-laba, dengan penyemprotan atau mengusik sarang mereka. Andalkan kolibri dan burung pemangsa serangga lainnya, untuk menjadi pengendali hama alami di kebun Anda.
  • Gunakan pengumpan burung kolibri, dan isi dengan larutan gula yang tepat dan menyerupai nektar alami. Sediakan pengumpan berwarna merah untuk menarik kolibri, dengan formulasi larutan gula dengan perbandingan 4: 1 untuk gula:air. Tidak perlu menggunakan madu, sirup, jus buah, atau pemanis buatan, karena tidak memadai, dan justru dapat berbahaya bagi kolibri.
  • Sediakan tenggeran yang dekat dengan makanan favorit mereka. Banyak kolibri yang sangat teritorial, sehingga mereka membutuhkan tempat bertengger untuk mengawasi para pengganggu. Dengan tenggeran yang strategis, kolibiri akan merasa nyaman, dan mereka pun betah untuk tinggal di wilayah tersebut.
Baca Juga:   Apa Saja Makanan Burung Puyuh agar Sehat?

Kesimpulan

Di negara empat musim, kolibri kerap singgah di musim panas karena tertarik oleh nektar. Namun, kolibri juga perlu menyantap jenis makanan lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Maka, dengan menyediakan aneka ragam makanan, serta fasilitas yang kolibri butuhkan, Anda dapat memancing kehadiran kolibri dan membuat mereka nyaman untuk tinggal di sekitar hunian Anda.

Menarik, bukan?

error: