9 Jenis Makanan Burung Merpati yang Bagus

Posted on

daftarhewan.com. Pengetahuan tentang jenis-jenis makanan burung merpati terus berkembang, seiring dengan kesadaran akan nutrisi hewan dan hasil penelitian terbaru.

Secara umum, setiap burung memerlukan keseimbangan nutrisi, yang mencakup karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Hanya saja, setiap spesies tentu memerlukan jenis makanan yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhannya.

Daftar makanan untuk burung merpati

Bagi burung merpati yang hidup di alam, insting akan berperan penting dalam menentukan jenis makanan yang paling optimal. Namun, merpati peliharaan sangat memerlukan perhatian dan pengetahuan Anda. Ada baiknya, konsultasikan dengan dokter hewan yang ahli mengenai unggas, untuk mendapatkan saran asupan yang tepat dan seimbang.

makanan burung merpati, apa makanan burung merpati, makanan burung merpati adalah, makanan burung dara selain jagung, makanan burung merpati putih, makanan burung merpati biar cepat gemuk, jenis makanan burung merpati, apakah jenis makanan burung merpati, makanan burung merpati balap, makanan burung merpati kipas

Di alam, burung merpati liar mengonsumsi aneka benih, biji-bijian, sayuran hijau, beri, buah-buahan, dan terkadang juga memakani serangga, siput, dan cacing tanah. Maka, untuk meniru pola makan alami mereka, berikut ini jenis-jenis makanan terbaik yang dapat Anda berikan daftar makanan harian untuk merpati peliharaan:

1. Aneka benih dan biji-bijian

Pakan berupa benih dan biji-bijian menjadi asupan stereotip yang kerap diberikan untuk burung merpati peliharaan. Tersedia pula berbagai produk komersial yang berisi campuran dari 2–5 jenis benih atau biji-bijian yang berbeda.

Namun, sayang sekali komposisi pada produk komersial tidak sepenuhnya sama dengan nutrisi yang dikonsumsi merpati liar. Di pasaran, benih atau biji-bijian yang tersedia cenderung tinggi lemak, serta tidak dapat mencukupi kebutuhan kalsium, vitamin, dan berbagai gizi lainnya.

Baca Juga:   Cara Ternak Merpati Pedaging

Maka, memberikan campuran benih dan biji-bijian sebagai satu-satunya makanan justru dapat memperpendek usia burung dan berpotensi menimbulkan masalah kesehatan. Berikan campuran ini sebagai salah satu asupan, dan lengkapi kebutuhan gizi burung merpati dengan formulasi diet yang berbeda-beda, antara burung merpati balap, peliharaan biasa, dan indukan/ternak.

2. Kacang / biji-bijian

Kacang polong, beras cokelat, jagung, kacang merah, kacang kedelai, kacang Arab, lentil, kekara, kuaci, kacang navy, kacang hijau.

3. Pelet

Pada berbagai produk komersial, formulasi pelet sangat bervariasi, dalam aneka warna, bentuk, ukuran, bahkan kandungan gizi. Maka, Anda dapat memilih pelet berukuran kecil, yang sesuai dengan ukuran dan bentuk paruh burung merpati.

Idealnya, porsi pemberian pelet sekitar 50% dari makanan harian, bersama dengan sejumlah kecil benih dan biji-bijan, serta pakan segar. Sebagai catatan, burung merpati akan lebih mudah menerima pakan pelet jika telah Anda biasakan sejak bayi.

4. Buah

Cacahan sayuran, terutama sayuran hijau, dengan tambahan sedikit buah, dapat Anda hidangkan sebagai salah satu asupan harian burung merpati.

Terkait hal ini, hindari sayuran berwarna pucat dengan kadar air tinggi, seperti selada bokor, karena nilai gizi yang relatif rendah. Jauhkan pula burung merpati dari alpukat, karena berpotensi menyebabkan keracunan.

Di samping itu, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menyajikan buah dan sayur untuk burung merpati, antara lain:

  • cuci buah dan sayur hingga bersih, untuk menyingkirkan residu bahan kimia,
  • parut atau cacah buah dan sayur hingga menjadi potongan kecil, karena dengan ukuran dan bentuk paruhnya, merpati tidak dapat mencuil makanan sendiri laiknya burung paruh bengkok,
  • sajikan buah dan sayur dalam wadah yang terpisah dari pelet atau jenis makanan lainnya, dan
  • jika burung merpati menunjukkan preferensi yang kuat untuk satu jenis makanan, segera kurangi porsinya, atau hentikan penyajian makanan tersebut untuk sementara, agar ia dapat mencoba makanan yang lebih bervariasi.
Baca Juga:   21 Jenis Burung Merpati Hias Paling Unik di Dunia

Buah-buahan

Apel, aprikot, pisang, beri, blewah, kurma, kelapa, anggur, kiwi, labu, tin, mangga, nektarin, melon, jeruk, jeruk limau gedang, pepaya, persik, pir, nanas, delima, prem, tomat, timun, cabai.

5. Umbi dan sayuran

Asparagus, brokoli, pakcoy, bit, kubis brussel, kol, wortel, daun wortel, daun dandelion, endive, kale, kentang, parsnip, rapini, selada cos, bayam, ubi, kecambah/tauge.

6. Air

Pastikan, air bersih yang segar selalu tersedia untuk burung merpati. Dan, apabila kebersihan air keran di wilayah Anda cenderung meragukan, Anda dapat menyediakan air kemasan untuk mereka. Bersihkan pula seluruh wadah makanan dan minuman secara menyeluruh dengan sabun dan air, setiap hari, agar asupan mereka selalu aman dan higienis.

7. Makanan manusia untuk burung merpati

Jika Anda ingin berbagi makanan keluarga dengan burung merpati, pada dasarnya aman-aman saja dalam porsi yang sangat kecil, dan sesuai dengan peringatan pada informasi sebelumnya.

pakan burung dara selain jagung, makanan burung merpati yang bagus, makanan burung merpati agar cepat bertelur, makanan burung merpati berupa, sumber makanan burung merpati dan ayam berasal dari, makanan untuk burung merpati

Beberapa burung pun ada yang dapat menikmati daging, ikan, telur, bahkan keju, dalam jumlah sedikit. Namun, Anda perlu berhati-hati untuk memberi susu, karena sebagian merpati bisa saja mengalami intoleransi laktosa.

Di sisi lain, makanan cepat saji, cokelat, makanan ringan (keripik, pretzel, popcorn), serta produk yang mengandung kafein dan beralkohol, harus Anda hindarkan, karena dapat menjadi racun bagi burung merpati.

Baca Juga:   Manfaat Burung Merpati Bagi Manusia dan Lingkungan

8. Makanan khusus untuk burung merpati

Pada kondisi khusus, seperti jika burung merpati masih sangat muda, mengalami stres, terluka, bertelur, atau tengah mengurus anak, mereka akan membutuhkan pakan pelet dengan formulasi tertentu. Maka, konsultasikan dengan dokter hewan terkait kebutuhan nutrisi pada situasi tersebut, untuk memperoleh anjuran yang tepat.

Di samping itu, dokter hewan juga dapat membantu Anda untuk menilai kondisi burung merpati dan kebutuhannya terhadap suplemen. Meski umumnya burung merpati yang mengonsumsi pelet tidak membutuhkan suplemen, namun vitamin dan mineral tertentu bisa jadi diperlukan pada beberapa situasi. Misalnya, suplementasi kalsium ketika bertelur atau terdapat tanda-tanda defisiensi.

9. Kerikil dan pasir untuk burung merpati

Terdapat kontroversi mengenai kebutuhan burung merpati terhadap kerikil atau pasir. Ada anggapan bahwa burung merpati membutuhkan pasir untuk membantu pemecahan mekanis pada organ pencernaan. Anggapan ini merujuk pada perilaku merpati yang kerap menelan biji-bijian tanpa mengupasnya lebih dulu.

Terkait hal tersebut, asupan pasir dalam jumlah yang tidak tepat justru dapat menimbulkan masalah pencernaan. Maka, Anda dapat memberi burung merpati gerusan cangkang telur atau cangkang tiram yang lebih aman bagi pencernaan, sekaligus dapat menjadi sumber kalsium.

Menjaga pola makan burung merpati

Seiring dengan menyediakan makanan terbaik untuk burung merpati, Anda juga perlu memerhatikan beberapa hal untuk menjaga pola makan mereka, antara lain:

Baca Juga:   4 Fungsi Ekor Burung, Epic dan Mengagumkan!
  • pantau jumlah makanan yang disantap oleh masing-masing burung setiap hari,
  • sediakan air bersih yang segar setiap hari, dan pastikan mereka bisa melihat atau mengaksesnya dengan mudah,
  • sodorkan pakan segar berupa buah dan sayur setiap hari,
  • sajikan makanan dan minuman pada wadah yang bersih, yang telah Anda cuci setiap hari, dan
  • apabila ada burung merpati yang menolak makanan, sodorkan secara konsisten hingga ia dapat mulai mencoba makanan tersebut.