Home » Burung » Apa Saja Makanan Burung Puyuh agar Sehat?

Apa Saja Makanan Burung Puyuh agar Sehat?

daftarhewan.com. Burung puyuh masih satu famili dengan burung pegar dan berbagai spesies burung kecil lainnya. Di belahan bumi utara, Anda dapat menemukan aneka spesies burung puyuh yang hidup di alam liar. Sementara di Indonesia, burung puyuh biasa atau Coturnix coturnix menjadi salah satu sumber pangan yang penting. Tapi, apa ya makanan burung puyuh?

makanan burung puyuh adalah, makanan burung puyuh liar, makanan burung puyuh batu, makanan burung puyuh hutan, makanan burung puyuh apa, makanan burung puyuh petelur, makanan burung puyuh alami, makanan burung puyuh agar gacor, makanan burung puyuh agar cepat gacor, makanan burung puyuh apa saja, apa makanan anak burung puyuh, apa saja makanan burung puyuh

Daftar Makanan Burung Puyuh

Di alam liar, sebagian besar burung puyuh mengonsumsi serelia. Mereka juga menyantap makanan lain, ketika masih cukup muda.

Namun, berbeda dengan burung puyuh yang hidup di peternakan. Ada pertimbangan khusus terkait nutrisi, yang perlu Anda ketahui, ketika menyediakan pakan bagi puyuh petelur atau pedaging.

Baca Juga:   Makanan Burung Kolibri, dari yang Utama hingga Variasinya

Secara umum, berikut ini daftar makanan burung puyuh, yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi mereka:

* Biji-bijian dan serelia

Sekitar 90% makanan burung puyuh adalah berasal dari tanaman, tergantung pada spesies, individu, dan musim tahunan. Dari persentase tersebut, sekitar 80% makanan puyuh dewasa, terdiri dari biji-bijian (seeds) dan serelia (grains).

Di samping itu, puyuh juga menyantap jenis tanaman lain dan ada kalanya memangsa serangga. Makanan selain biji-bijian dan serelia, tetap diperlukan agar puyuh bisa mendapatkan gizi yang mereka butuhkan.

* Buah dan sayur

Sekitar 20% dari sumber pakan nabati bagi puyuh, terdiri atas daun-daunan dan sumber serat lainnya. Namun, burung puyuh juga memakan buah-buahan dan arbei, ketika mereka menemukannya.

Di sisi lain, beberapa spesies puyuh juga memiliki makanan yang spesifik, tergantung bentang alam yang menjadi habitat mereka. Misalnya, spesies dari gurun, seperti puyuh Gambel, akan memakan buah kaktus ketika tiba musimnya.

Baca Juga:   10 Jenis Burung Kecil di Dunia yang Lucu Menggemaskan

* Serangga

Puyuh yang baru menetas, menyantap makanan yang berbeda dari puyuh dewasa. Dalam beberapa minggu pertama, serangga mendominasi menu makanan anak-anak burung puyuh, sebelum beralih ke makanan vegetarian.

Sementara puyuh dewasa, hanya memakan sejumlah kecil serangga. Namun, mendekati musim kawin, puyuh dewasa akan menambah porsi serangga, untuk memperoleh lebih banyak protein, dengan jenis serangga yang bervariasi tergantung musim dan wilayah.

* Pakan komersial

Nutrisi bagi puyuh petelur dan pedaging yang hidup di peternakan, kurang lebih dapat tercukupi dengan pakan burung komersial seperti pur pabrikan.  Namun, ada yang perlu Anda cermati.

apa makanan burung puyuh, apa makanan burung puyuh anakan, apa makanan burung puyuh sawah, makanan burung puyuh biar cepat bertelur, makanan burung puyuh bertelur, pakan burung puyuh biar cepat bertelur, makanan burung puyuh supaya cepat bertelur, pakan burung puyuh agar cepat bertelur, jenis makanan burung puyuh petelur, pakan burung puyuh supaya cepat bertelur

Pakan burung puyuh supaya cepat bertelur

Upayakan setiap bulir pakan memiliki ukuran partikel yang konsisten. Karena, apabila ukuran pakan bervariasi, burung puyuh cenderung terpaku pada bulir pakan yang memiliki ukuran sedang, dan mengabaikan sisanya. Jika terus berlanjut, burung puyuh dapat kekurangan nutrisi, terutama jika terdapat perbedaan gizi pada tiap bulir.

Baca Juga:   Jenis Burung yang Dilindungi Beserta Gambarnya

Bagi Anda yang berminat untuk beternak puyuh, pastikan kesiapan biaya, tenaga, dan pengetahuan terkait burung yang satu ini. Selain menyediakan pakan yang berkualitas, Anda juga perlu memantau kondisi kesehatan setiap burung puyuh. Berikan kandang yang layak, dan konsultasikan dengan dokter hewan, terkait nutrisi tambahan yang mereka butuhkan, dalam situasi tertentu.

Di sisi lain, kelola peternakan Anda dengan penuh penghayatan, karena memelihara makhluk hidup, butuh lebih dari sekadar urusan teknis, melainkan juga hati. Selamat berusaha!

error: