10 Makanan Ikan Botia Berdasarkan Jenisnya

Posted on

daftarhewan.com. Makanan ikan botia. Botia (Indian loaches) adalah genus ikan air tawar (umumnya yang dijadikan ikan hias) dalam keluarga loach (Botiidae). Yang merupakan genus besar dengan sekitar 20 spesies.

Makanan Ikan Botia

Jika para hobbies memelihara ikan botia, berikut ini adalah makanan ikan botia berdasarkan jenisnya :

1. Makanan Ikan Botia Badut

makanan ikan botia, makanan ikan botia badut, makanan ikan botia india, makanan ikan botia kalimantan, apa makanan ikan botia, makanan ikan botia kecil, makanan ikan botia macan, makanan untuk ikan botia, makanan ikan hias botia, makanan anak ikan botia, makanan ikan botia cepat besar
Ikan Botia Badut

Botia badut atau dalam bahasa Inggris disebut Clown loaches dengan nama latin Chromobotia macracanthus, umumnya adalah Omnivora akan makan berbagai makanan, karena itu harus ditawarkan makanan yang bervariasi untuk membuat mereka bahagia dan sehat.

Mereka akan siap makan, makanan serpihan berkualitas (SPIRULINA 20 flakes menjadi pilihan TERBAIK), udang air asin, wafer lele tenggelam, wafer ganggang, kacang polong rebus, cacing darah, dan akan menggigit beberapa tanaman hidup tetapi tidak merusak mereka. Ikan dewasa yang sudah besar bisa menikmati ikan cincang dan udang yang dimasak.

Baca Juga:   Pomacea bridgesii, Keong Pembersih Akuarium

2. Makanan Botia Myanmar

pakan ikan botia, makanan botia, jenis jenis ikan botia, cara merawat ikan botia, pakan botia, ukuran ikan botia, asal ikan botia, pakan untuk ikan botia
Botia Myanmar

Botia myanmar dalam bahasa latin Botia kubotai atau disebut angelicus loach, Loach Border Burach, atau polka dot loach atau Botia kubotai menyukai makanan seperti Botia lainnya, loach ini adalah omnivora dan harus diberi makan berbagai makanan agar mereka tetap bahagia dan sehat.

Mereka menikmati makanan serpihan berkualitas (seperti SPIRULINA 20 flakes), pelet lele tenggelam, wafer ganggang, cacing darah, udang air asin, kacang polong rebus, zucchini, dan sayuran hijau pucat seperti sawi atau kangkung.

Seperti loach lainnya, Botia myanmar suka makan siput dan merupakan solusi yang bagus untuk masalah kutu siput jika kondisi tangki memenuhi persyaratannya.

3. Makanan Botia Zebra

Makanan Botia Zebra, Zebra Loach atau Loach zebra

Seperti kebanyakan Botia, Botia zebra dengan nama ilmiah Botia striata, yang disebut juga Zebra Loach atau Loach zebra ini adalah omnivora, tetapi juga sensitif terhadap pola makan yang buruk untuk kesehatan jangka panjang.

Mereka akan menerima makanan serpihan atau remahan berkualitas, pelet ikan lele tenggelam, wafer alga, irisan mentimun dan zucchini yang direbus serta udang air asin beku atau beku/kering dan cacing darah.

4. Makanan Skunk loach

pakan botia, Skunk botia (Yasuhikotakia morleti), Loung sigung, atau loak Hora

Skunk botia (Yasuhikotakia morleti), Loung sigung, atau loak Hora menikmati makanan berupa wafer alga serta pelet udang air asin. Mereka juga memilih makanan serpihan atau remah berkualitas baik yang dimasukkan tetapi sensitif terhadap penggunaan makanan ikan jangka panjang yang melebihi titik / tingkat energi sehat yang ditetapkan.

Baca Juga:   10 Jenis Ikan Hias Kolam Air Tawar Terbaik

Udang air asin beku atau kering dan cacing darah sebagai hadiah, selalu dihargai dan dicintai oleh mereka.

5. Makanan Kuhli Loach

Makanan Kuhli Loach

Makanan Kuhli loach (Pangio Kuhlii) adalah berupa makanan apa saja, serta semua yang mereka temukan di dasar akuarium atau kolam, terutama makanan sisa. Bisa juga diberi pelet udang air asin, yang mereka sukai.

6. Makanan Blue botia

Makanan Blue botia, Blue botia feed

Ikan dengan nama latin latin Yasuhikotakia modesta menyukai makanan serpihan atau remahan berkualitas baik, pelet tenggelam, wafer ganggang, cacing tanah cincang, Cacing darah beku yang dicairkan, Udang Mysis dan Udang Koktail cincang.

7. Makanan Ladder Loach

loach Gangetic, loach loach, atau loach-banded

Botia rostrata yang bernama latin Botia rostrata dikenal juga dengan nama loach Gangetic, loach loach, atau loach-banded. Mereka memakan pakan serpihan berkualitas baik, remah, pelet tenggelam, cacing Darah beku yang dicairkan, wafer ganggang, cacing tanah cincang, Udang Mysis, Udang Cocktail cincang. Hindari memberi makan berlebihan.

8. Makanan Yoyo loach

Yoyo loach, Yoyo loach, Loach Almora atau loach Pakistan

Ikan ini mempunyai nama latin Botia almorhae, disebut juga Yoyo loach, Loach Almora atau loach Pakistan. Mereka akan memakan hampir seluruh makanan yang pemilik tawarkan, mulai dari makanan beku hingga pakan serpihan dan makanan kering beku.

Baca Juga:   Cara Kerja Pompa Udara Akuarium yang Harus Diketahui

Ketika pemilik akan tidur, berikanlah mereka pelet tenggelam dan matikan lampu, pakan tersebut pun akan segera dimakan. Pada khususnya mereka menyukai pakan hidup serta akan makan udang air asin dan cacing darah.

9. Makanan Pond loach

Pond loach, Weather loach, bernama ilmiah Misgurnus anguillicaudatus

Disebut juga dengan nama bahasa Inggris yaitu Weather loach, bernama ilmiah Misgurnus anguillicaudatus. Di alam liar, makanan mereka terdiri dari larva serangga, krustasea kecil dan moluska, dan detritus (bahan organik yang dihasilkan oleh dekomposisi organisme.)

Namun, mereka juga akan mudah makan sayuran segar. Kacang polong adalah kelezatan yang berharga tetapi harus dikuliti sebelum dimasukkan kedalam akuarium.

10. Makanan Horseface loach

horseface loach, horseface loaches

Loach atau ikan botia ini benar-benar unik karena memiliki kepala yang mirip kuda. Makanannya berupa Udang air asin hidup atau beku, jentik nyamuk, daphnia, tubifex, dan cacing darah adalah pilihan yang baik untuk loach ini.

Tempatkan makanan hidup di dekat bagian bawah dengan penjepit. Wafer atau tablet ganggang tambahan juga mereka sukai.