Makanan Ikan Guppy Terbaik, Review Tahun 2022

Posted on

daftarhewan.com. Makanan Ikan Guppy. Sebagai pemelihara ikan hias, khususnya ikan guppy, perlu diberi makanan yang bervariasi guna memastikan mereka mendapatkan seluruh nutrisi yang dibutuhkan.

Makanan Ikan Guppy

Setelah sebelumnya kita membahas tentang Cara Merawat Ikan Guppy. Berikut ini adalah informasi makanan ikan guppy terbaik supaya guppy tetap sehat dan berwarna cerah.

Dibawah ini ada beberapa merek makanan ikan guppy terbaik, pilih 3 diantaranya dan berikan bergiliran selama seminggu adalah pilihan terbaik.

1. Omega One Freshwater Flakes
2. Northfin Community Formula 0.5 Millimeter Pellets
3. Cobalt Aquatics Guppy Ultra Pellets
4. Omega One Color Mini Pellets
5. Zoo Med Spirulina 20 Flakes

Makanan ikan guppy terbaik

Bahan Makanan Ikan Berkualitas

1. Ikan Utuh

Kandungan ikan utuh adalah standar paling the best dalam hal makanan ikan. Karena dapat memberikan ikan hias peliharaan protein yang paling bagus serta memiliki semua kandungan minyak yang paling penting untuk kesehatan ikan hias.

Selain itu juga sangat dianjurkan untuk melihat daftar kandungan dalam kemasan pakan ikan, seperti apakah mengandung udang utuh atau krill.

Hal tersebut berarti seluruh hewan yang digunakan untuk membuat makanan ikan hias tersebut bukan hanya sisa kulit serta kepala dari tepung udang.

Udang dan krill juga mempunyai manfaat tambahan sebagai makanan yang mampu mencerahkan warna ikan guppy. Pigmen merah yang terdapat pada sebagian besar udang dan krill bisa membantu membuat ikan berwarna merah, kuning, dan jingga menjadi semakin cerah dan hidup.

Baca Juga:   15 Jenis Ikan Hias Kecil Air Tawar untuk Aquascape

2. Spirulina

Spirulina adalah cyanobacteria air tawar (alias ganggang biru-hijau) yang menjadi sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Bahkan mengandung beberapa protein.

Selain mudah dicerna, ikan akan mampu menyerap lebih banyak nutrisi. Spirulina juga mempunyai sifat penambah warna sehingga membuat ikan hias menjadi lebih berwarna cerah.

3. Kelp

Kelp yaitu makroalga laut, ordo rumput laut yang bisa tumbuh sampai ukuran yang sangat besar. Sama seperti spirulina, rumput laut ini adalah sumber mineral dan vitamin yang baik dalam bentuk yang mudah dicerna oleh ikan. Alternatif pengganti yang baik untuk semua ganggang yang dimakan ikan guppy di alam liar.

Makanan Ikan Guppy Terbaik

1. Omega One Freshwater Flakes

Bahan utama: Ikan Salmon, Ikan herring utuh, udang utuh, protein dari kacang polong, tepung terigu dan rumput laut

Deskripsi: Omega One adalah salah satu perusahaan makanan ikan terbaik. Produk dari mereka penuh dengan protein berkualitas tinggi yang berasal dari berbagai sumber yang ada di air.

Beberapa tepung digunakan sebagai bahan pengikat salmon, herring utuh serta udang utuh.

Selain itu Omega One Freshwater Flakes sebagai makanan serpihan ikan guppy yang baik, mengandung rumput laut, protein kacang polong dan juga spirulina, yang semuanya menyediakan vitamin serta mineral yang kaya manfaat dan mudah dicerna.

Makanan serpihan air tawar ini adalah makanan pokok yang bagus untuk guppy dan ikan komunitas lainnya.

Pakan serpihan ini adalah makanan pokok yang bagus untuk ikan guppy dan ikan komunitas lainnya. Sebaiknya remah serpihan ini digiling kembali untuk ikan guppy yang masih kecil. Bisa juga dengan menggunakan jari jemari Anda untuk menghancurkannya sebelum menaburkannya kedalam akuarium.

Baca Juga:   Ikan Hias Angelfish Air Tawar yang Cantik Rupawan

2. Northfin Community Formula 0.5 Millimeter Pellets

Bahan utama: krill Antartika, herring dengan Omega 3 DHA yang tinggi, sarden utuh

Deskripsi: Pakan ini mengandung 3 bahan utama yang kaya akan sumber protein berkualitas super tinggi.

Dengan komposisi rumput laut juga spirulina dengan takaran yang pas. Makanan ini juga bisa menjadi makanan pokok yang bagus untuk ikan guppy serta ikan komunitas lainnya.

Bisa juga sebagai makanan anak ikan guppy kecil atau burayak, dengan cara ditumbuk terlebih dahulu.

Menurut modestfish.com, karena pakan ini cukup cepat tenggelam. Sebaiknya diberikan dengan jumlah kecil saja pada satu waktu. Namun, pastikan ikan guppy menghabiskan semua yang Anda masukan ke akuarium. Jika dirasa kurang, bisa ditambah sedikit lagi. Sehingga tidak mengotori akuarium.

3. Cobalt Aquatics Guppy Ultra Pellets

Bahan utama: ganggang spirulina kering, udang, tepung cumi, ikan teri utuh, sarden utuh

Makanan yang bagus untuk ikan guppy lainnya dengan komposisi seimbang karena mengandung sumber protein berkualitas tinggi serta ganggang spirulina.

Sangat banyak variasi sumber makanan yang digunakan untuk pakan ikan guppy ini. Cobalt Aquatics Guppy Ultra Pellets akan memberikan ikan Anda makanan yang bervariasi dalam satu paket.

Berupa pelet kecil yang seharusnya baik digunakan untuk benih atau burayak ikan guppy sekalipun.

Direkomendasikan memberi makanan ini hanya sejumlah kecil saja di satu waktu dan bisa ditambahkan ketika banyak yang dimakan. Jangan memberi pakan ini terlalu banyak karena kemungkinan akan tenggelam sebelum ikan memakannya.

Baca Juga:   Aerator, Pompa Udara Dalam Aquarium

4. Omega One Color Mini Pellets

Bahan utama: Ikan halibut, Ikan Salmon, Ikan herring utuh, Ikan cod dan udang

Deskripsi: Ini adalah makanan luar biasa lainnya dari Omega One. Bahan utama adalah bahan terbaik.

Pelet ini akan menjadi makanan sehari-hari yang bagus, kaya protein air yang dapat dengan mudah dimakan dan dicerna oleh ikan.

Rumpul laut pun terkandung dalam makanan ini, tetapi jika diinginkan pemelihara ikan juga bisa menambahkan pakan yang memiliki kandungan ganggang spirulina yang lebih tinggi.

Kemungkinan perlu digiling atau ditumbuk kembali, mengingat pelet berukuran cukup besar untuk ikan guppy.

5. Zoo Med Spirulina 20 Flakes

Bahan utama: tepung ikan salmon, tepung alga spirulina, tepung kedelai

Deskripsi: Pakan ikan Guppy serpihan Spirulina 20 adalah makanan tambahan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral.

Direkomendasikan memberi pakan ini sebagai hadiah atau makanan tambahan yang diberikan sekali dalam seminggu. Spirulina kaya akan nutrisi, tetapi hanya memiliki satu sumber protein.

Direkomendasikan memberikan makanan ini sesekali bersama makanan pokok lainnya yang ada dalam list ini. Karena spirulina adalah bahan pencerah warna ikan yang bagus, terutama untuk ikan berwarna biru dan hijau.


Itulah beberapa makanan ikan guppy terbaik berupa pelet dan serpihan, baik untuk ikan guppy liar, anakan ikan guppy atau ikan guppy yang masih kecil, burayak ikan guppy, ikan guppy longkang, ikan guppy albino dan jenis ikan guppy lainnya.

Selain itu juga makanan dalam daftar ini cocok untuk ikan neon dan juga ikan molly.