Makanan Ikan Mas Koki Agar Warna Cerah

daftarhewan.com. Ikan mas koki bisa berubah dari warna cerah yang indah menjadi membosankan dengan cepat jika dia kehilangan warnanya. Sebelum kamu menuju toko ikan hias untuk menemukan obat untuk mengembalikan warnanya yang pudar, sebaiknya cari tahu penyebab pudarnya warna.

makanan ikan mas koki agar warna cerah, warna lampu yang cocok untuk ikan mas koki, pakan ikan mas koki untuk warna, warna ikan mas koki yg bagus, ikan mas koki warna warni, warna ikan mas koki pudar, mutasi warna ikan mas koki, warna ikan mas koki

Kenapa Ikan Koki Berubah Warna dan Pudar?

Masalah kesehatan bisa menjadi penyebab ikan koki kehilangan warnanya dan menjadi pucat, dan bisa mematikan jika tidak ditangani. Jika pemudaran bukan karena masalah kesehatan, pengobatan yang tidak perlu juga bisa berbahaya.

a. Faktor Genetik

Ikan mas cenderung berubah warna pada tahun pertama kehidupannya. Ini benar-benar disebabkan oleh faktor genetika dan tidak ada hubungannya dengan perawatan, makanan, atau kesehatan. Jumlah perubahan dan warna akhir sulit untuk ditentukan kecuali ikan telah dibesarkan dengan baik.

Dalam hal ini, ikan muda sering berubah menjadi warna yang mirip dengan setidaknya salah satu orang tua. Ikan mas hitam, seperti halnya moors, sering kehilangan warnanya seiring waktu. Mereka sering memudar dari hitam beludru yang kaya menjadi warna abu-abu gelap dengan highlight emas.

b. Cahaya

Membiarkan ikan mas koki dalam cahaya redup dapat menyebabkan kehilangan warna cerahnya. Hal yang sama berlaku untuk ikan mas koki yang dipelihara di air yang terus mengalir, seperti sungai. Di sisi lain, sinar matahari yang cerah akan memperbaiki warna ikan mas, mencerahkan warna kuning lembut, merah dan oranye pucat.

Baca Juga:   12 Jenis Ikan Mas Koki Keren dan Tips Perawatannya

Ikan mas koki yang dipelihara di kolam memiliki warna yang lebih cerah daripada ikan mas yang dipelihara di akuarium dalam ruangan. Untuk warna paling cerah, tempatkan akuarium di area yang cukup terang, tetapi jauh dari sinar matahari langsung, yang dapat membuat air terlalu hangat.

c. Penyakit

Infeksi bakteri bukanlah penyebab paling umum dari perubahan warna pada ikan mas, tetapi yang paling serius. Warna-warna berani seperti jingga dan merah biasanya akan menjadi tidak bersemangat dan kusam atau pudar. Ikan Anda biasanya juga akan menunjukkan tanda-tanda penyakit lainnya, termasuk lesu dan penurunan berat badan.

Tuberkulosis bisa menyebabkan hilangnya warna. Penyakit ini memengaruhi organ dalam ikan mas Anda dan seringkali berakibat fatal. Gejala tuberkulosis lainnya termasuk nodul yang berkembang menjadi bisul, penurunan berat badan yang cepat dan mata yang menonjol secara tidak wajar. Jaga kebersihan akuarium, karantina ikan baru, dan pastikan kadar nitrat dan amonia berada pada tingkat yang dapat diterima untuk mencegah infeksi dan kehilangan warna terkait.

Baca Juga:   Kenapa Ikan Koki Sering Mati? Ternyata ini Penyebabnya

d. Parasit

Cacing kulit adalah hama kecil mirip cacing yang memakan kulit ikan mas. Gejala yang serius dapat menyebabkan perubahan warna karena ikan mengeluarkan lendir untuk melawan cacing. Tanda-tanda cacing kulit termasuk gesekan, lesu, sirip dan seperti luka terjepit.

Seringkali juga menyebabkan penyakit bakteri, karena kulit yang rusak rentan terhadap infeksi. Karantina ikan dan tanaman hidup baru setidaknya selama empat minggu sebelum menambahkannya ke akuarium untuk mencegah cacing kulit. Perawatan rutin dengan obat cacing yang dirancang untuk ikan juga dapat menghentikan hama ini merusak warna ikan Anda.

Cara Mencerahkan Warna Ikan Koki

Ikan mas yang terbentur, sering kali selama transportasi ke akuarium baru, dapat mengembangkan bintik-bintik hitam pada tubuh dan siripnya. Hilangnya warna ini bersifat sementara. Bercak tersebut mirip dengan memar pada manusia.

Saat ikan mas Anda sembuh, warna normalnya akan kembali. Proses ini mungkin membutuhkan waktu beberapa minggu. Sulit untuk mencegah jenis kerusakan ini, tetapi penanganan ikan yang hati-hati dapat menguranginya resiko ini.

Kualitas air merupakan faktor yang sangat penting yang membantu menentukan intensitas warna ikan mas. Kualitas air yang buruk sering menjadi masalah ikan mas yang dipelihara dalam mangkuk kecil tanpa filter yang memadai atau ruang yang cukup.

Kualitas air yang buruk tidak hanya menyebabkan warna kusam, tetapi juga menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Bantu ikan Anda tampil terbaik dengan menempatkannya di akuarium 75 liter dengan filter yang sesuai.

Baca Juga:   7 Rekor Ikan Koki Terbesar di Dunia

Makanan Ikan Mas Koki Agar Warna Cerah

Zat yang disebut karotenoid menghasilkan warna oranye seperti ikan mas koki. Ikan mas tidak dapat memproduksi bahan kimia ini secara internal; mereka mendapatkannya melalui makanan mereka. Banyak makanan ikan mas komersial yang diperkaya dengan karotenoid dan dipasarkan sebagai peningkat dan mengembalikan kecerahan warna ikan koki.

Versi kualitas makanan ini akan membantu meningkatkan warna ikan mas koki Anda. Aquarists yang membuat makanan sendiri termasuk banyak makanan kaya karotenoid seperti kacang polong dan wortel. Mungkin diperlukan waktu hingga empat minggu agar efek pengayaan makanan terwujud.

Ikan mas sering menunjukkan warna terbaiknya di kolam luar ruangan. Menurut FishChannel.com, kombinasi kondisi air yang konsisten dan akses ke sumber makanan alami membantu menonjolkan warna yang ada pada ikan mas lebih baik daripada metode lainnya.

Sebuah studi tahun 1998 yang diterbitkan dalam jurnal “Fisheries Science” menemukan bahwa ikan mas yang diberi makan makanan kaya karotenoid dan memiliki akses ke sinar matahari langsung menunjukkan warna yang lebih cerah dibandingkan ikan yang hanya menerima sinar matahari tidak langsung.

error: