Makanan Kelelawar, Beda Jenis Beda Menunya

Posted on

daftarhewan.com. Makanan Kelelawar. Kelelawar adalah predator bagi serangga yang terbang pada malam hari.

Satu kelelawar kecil berwarna cokelat, yang bertubuh tidak lebih besar dari ibu jari manusia dewasa, bisa memakan 4 sampai 8 gram (beratnya sekitaran satu atau 2 buah anggur) serangga setiap malam.

Makanan Kelelawar

Kelelawar menemukan setiap serangga dalam gelap malam dengan kemampuan ekolokasi, selanjutnya mereka menjeratnya dengan selaput sayap atau ekor mereka dan meraih ke bawah untuk memasukkan serangga ke mulut mereka.

makanan kelelawar, makanan kelelawar pada umumnya adalah, apa makanan hewan kelelawar, apa saja makanan kelelawar, makanan kelelawar apa saja, makanan kelelawar adalah, makanan kelelawar telinga panjang, kelelawar pemakan buah-buahan, kelelawar pemakan serangga, jenis makanan kelelawar, sebutkan makanan kelelawar, apa makanan kelelawar, makanan kesukaan kelelawar
Makanan kelelawar – via : betterwander.com

3 Jenis Kelelawar dan Makanannya

Makanan kelelawar dari spesies lain dapat berlainan, termasuk buah, nektar, dan serbuk sari. Kelelawar merupakan hewan penting dalam proses penyerbukan tanaman, karena mereka terbang dari satu tanaman ke tanaman lain untuk mencari makanan.

Di gurun barat daya Amerika Utara, kelelawar ialah penyerbuk khusus untuk tanaman kaktus saguaro dan kaktus pipa organ (Stenocereus thurberi). Perlu diketahui bahwa minuman Tequila dibuat dari tanaman agave, yang diserbuki oleh kelelawar.

1. Mikrobat (Kampret)

Makananan kelelawar Microbat seperti kelelawar coklat kecil dan kelelawar telinga panjang utara melakukan penerbangan malam dan memangsa serangga. Mereka memakan nyamuk, jangkrik, ngengat, kutu, kutu busuk, kumbang dan lain-lain.

Baca Juga:   10 Arti Kelelawar Masuk Rumah

2. Megabat (Kelelawar Besar)

Megabat seperti kelelawar buah dan Kalong (Rubah terbang atau Flying fox) pada umumnya hidup dengan memakan buah. Mereka suka makan buah mangga, kelengkeng, buah ara, pisang, jambu biji atau pepaya. Beberapa megabat juga memakan serbuk sari dan nektar.

3. Kelelawar Vampir

Kelelawar Vampire hanya hidup dari meminum darah hewan lain. Mereka mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan dari darah yang dikonsumsinya.

Mereka pun memiliki cadangan lemak yang sangat sedikit sehingga mereka tidak dapat pergi lebih dari beberapa hari tanpa makan. Jika demikian, mereka tidak dapat bertahan dan mati.

Dengan nyaris 1000 jenis kelelawar yang berlainan, tidaklah heran bila kelelawar memakan banyak bermacam makanan yang berbeda pula. Mereka pemburu luar biasa yang sanggup menemukan suara paling samar dan pergerakan paling kecil . Maka apa yang dimakan kelelawar?

Umumnya makanan kelelawar adalah serangga dan oleh karena itu mereka disebut insektivora. Kelelawar suka makan kumbang, ngengat, nyamuk, dan yang lain. Dan mereka betul-betul memakan banyak serangga.

Tahukah Anda jika satu ekor kelelawar kecil warna cokelat bisa makan sampai 500 serangga seukuran nyamuk dalam satu jam? Dan beberapa koloni kelelawar mempunyai jutaan kelelawar! Pikirkan saja berapakah banyak serangga yang mungkin ada tanpa kelelawar pemakan serangga ini.

Baca Juga:   Apakah Kelelawar Hewan Mamalia?

Ada banyak kelelawar yang menyukai memakan buah, biji, dan serbuk sari dari bunga. Kelelawar ini disebut frugivora. Makanan favorit mereka adalah buah ara, mangga, kurma, dan pisang.

Jadi, jenis makanan apalagi yang dikonsumsi kelelawar? Ada kelelawar yang memakan burung, ikan, katak, cicak, bahkan juga kelelawar lainnya. Bahkan juga ada kelelawar yang meminum darah. Ini disebut kelelawar vampir.

Hanya ada 3 jenis kelelawar vampir dan mereka tinggal di Amerika Tengah dan Selatan. Dan tidak boleh khawatir, umumnya kelelawar vampir tidak meminum darah manusia. Mereka khususnya memperoleh darah dari sapi, domba, dan kuda.

Untuk memperoleh darah, kelelawar vampir membuat irisan kecil di kulit hewan yang sedang tidur dan mengambil sedikit darah.

Kelelawar vampir hanya memerlukan lebih kurang 2 sendok teh darah sehari – jumlah yang sangat kecil sehingga sering sapi atau domba bahkan tidak terbangun saat kelelawar sedang makan.

Apa itu Kelelawar Vampir?

Kelelawar adalah salah satu mamalia yang dapat terbang, tapi kelelawar vampire mempunyai ketidaksamaan yang lebih menarik, makanan kelelawar ini adalah darah.

kelelawar vampire, kelelawar vampir umum, gambar kelelawar vampir, gambar kelelawar vampire, spesies kelelawar vampir, wallpaper kelelawar vampir, kelelawar vampir adalah, vampir dengan kelelawar

a. Perilaku di malam hari

Kelelawar terkenal ini tidur pada siang hari dalam kegelapan total, tergantung terbalik dari atap gua. Mereka umumnya bergabung di koloni lebih kurang 100 hewan, tapi terkadang hidup dalam barisan 1.000 atau lebih. Dalam satu tahun, satu koloni yang beranggotakan 100 ekor kelelawar bisa meminum darah 25 ekor sapi.

Sepanjang bagian tergelap malam, kelelawar vampir biasa muncul untuk berburu. Sapi dan kuda yang tengah tidur adalah korban biasa mereka.

Baca Juga:   Apa yang Dimaksud Ekolokasi? Berikan Contohnya

Kelelawar minum darah korbannya sepanjang lebih kurang 30 menit. Mereka tidak mengeluarkan cukup darah untuk mencelakakan hewan yang dihisap, tapi gigitannya bisa mengakibatkan infeksi dan penyakit.

b. Berburu darah

Kelelawar vampir menyerang korbannya ketika berada di tanah. Mereka mendarat di dekat mangsanya dan mendekatinya dengan merayap. Kelelawar mempunyai sedikit gigi karena makanannya yang cair, tapi gigi yang mereka miliki benar-benar tajam.

Setiap kelelawar mempunyai sensor panas di hidungnya yang mengarahkannya ke arah tempat di mana darah hangat mengalir tepat di bawah kulit korbannya. Setelah menggigit binatang, kelelawar vampir menjilat darah yang mengucur dengan lidahnya. Air liurnya menahan darah membeku.

Kelelawar vampir muda tidak makan darah tetapi susu. Mereka berpegangan kuat pada ibu mereka, bahkan juga dalam penerbangan, dan tidak mengonsumsi apa pun selain susu induknya sepanjang kurang lebih 3 bulan.

Kelelawar vampir umum diketemukan di wilayah tropis Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.