Makanan Kelomang, Habitat dan Fakta Unik Lainnya

daftarhewan.com. Makanan kelomang. Hewan kecil ini biasanya dijual di dekat Sekolah Dasar dan sasarannya adalah anak-anak TK dan SD. Para pedagang kini semakin berkreasi dengan menyediakan rumah-rumahan untuk kelomang sehingga menarik minat anak-anak untuk membelinya.

Tetapi biasanya mereka menyediakan rumah-rumahan yang ukurannya sangat kecil dan tidak cocok untuk tempat hidup kelomang untuk dipelihara jangka panjang.

apa makanan kelomang, apa saja makanan kelomang, kelomang, makanan umang umang, makanan kelomang darat, makanan kelomang laut, makanan umang, makanan umang umang darat, makanan untuk kelomang, makanan umang umang pantai, makanan keong kelomang, pakan kelomang, makanan keong darat, makanan untuk umang umang, cara pelihara kelomang

Kelomang, atau yang dalam Bahasa Inggris disebut Hermit Crab adalah krustasea yang pemalu, perilaku mereka yang aneh dan kepribadian yang berbeda dari hewan peliharaan kecil lainnya pasti akan membuat senyum di wajah yang memeliharanya.

Nama lain dari kelomang adalah umang-umang, kumang, ketam pertapa dan kepiting pertapa. Jika Anda memelihara Kelomang, mereka membutuhkan perawatan dan Anda harus mengawasinya jika menemukan masalah kesehatan yang mungkin mereka miliki.

Hewan peliharaan kecil menakjubkan ini dapat hidup selama 10 tahun lebih di alam liar. Namun umur mereka di aquarium atau di tangki biasanya jauh lebih pendek dari ini. Krustasea air atau pun darat ini merupakan hewan peliharaan yang unik dan tidak mudah ditemukan di toko ikan hias atau toko hewan peliharaan setempat. Namun ada banyak tempat online di mana mereka dapat dibeli.

Kandang Umang-umang

  • Ukuran kandang – Habitat dengan ukuran dan bentuk yang tepat untuk mengakomodasi perilaku dan aktivitas kelomang dewasa, setidaknya disimpan pada aquarium atau tank berukuran 30 liter.
  • Habitat – Menyediakan dekorasi memanjat dan area persembunyian; cangkang baru harus sedikit lebih besar dari cangkang saat ini. Pertahankan kelembapan 70 hingga 80% dengan gerimis buatan setiap hari sesuai kebutuhan (diperlukan untuk menjaga insang tetap lembab, mencegah dehidrasi, dan memudahkan pergantian kulit).
  • Substrat – Pasir, dicampur dengan substrat mulsa seperti alas serabut kelapa; bisa juga termasuk lumut sphagnum; substrat harus memiliki kedalaman minimal 7 cm.
  • Suhu yang dibutuhkan kelomang dalam akuarium atau kandangnya berkisar antara (21 ° Celcius sampai dengan 26 ° Celcius). Juga sangat direkomendasikan bola lampu pijar dengan watt rendah (sesuai dengan ukuran habitat atau akuarium).
  • Pencahayaan – Kelomang aktif di malam hari, jadi Anda dapat menyediakan bohlam malam dengan watt rendah untuk dilihat di malam hari.
  • Air – Simpan wadah air tawar dangkal tanpa klorin harus tersedia di habitat atau kandangnya setiap saat. Air tidak boleh lebih dalam dari 0,25 hingga 0,50 inci; karena jika lebih dalam kelomangmu bisa tenggelam. Spons dapat ditempatkan di piring untuk membantu umang-umang naik dan turun, tetapi gantilah spons secara berkala untuk menghindari pertumbuhan bakteri.
  • Kelomang bersifat sosial dan harus ditempatkan dalam kelompok yang terdiri dari tiga ekor atau lebih, tetapi tidak disarankan memelihara spesies invertebrata yang berbeda lainnya.
  • Biasanya berganti kulit sekali atau dua kali setahun; akan mengubur dirinya sendiri di pasir. Jangan mengganggu prosesnya karena kelomang sangat rapuh. Lindungi kelomang dengan menempatkan sekat di tangki atau memindahkan kepiting lainnya ke tangki lain. Pastikan kelembapan yang tepat.
hewan peliharaan kecil lucu, hewan peliharaan berukuran kecil, hewan peliharaan rumah kecil, hewan peliharaan unik kecil, hewan peliharaan yang kecil dan lucu, daftar anjing lucu, daftar nama hewan lucu, 10 hewan lucu, contoh hewan lucu dan imut, daftar nama lucu untuk hewan, daftar nama anjing yang lucu

Umang-umang atau kumang – via : howwemontessori.com

Apa Makanan Kelomang?

  1. Makanan kelomang komersial berkualitas tinggi.
  2. Kelomang juga baik diberi makanan sayuran seperti; bayam, wortel dan selada dan buah-buahan seperti mangga, kelapa dan pepaya.
  3. Kacang-kacangan, rumput laut, udang air asin dan serpihan ikan juga bisa diberikan sebagai makanan kelomang.
  4. Berikan suplemen karoten dan kalsium (seperti tulang sotong).
Baca Juga:   9 Fakta Ayam Pegar Ring-neck Pheasant

Hal yang perlu diperhatikan saat memberi makan umang-umang:

  1. Air segar, bersih, dan bebas klorin harus selalu tersedia, mungkin mereka tidak minum dari mangkuk secara langsung, tetapi akan bergantung pada kelembapan pada tanaman.
  2. Hancurkan pelet sebelum diberikan kepada kelomang, pelet sebaiknya diberikan pada malam hari.

Fakta Menarik Kelomang

  • Mereka adalah omnivora dan membutuhkan makanan yang bervariasi dari alga dan protein. Makanan yang tinggi karoten akan memberikan warna cangkang dan tubuh yang lebih cerah, terutama jika warnanya merah atau jingga.
  • Kelomang laut dan kelomang darat sama-sama menggunakan insangnya untuk bernapas. Umang-umang laut menukar karbon dioksida dengan oksigen terlarut di kolom air, sedangkan jenis umang-umang darat menghirup udara dan akan tenggelam jika disimpan di air.
  • Mereka membutuhkan cangkang yang lebih besar saat mereka tumbuh, jadi mereka biasanya mencurinya dari kelomang lain.
  • Seperti semua krustasea, mereka melepaskan kerangka luarnya saat tumbuh. Spesimen yang lebih muda lebih banyak melepaskan kerangka luarnya daripada spesimen dewasa, karena laju pertumbuhan melambat secara drastis seiring bertambahnya usia atau umur mereka.
  • Mereka memiliki perut asimetris yang lembut yang perlu dilindungi oleh cangkang. Tanpa cangkangnya, mereka menjadi rentan terhadap perubahan suhu dan predator.
  • Mereka hadir dengan berbagai jenis. Umumnya kebanyakan umang-umang memiliki satu kesamaan. Mereka memiliki perut panjang dan lembut yang melengkung secara spiral untuk memungkinkan mereka berlabuh di dalam cangkang moluska.
  • Bentuk cangkang mereka tidak terlalu penting karena mereka terus menerus mengubah cangkangnya karena mereka tumbuh besar seiring berjalannya waktu.
  • Semua umang-umang termasuk dalam ordo Decapoda yang secara harfiah diterjemahkan menjadi berkaki sepuluh. Mereka memiliki sepuluh pelengkap termasuk penjepit mereka.
Baca Juga:   Cara Memandikan Kelinci yang Baik dan Benar
error: