Makanan Kuda, yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan

daftarhewan.com. Makanan Kuda. Kuda adalah herbivora, oleh karenanya mereka memerlukan makanan yang sangat spesifik.

Mereka harus mengkonsumsi banyak serat untuk menjaga aliran pencernaan mereka yang sangat panjang dan sensitif bekerja, dan mereka harus makan sedikit dan sering, hampir sepanjang hari.

makanan kuda, kuda makan apa, apa makanan kuda, kuda makanannya, makanan kuda adalah, kuda makan rumput, rumput makanan kuda, makanan kudapan adalah, pakan kuda terbaik, golongan makanan kuda, nama makanan kuda, makanan kesukaan kuda, pakan kuda pacuan, makanan kuda pacu, pakan kuda pacu, makanan untuk kuda

Kuda makan rumput

Secara sederhana, kuda makan rumput, hay atau silase kering, akan tetapi garam, konsentrat dan buah-buahan atau sayur dapat ditambahkan ke makanan mereka, tergantung pada cara kerja yang diperlukan dan ketersediaan pakan yang ada.

Juga penting untuk menunjukkan bahwa setiap perubahan cepat pada pakan kuda yang Anda miliki bisa mengakibatkan penyakit, khususnya permasalahan pencernaan seperti sakit perut, bila Anda mengganti pola makan kuda, yakinkan Anda melakukan dengan bertahap selama dua sampai empat minggu.

I. Apa Makanan Kuda?

Kuda secara alami ingin merumput sepanjang hari dan harus makan sedikit dan sering. Berikut adalah jenis pakan kuda:

1. Rumput

Kuda menyukai rumput. Ini adalah makanan alami mereka dan bagus untuk sistem pencernaan mereka (walaupun waspadalah terhadap kuda Anda yang makan terlalu banyak rumput subur di musim semi karena ini dapat menyebabkan laminitis atau peradangan pada kuku kuda).

Baca Juga:   Ternak Burung Unta yang Menguntungkan!

Pastikan Anda juga membersihkan sepenuhnya dari padang rumput Anda semua tanaman yang bisa berbahaya bagi kuda, seperti ragwort (Jacobaea vulgaris).

2. Hay atau Rumput Kering

Membuat kuda Anda kenyang dan sistem pencernaannya bekerja dengan hay atau silase yang dikeringkan, terutama pada bulan-bulan yang lebih dingin dari musim gugur hingga awal musim semi ketika padang rumput tidak tersedia.

Buah atau sayuran – ini menambah kelembapan pada pakan. Potongan wortel memanjang sangat ideal. Ada beberapa buah dan sayuran yang harus Anda hindari, lihat bagian jenis pakan yang tidak boleh dimakan kuda di bawah ini.

3. Konsentrat

Jika kuda Anda sudah tua, muda, menyusui, hamil atau sebagai kuda pacu atau kuda balap, dokter hewan Anda mungkin merekomendasikan konsentrat (pakan komersil), yang merupakan campuran biji-bijian seperti gandum, barley dan jagung. Ini memberikan kuda energi.

4. Garam

kuda makanannya apa, kuda makanannya, kuda makan, makanan kuda adalah, jenis makanan kuda, kuda makan rumput, pakan kuda, makanan kuda poni, pakan kuda terbaik, makanan kesukaan kuda, golongan makanan kuda, makanan kuda pacu, kuda makan wortel, makanan kuda, apa makanan kuda

Kuda menjilati garam blok – via : horseracingsense.com

Ada baiknya Anda menawarkan garam blok atau garam lepas di wadah terpisah di padang rumput. Banyak pemilik menemukan bahwa kuda suka makan garam di bulan-bulan musim panas.

5. Air

Kuda Anda membutuhkan akses ke air bersih segar sebanyak mungkin, tetapi setidaknya dua kali sehari.

II. Berapa Banyak yang Harus Kuda Makan?

Seekor kuda dewasa rata-rata harus makan bahan kering (yang tersisa setelah semua air diuapkan dari pakan) dengan berat sekitar 1,5–3 persen dari berat tubuhnya. Ini tergantung pada aktivitas kuda dan kualitas makanannya.

Dalam hal ini, berapa banyak hay yang dimakan kuda, setidaknya setengah dari makanan mereka harus berupa rumput dari padang rumput segar atau hay maupun haylage (silase rumput yang dikeringkan).

Jika seekor kuda bekerja atau ditunggangi, maka ia akan membutuhkan lebih banyak makanan di siang hari atau pada akhirnya akan menjadi kurus.

Baca Juga:   Ayam Cacingan? Beri Daun Pepaya

Jangan membiarkan kuda bekerja pada waktu sesaat setelah diberi makan makanan yang banyak. Hal tersebut membuat kuda tidak nyaman dan dapat mempengaruhi pencernaannya.

III. Cara Memberi Makan Kuda

Kuda harus diberi makan sedikit dan sering, sepanjang hari. Jika seekor kuda dipelihara di kandang, ia membutuhkan dua hingga tiga pakan per hari.

Anda tidak boleh meninggalkan kuda peliharaan Anda lebih dari 8 jam tanpa makanan. Kuda menyukai rutinitas, jadi cobalah memberi mereka makan pada waktu yang sama setiap hari.

Pastikan juga tempat makan bersih, atau kuda mungkin menolak makan atau minum.

IV. Kuda Suka Makan Apa?

Kuda menyukai camilan, serta rumput dan hay (rumput yang dikeringkan). Tapi pastikan tidak berlebihan memberikannya.

jenis makanan kuda, cara makan kuda laut, apa makanan kuda di minecraft, nama makanan kuda, nama atau jenis makanan kuda, apa saja makanan kuda, apa nama makanan kuda, cara makan kuda

Kuda Makan Hay – via : deephollowranch.com

V. Apa Makanan Kuda Liar?

Kuda liar merumput di lahan yang luas, memakan rumput dan semak dan tanaman lain yang dapat dimakan. Mereka cenderung tinggal di dekat sumber air tawar. Diperkirakan kuda liar dapat merumput selama 15-17 jam per hari.

IV. Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan oleh Kuda

Apa yang dimakan kuda dapat mempengaruhi kesehatan mereka secara serius. Jadi, selain memastikan kuda Anda makan makanan dalam jumlah kecil tapi sering, Anda juga perlu memastikan bahwa Anda tidak memberi makan kuda Anda beberapa hal berikut:

1. Buah-Buahan dengan Jumlah Banyak

Ini dapat menyebabkan kolik atau penyakit perut, obesitas, dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk laminitis atau masalah kaki yang menyakitkan.

Pastikan Anda tidak memberi lebih dari satu atau dua potong buah, seperti apel, atau satu atau dua wortel sehari.

Baca Juga:   Domba Texel, Asal Usul dan Keunggulannya yang Super

Pastikan juga kuda Anda tidak sedang merumput di dekat kebun atau pohon buah-buahan pada musimnya, dan pasang tanda di pagar yang meminta anggota masyarakat untuk tidak memberi makan kuda Anda atau memberinya kudapan.

2. Stone Fruits

Sejenis plum, peach, apricot dan tectarine ini bisa menyebabkan kuda Anda tersedak.

3. Cokelat atau Makanan Manis lainnya

Meskipun kuda Anda akan senang memakannya, makanan tinggi gula ini tidak diperlukan dan dapat menyebabkan masalah kesehatan atau obesitas.

Roti dan Kue – ini bisa menyebabkan penyumbatan pada saluran pencernaan kuda.

4. Daging

Ini bisa berbahaya bagi kuda Anda dalam jangka panjang dan mereka tidak membutuhkannya dari sudut pandang nutrisi.

5. Sayuran dalam Keluarga Kubis

Lobak, Kubis, Kangkung, Brokoli, Kubis Brussel dll akan membuat kuda Anda merasa tidak nyaman dan akan membuat mereka sangat kembung.

Kentang dan tomat – anggota keluarga Terong-terongan ini tidak boleh diberikan kepada kuda.

6. Limbah Kebun

Ada begitu banyak risiko dari guntingan tanaman di kebun, termasuk tanaman, gulma, dan racun dari semprotan kebun yang mungkin beracun.

Meskipun memberi kuda rumput yang baru dipotong mungkin tampak seperti ide yang bagus, Anda tidak dapat memastikan apa limbah kebun lainnya yang ada di sana dan kuda Anda mungkin memakan rumput jauh lebih cepat daripada jika merumput secara alami. Sakit perut bisa menjadi hasilnya.

7. Hay berjamur atau Berdebu

Ini dapat merusak paru-paru kuda Anda.

Periksa skor kondisi tubuh kuda Anda secara teratur. Seperti kuda yang kekurangan berat badan, kuda yang kelebihan berat badan berisiko mengalami banyak kondisi kesehatan, jadi penting untuk memastikan bahwa Anda tidak makan berlebihan atau kurang berolahraga. Terutama perhatikan jumlah suguhan yang Anda berikan kepada kuda.

error: