45 Makanan Kura Kura Peliharaan, Terbaik!

Posted on

daftarhewan.com. Jenis Makanan kura kura. Kura-kura adalah hewan peliharaan berumur panjang yang unik, menghibur, serta menarik untuk dipelajari dan dilihat.

Perawatan kura-kura peliharaan tidak membutuhkan banyak pelatihan langsung seperti anjing dan kucing, tetapi kura-kura memiliki kebutuhan khusus seperti tangki berukuran tepat, cahaya UVB dari lampu, dan jenis makanan yang tepat.

Tanpa adanya makanan yang tepat, kura-kura bisa sakit atau mati, jadi penting untuk memahami apa yang harus mereka butuhkan, jadwal yang tepat, seberapa sering pemberian makannya, dan apa yang harus dilakukan jika mereka tidak mau makan.

makanan kura kura, makanan kura kura darat, makanan kura kura brazil, makanan kura kura kecil, makanan kura kura air, makanan kura kura pipi putih

Makanan Kura Kura

Makanan yang tepat untuk kura-kura Anda tergantung pada ukuran, spesies, usia, habitat, dan detail lainnya.

Apa yang dimakan kura-kura? Tergantung pada spesiesnya, kura kura ada yang Herbivora seperti Kura Kura Galapagos, kura-kura Aldabra dan Kura-kura Sulcata (hanya memakan tumbuhan), Karnivora (hanya memakan daging), atau Omnivora (memakan tumbuhan dan daging).

Di petshop atau toko hewan peliharaan biasanya menyediakan berbagai produk makanan kura kura dalam bentuk potongan, pelet ataupun serpihan, yang dikhususkan untuk berbagai jenis kura-kura dan memberikan nutrisi seimbang dengan vitamin ataupun mineral yang sesuai untuk menjaga kesehatan kura-kura.

Baca Juga:   Harga 6 Jenis Monyet Kecil Peliharaan

Namun, jenis makanan ini bukan satu-satunya makanan yang bisa dimakan kura-kura, dan bisa lebih sehat dan lebih murah jika menawarkan berbagai makanan segar kepada kura-kura.

Umumnya, kura-kura peliharaan adalah omnivora, artinya mereka memakan daging dan tumbuhan. Baca Juga : Perbedaan Penyu dan Kura-kura

Makanan kura kura sebagai hewan peliharaan dewasa yang khas harus mencakup produk hewani, sayuran, dan buah-buahan.

Kura-kura kecil atau yang lebih muda antara sekitar 7 sampai 10 tahun biasanya membutuhkan bagian yang lebih besar dari makanan hewani. Persentase makanan hewani dan nabati yang dibutuhkan kura-kura peliharaan Anda tergantung pada spesiesnya.

1. Makanan Segar untuk Kura-Kura

Makanan yang populer untuk kura-kura peliharaan, tergantung pada spesiesnya :

Protein: Telur rebus, ulat hongkong, siput, jangkrik, cacing tanah

Sayuran: Jagung, ubi, buncis, bit, wortel, kacang polong, labu, daun wortel, selada, sawi hijau, kangkung, bayam

Buah-buahan: Apel, anggur, stroberi, melon, pisang, kiwi, mangga, tomat, semangka

Bunga: Dandelion (Randa tapak), Geranium, petunia, lili, anyelir

Selain menyediakan berbagai makanan untuk kura-kura serta vitamin dan suplemen, toko hewan peliharaan biasanya menyediakan sumber kalsium tambahan yang diperlukan untuk cangkang yang kuat dan sehat.

Baca Juga:   Tentang Kura-Kura Sulcata, Klasifikasi dan Asal Usulnya

Kulit telur yang diremuk dan dihancurkan, cangkang tiram, serta sotong adalah sumber kalsium yang bagus serta dapat Anda tambahkan ke makanan kura kura Anda secara teratur.

2. Sumber Makanan Hewani

Sumber makanan hewani untuk kura-kura dapat mencakup makanan hewan olahan seperti sarden yang dikeringkan, pelet kura-kura dan umpan ikan.

Anda juga bisa memberi mereka makan ayam cincang, ulat daging sapi, dan daging kalkun yang dimasak.

Mangsa hidup dapat mencakup ulat hongkong, ngengat, jangkrik, udang, krill dan cacing.

Pastikan Anda mendapatkan serangga dari toko hewan peliharaan atau ladang yang belum dikembangkan, atau memeliharanya sendiri, untuk memastikan kualitas dan keamanannya.

3. Sumber Makanan Nabati

Makanan kura kura bersumber dari nabati sebagian besar harus berupa sayuran hijau seperti sawi, dandelion dan sayuran hijau lainnya.

Beberapa sayuran ini, seperti kucai, peterseli, dan bayam, mengandung bahan kimia tingkat tinggi yang disebut oksalat, yang harus Anda hindari.

4. Buah-Buahan

Buah-buahan dapat mencakup apel, melon, pisang, beri, dan mangga, semangka. Anda juga bisa memberi mereka makan tanaman air yang tidak beracun seperti eceng gondok, selada air, dan duckweed.

makanan kura kura, makanannya kura-kura, makanan kura-kura, makanan kura kura brazil, apa makanan kura-kura, makanan kura kura kecil, makanan kura-kura kecil, apa makanan kura kura, makanan kura kura air, kura-kura makanannya, makanan kura kura adalah
Makanan kura kura kecil – via : pinterest.com

5. Jadwal Pemberian Makan

Berapa kali memberi makan kura-kura. Beri makanan kura kura dewasa satu atau dua kali sehari, dan kura-kura remaja satu hingga dua kali sehari, meskipun ini dapat bervariasi tergantung pada spesiesnya.

Berapa banyak memberi mereka kura-kura? Jumlah makanan yang diberikan kepada kura-kura peliharaan Anda tergantung pada spesiesnya.

Sebagai aturan umum, terutama untuk pelet dan makanan tak hidup lainnya, biarkan kura-kura Anda makan sebanyak mungkin dalam waktu sekitar 20 menit, lalu simpan atau buang sisa makanannya.

6. Cara Memberi Makan Kura-kura

Kura-kura air dan kura-kura darat memiliki preferensi yang berbeda dalam hal cara mereka memakan makanannya. Kura-kura air hanya makan di bawah air, jadi Anda harus menaruh makanan di tangki air atau kolam mereka.

Baca Juga:   Kura-Kura Raksasa Aldabra, Terbesar Di Dunia

Jika Anda memiliki kura-kura darat, letakkan makanannya di permukaan yang datar dan keras seperti batu, atau di atas rumput.

Banyak pemilik kura-kura juga memilih untuk memotong campuran sayuran untuk memberi makan mereka, sehingga kura-kura tidak hanya makan satu jenis dan menghindari tanaman lainnya yang mungkin tidak mereka sukai.

Berbagai spesies kura-kura memiliki kebutuhan makanan yang berbeda-beda.

Teliti kebutuhan nutrisi spesies kura-kura Anda, dan hubungi dokter hewan Anda jika ada pertanyaan atau masalah.

7. Waspada Obesitas

Memberi makan kura-kura Anda secara berlebihan dapat membuat mereka bertambah gemuk atau kegemukan (obesitas), menyebabkan mereka kesulitan saat menarik tangan dan kaki ke dalam cangkangnya.

Untuk menghindari makan berlebihan, pastikan kura-kura Anda tinggal di ruang yang cukup besar untuk bergerak bebas. Baca Juga : Harga Kura-Kura

Minimal, tangki harus berukuran 115 liter untuk kura-kura dengan panjang hingga 15 cm, dan hingga 480 liter untuk kura-kura dengan panjang kurang lebih 20 cm.

Memberi makan mangsa hidup kura-kura Anda juga memungkinkan mereka berburu dan berolahraga.

8. Berikan Vitamin

Kura-kura rentan terhadap kekurangan vitamin A jika pola makannya tidak benar. Gejala kekurangan vitamin A pada kura-kura termasuk penurunan nafsu makan, pembengkakan kelopak mata dan telinga, gagal ginjal, dan infeksi paru-paru.

Baca Juga:   Kura-Kura Raksasa Galapagos yang Kian Terancam

9. Apa Makanan Kura-kura di Alam Liar?

Di alam liar atau bebas Kura kura makan apa pun yang mereka temui. Makanan kura-kura beragam tergantung pada faktor wilayah dan apa pun yang bisa ditemui di dalam habitatnya. Kura-kura darat dan kura-kura air mempunyai pola makan yang berbeda.

10. Apa Makanan Kura-kura Air?

Kura-kura air, seperti Labi-labi (Softshell turtles), makan sebagian besar protein yang dapat dijumpai di dalam air. Protein ini dapat terdiri dari:

Ikan, Siput, Jangkrik, laba-laba, Udang karang. Kura-kura air yang ukurannya lebih besar, seperti snapping turtle, dapat memakan bebek atau burung lain yang sedang berenang di permukaan air.

11. Makanan Kura-kura Darat di Alam Liar?

Kura-kura darat, seperti kura-kura gurun, biasanya herbivora, memakan tumbuh-tumbuhan yang mereka temui di wilayah mereka. Makanan yang mungkin mereka makan meliputi:

Daun-daunan, Rumput, Bunga liar, Kaktus dan pir kaktus. Buah-buahan juga seperti strawbery, palmetto berry, blueberry, dan raspberry.

12. Kesimpulan

Kura-kura peliharaan bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan, misalnya serangga kecil, sayuran, buah-buahan, hingga bunga.

Oleh karena itu, pemilik harus menawarkan makanan seimbang yang bervariasi guna menjaga kura-kura yang dipelihara tetap sehat dan bahagia.

Dengan memilih makanan yang beraneka ragam dan memberi makan kura-kura dengan baik, termasuk menambah vitamin dan suplemen dari toko hewan peliharaan untuk memastikan cukup mineral serta vitamin, supaya kura-kura peliharaan pun dapat berumur panjang.