8 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci

daftarhewan.com. Makanan kelinci tidak boleh?. Banyak jenis kelinci di Dunia ini, ada jenis kelinci kecil, jenis kelinci pedaging dan kelinci hias. Orang-orang memelihara kelinci dengan rasa senang dan gembira, namun ada beberapa diantara mereka yang tidak memperhatikan makanan yang boleh dan tidak boleh diberikan pada kelinci.

Makanan Kelinci yang Tidak Boleh

Kelinci piaraan dapat makan sampai 30 kali satu hari hingga mereka memerlukan suplai makanan yang konstan. Kelinci tidak mempunyai keperluan makanan yang serupa seperti umumnya hewan piaraan yang lain, sehingga kita perlu mengenali apa yang dapat dan tidak dapat mereka makan. Yang paling penting, kita perlu tahu makanan apa yang beracun untuk kelinci.

makanan kelinci yang tidak boleh, makanan yang berbahaya untuk kelinci, makanan yang berbahaya bagi kelinci, makanan kelinci beracun

Kelinci makan seledri

Kelinci jangan dikasih makan alpukat, biji buah, atau rhubarb. Bahkan juga sebagian kecil makanan kelinci ini dapat berpengaruh berbahaya. Makanan lain seperti muesli, makanan anjing atau kucing, dan kacang-kacangan tidak beracun untuk kelinci, tapi ini bisa mengakibatkan penyakit dan permasalahan pencernaan, seperti diare, bila dimakan dengan sering. Baca : Hewan peliharaan dan makanannya

Baca Juga:   Apa Itu Grooming Hewan?

Kelinci yang dikasih konsumsi makanan yang pas condong tidak makan makanan yang kurang sehat atau beracun. Itu kenapa penting untuk memberikan kelinci Anda makanan yang sama sesuai jenis dan mengatur tipe makanan yang dapat memacu kegemukan.

Makanan apa yang tidak boleh atau beracun untuk Kelinci ?

Ada makanan yang jangan dikonsumsi kelinci, tapi cuma beberapa yang bakal berpengaruh berbahaya. Makanan beracun ialah makanan yang paling kemungkinan mengakibatkan kematian pada kelinci piaraan. Baca : Makanan sehat dan terbaik untuk Kelinci

Kebalikannya, makanan ‘tidak sehat’ tidak mengakibatkan kelinci mati. Walau demikian, mereka bisa mengakibatkan diare, pengurangan / peningkatan berat tubuh, dan permasalahan kesehatan yang lain.

Baca Juga:   10 Jenis Hewan Peliharaan yang Lucu untuk Anda

1. Alpukat

Alpukat adalah makanan paling beresiko untuk kelinci. Ini karena alpukat memiliki kandungan senyawa beracun yang disebutkan Persin. Bila kelinci makan kebanyakan Persin, mereka akan cepat merasakan permasalahan pernafasan. Ini bisa mengakibatkan gagal jantung dan pada akhirnya kematian dalam beberapa kasus.

Bila satu ekor kelinci makan 1-2 gigitan alpukat, ini kemungkinan tidak mengakibatkan reaksi yang kronis. Tetapi Anda harus tetap mengontak dokter hewan untuk minta saran.

2. Biji buah

Apel tidak apa-apa diberikan untuk kelinci asal jangan terlalu sering saja, tapi biji apel jangan dikasihkan pada kelinci. Biji apel memiliki kandungan senyawa yang beracun untuk kelinci . Maka bila Anda menyuguhkan apel sebagai cemilan, yakinkan semua bijinya sudah Anda buang.

Baca Juga:   Makanan Kelomang, Habitat dan Fakta Unik Lainnya

Tidak cuma apel yang beresiko, tapi juga aprikot, persik, dan plum. Ini memiliki kandungan sejumlah sianida. Kelinci jangan dikasih makan biji buah apa saja bila tidak ingin mereka mengalami reaksi yang menimbulkan kerugian.

3. Rhubarb

makanan kelinci beracun, makanan kelinci yang tidak boleh, makanan yang berbahaya untuk kelinci, makanan yang berbahaya bagi kelinci

Rhubarb, makanan yang tidak boleh untuk Kelinci

Rhubarb ialah iritan yang bisa mengakibatkan reaksi kronis pada kelinci. Ini memiliki kandungan oksalat konsentrasi tinggi. Ini bisa mengusik peresapan kalsium. Maka bila Anda menanam rhubarb di kebun Anda, yakinkan kelinci Anda tidak mempunyai akses. Tanda-tanda keracunan rhubarb mencakup:

  • Mulut lebam atau sakit
  • Mencret (Diare)
  • Perut kembung atau sakit
  • Minum terlalu banyak air
  • Kelinci menjadi lesu tidak bergairah

Walau tanda-tandanya dapat kronis, kematian karena keracunan rhubarb cukup jarang ada, sebaiknya kelinci dibawa ke dokter hewan secepatnya untuk perawatan.

4. Cokelat

Cokelat memiliki kandungan dua tipe metilxantin yang paling beresiko. Sebagai berikut :

Theobromine

Cafein

Makin tinggi kandungan kakao, makin tinggi fokus methylxanthines. Maka bila kelinci Anda makan beberapa kotak cokelat hitam, ini bisa menjadi kondisi kritis. Bahkan juga coklat putih bisa mengakibatkan reaksi kritis pada beberapa kelinci. Menurut PDSA, tanda-tanda keracunan cokelat mencakup:

  • Muntah umumnya terjadi, tapi kelinci tidak dapat muntah
  • Kegundahan
  • Menggelinjang saat Anda coba dan menyentuh perutnya
  • Gemetaran dan tersengal-sengal
  • Temperatur tinggi

Walau sejumlah besar dari kita tidak memberi cokelat pada kelinci, umumnya dari kita meninggalkan paket cokelat 1/2 terbuka di dalam rumah. Ini beresiko saat ada hewan piaraan di rumah. Maka jangan biarkan kotak coklat Anda tinggalkan begitu saja.

5. Sayur allium

Sayur tipe allium bisa mengakibatkan penyakit serius.

  • Bawang Putih
  • Bawang Merah
  • Chives (sejenis Bawang daun / daun bawang)

Permasalahan dengan sayur ini ialah mereka bisa mengakibatkan anemia hemolitik (kehilangan sel darah merah). Ini bisa mengakibatkan pusing, kelemahan, dan pada akhirnya mati bila tidak dirawat. Bila itu tidak cukup, sayur tipe allium dapat mengakibatkan terguncang anafilaksis pada beberapa kelinci.

sayuran untuk kelinci, sayur untuk kelinci, sayuran yang baik untuk kelinci, sayur yang bagus untuk kelinci, sayuran buat kelinci, sayuran yang aman untuk kelinci, makanan kelinci sayuran, sayuran untuk kelinci kecil, sayuran untuk kelinci anggora, sayuran yang boleh untuk kelinci

Kelinci makan wortel

6. Selada iceberg (selada bokor)

Kita betul-betul memandang selada atau kubis sebagai “makanan kelinci,” jadi tentunya itu tidak beracun untuk kelinci. Wujud selada gelap (mis. Romaine) pas untuk kelinci. Tetapi selada iceberg alias selada bokor kurang sehat karena memiliki kandungan bahan kimia beresiko, yang dimaksud adalah lactucarium.

Lactucarium umumnya tidak beresiko dengan jumlah kecil, tapi sejumlah besar selada iceberg bisa mengakibatkan diare serta kelemahan fisik. Kelinci yang masih kecil bahkan dapat mati karena makan kebanyakan selada.

7. Daun kentang

Kentang bukan sumber makanan yang bagus untuk kelinci karena mereka kaya pati. Ini membuat kentang susah di cerna, tapi tidak beracun. Sebagian kecil kentang kemungkinan tidak mencelakakan kelinci. Tetapi sisi atas dan daun kentang dapat beracun untuk kelinci.

8. Makanan buatan yang manis

Saat Anda menyantap kue atau sepotong cake, Anda kemungkinan tertarik untuk memberikan pada kelinci Anda beberapa gigitan, tapi Anda semestinya tidak melakukan. Menurut MSD, makanan bergula tinggi karbohidrat bisa memacu enterotoksemia pada kelinci. Ini ialah kasus diare kronis yang sering berpengaruh fatal.

Enterotoksemia terjadi saat ada perkembangan berlebihan dari bakteri type Clostridium di sekum kelinci (kantong di antara usus kecil dan besar). Bakteri ini melepas toksin yang fatal. Diprediksi jika makanan tinggi karbohidrat dan bergula menggerakkan bakteri untuk berkembang biak.

Walau satu jatah makanan manis mustahil memacu Enterotoxemia, itu dapat terjadi pada kelinci yang paling muda atau kurang kuat. Disamping itu, kelinci yang tidak makan cukup serat benar-benar rawan.

error: