15 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kucing Kampung

Posted on

daftarhewan.com. Sangat bisa dimengerti, terkadang kita sebagai pemelihara Kucing ingin memberikan suatu makanan yang tidak biasa atau variasi lain untuk diberikan pada Kucing peliharaan.

Tetapi disamping itu, sangat penting untuk mengetahui makanan yang tidak boleh dimakan kucing, khususnya Kucing kampung yang banyak dipelihara di Indonesia.

Karena banyak makanan manusia yang menurut manusia sangat enak, namun beracun bagi anabul (anak bulu) kita.

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kucing Kampung

Beberapa jenis makanan yang sangat beracun bagi kucing yaitu bawang merah dan bawang putih, telur & daging yang mentah, alkohol, coklat, anggur dan juga kismis.

makanan yang tidak boleh dimakan kucing, makanan yang tidak boleh dimakan kucing kampung, makanan apa yang tidak boleh dimakan kucing, makanan apa saja tidak boleh di makan kucing, apa saja makanan yang tidak boleh dimakan kucing, makanan kucing yang tidak boleh dimakan, makanan apa saja yang tidak boleh dimakan kucing, buah yang tidak boleh dimakan kucing, makanan yang tidak boleh dimakan kucing dewasa

Berikut Informasi Selengkapnya :

1. Alkohol

Makanan atau minuman yang mengandung alkohol di dalamnya bisa menyebabkan masalah kesehatan serius pada hewan peliharaan seperti Kucing, seperti muntah, diare, sulit bernapas, koma, dan kematian.

2. Anggur

Alasan kenapa anggur serta produk turunannya seperti kismis beracun pada kucing belum diketahui, tetapi ada bukti bahwa memberi makan kucing serta anjing berupa anggur dan kismis dapat mengakibatkan kucing terkena penyakit gagal ginjal.

Baca Juga:   Apa Kucing Cacingan Bisa Sembuh Sendiri?

3. Beberapa sayuran dan rempah-rempah

Walaupun kucing bisa memakan beberapa sayuran tetapi bawang merah, daun bawang, bawang putih, bawang bombay sangat berbahaya bagi kucing, karena dapat menyebabkan masalah pencernaan atau bahkan mungkin kerusakan sel pada darah merah.

Makanan yang mengandung sayuran atau rempah-rempah ini, seperti roti yang mengandung bawang putih, juga harus dihindari.

4. Buah Jeruk

Berbagai macam jenis jeruk seperti lemon, jeruk, clementine, limau, dan jeruk bali mengandung asam sitrat serta minyak esensial yang bisa menyebabkan masalah pada kucing.

Baik daun, batang, kulit, buah, serta biji, semuanya itu harus dihindari. Walaupun dalam jumlah kecil kemungkinan hanya akan mengakibatkan sakit perut, jumlah besar dapat menyebabkan diare atau mencret, muntah, serta depresi sistem saraf pusat.

5. Cokelat

Salah satu kandungan Cokelat adalah zat yang disebut methylxanthines (khususnya, kafein dan theobromine) yang berbahaya serta beracun bagi Kucing peliharaan, lalu bisa menyebabkan muntah, diare, kejang, tremor, dan kematian.

Konsentrasi methylxanthines beragam di antara berbagai jenis cokelat. Bubuk kakao adalah yang paling beresiko, sedangkan cokelat putih adalah yang paling sedikit.

6. Daging mentah atau setengah matang

Mirip dengan telur mentah, daging mentah atau setengah matang dapat terkontaminasi bakteri Salmonella dan E. coli.

Baca Juga:   Kucing Ras Burmese, yang Berkarakter Seperti Anjing

Layanan Nutrisi Klinis mengabarkan bahwa sering melihat tanda-tanda gastrointestinal (biasanya diare) pada Kucing yang mengonsumsi makanan berbasis daging mentah.

7. Garam

Ketika diberikan dalam jumlah besar, garam atau makanan asin dapat menyebabkan Kucing muntah, diare, kejang, tremor sampai mengakibatkan kematian.

8. Ikan mentah

Seperti telur dan daging mentah, ikan mentah bisa membawa bakteri penyebab keracunan makanan.

9. Kacang

Jenis kacang seperti Kacang macadamia mengandung racun bagi hewan peliharaan seperti Kucing. Seperti halnya pada anggur, mekanisme pasti potensi racun tidak diketahui.

Jenis kacang lainnya juga, termasuk kacang almond, kacang pecan, dan walnut, punya banyak kandungan minyak serta lemak yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan bahkan berpotensi mengakibatkan radang pankreas pada kucing.

10. Kelapa

Baik daging kelapa, air kelapa, santan maupun daging kelapa muda segar dapat mengakibatkan masalah pencernaan pada Kucing. walaupun, dalam jumlah yang kecil tidak akan begitu menyebabkan kerusakan yang serius.

Air kelapa mengandung potasium yang sangat tinggi, oleh karena itu aman untuk Kucing, meskipun minyak kelapa mungkin bermanfaat untuk sejumlah masalah kulit kucing. Konsultasikan dengan dokter hewan sebelum minyak kelapa sebagai obat holistik atau memasukkan ke dalam makanan kucing kampung Anda.

11. Kopi

Seperti halnya cokelat, dalam kopi terkandung kafein methylxanthine oleh karena itu dapat mempunyai efek yang sama.

Baca Juga:   Seluk-beluk Kucing Ras Oriental, Si Energik Berwajah Unik

12. Produk susu

Memberi makan produk susu untuk pakan kucing bisa mengakibatkan masalah pencernaan, karena banyak kucing yang tidak toleran terhadap laktosa serta tidak dapat memproses produk susu (keju dan yogurt) dengan baik.

Cara aman yaitu menghindari susu dan produk turunannya sama sekali, tetapi Anda dapat bertanya pada dokter hewan apakah alternatif lain yang bebas laktosa adalah cara pengobatan yang dapat diberikan.

13. Ragi

Adonan roti biasanya mengandung ragi. Adonan ragi dapat mengembang serta menyebabkan gas menumpuk pada sistem pencernaan kucing.

Hal tersebut dapat mengakibatkan perut kucing kembung, bahkan sampai melilit, yang merupakan kondisi fisik yang berakibat fatal. Disamping itu, ragi juga menghasilkan alkohol sebagai produk sampingannya.

14. Telur mentah

Telur mentah dapat mengangandung bakteri Salmonella. Tanda-tanda infeksi termasuk muntah, diare, dan demam.

Dalam telur mentah juga terkandung avidin, enzim yang menghalangi kucing menyerap biotin, vitamin penting untuk kesehatan kulit dan bulunya.

15. Xylitol

Xylitol adalah pemanis yang umum dalam makanan-makanan kemasan seperti permen karet yang dapat menyebabkan lesu, muntah, dan gagal hati pada Kucing.

Itulah informasi tentang makanan yang tidak boleh dimakan kucing kampung dan jenis-jenis Kucing peliharaan lainnya seperti persia, anggora dan lain-lain.