8 Jenis Mamalia Terbang Melayang

daftarhewan.com. Mamalia terbang. Kelelawar ialah satu mamalia yang mempunyai kebolehan untuk terbang. Kelelawar dikelompokkan dalam ordo Chiroptera, yang seterusnya dipisah lagi jadi subordo Yangochiroptera dan Yinpterochiroptera. Kaki depan dikembangkan jadi sayap yang memungkinkannya mereka untuk menjaga keseimbangan saat melakukan penerbangan.

Burung-burung yang beterbangan antara pohon-pohonan sampai mengangkasa pada ketinggian, sudah jadi panorama yang umum. Tetapi, tidak begitu dengan mamalia. Mayoritas mamalia yang sering kita temui di kehidupan setiap hari, biasanya tidak mempunyai sayap, hingga hanya bisa melakukan pergerakan dengan jalan atau lari.

Tetapi, semesta tidak semonoton itu, kan? Alam raya jadi suaka istimewa untuk bermacam spesies dengan karakter yang tidak diduga. Terhitung juga, beberapa jenis mamalia yang bisa terbang dan melayang-layang di udara. Bisa menerka satu atau dua antara spesies itu? Baca secara lengkap, ya.

Hewan Mamalia Terbang

Berikut 8 mamalia terbang yang hidup di seluruh penjuru dunia:

1. Kelelawar

kelelawar mamalia merupakan, kelelawar merupakan mamalia catatan informasi, kelelawar merupakan mamalia brainly, kelelawar merupakan mamalia gunakan kata atau frasa benda nomina, apakah kelelawar mamalia, kelelawar binatang mamalia, kelelawar dan mamalia, arti kelelawar mamalia, kelelawar mamalia atau bukan, kelelawar dalam mamalia kelelawar merupakan hewan mamalia, kelelawar termasuk hewan mamalia, apakah kelelawar itu mamalia, apa kelelawar itu mamalia

Saat mengulas mamalia terbang, pasti kelelawar jadi substansi yang pertama kalinya tebersit dalam ingatan. Kelelawar sebagai satu-satunya mamalia yang bisa terbang secara terus menerus dengan sayapnya. Tetapi, tidak mirip burung yang bisa mengepakkan sayap sebagai lengan, kelelawar malah melebarkan kaki dan tangan mereka yang panjang untuk menghamparkan selaput tipis yang disebutkan patagium, sebagai peralatan terbang mereka.

2. Anomalure

mamalia terbang, mamalia yang bisa terbang, hewan mamalia yang bisa terbang

Anomalure – via : zoochat.com

Walau terkenal dengan panggilan “tupai terbang bersisik”, mereka adalah semacam tikus asal Afrika yang mempunyai anatomi seperti tupai terbang. Anomaluridae terdiri dari 3 genus, dengan 7 spesies yang sebagai wakil mamalia terbang. Anomalure mempunyai bentang selaput dari kaki belakang ke kaki depan, yang bisa menyangga mereka di udara.

3. Greater glider

mamalia bergerak dengan cara terbang, mamalia apa yang bisa terbang, 3 contoh mamalia terbang, sebutkan contoh mamalia terbang, nama hewan mamalia terbang, yang termasuk mamalia terbang, mamalia hewan bisa terbang, macam macam mamalia terbang, mamalia yang bisa terbang tts, sebutkan mamalia terbang

Marsupial asal dari Australia ini hewan noktural yang termasuk herbivora dan memiliki sifat soliter. Mereka hidup di hutan pohon eukaliptus daerah Queensland, dengan warna abu-abu condong putih dan ada juga yang memiliki warna cokelat kehitaman. Untuk melaju dari pohon ke pohon, mereka memakai selaput kulit yang menghampar dari pergelangan kaki ke siku tangan.

Baca Juga:   10 Hewan Khas Papua yang Langka dan Dilindungi

4. Kubung

Sunda flying lemur, kubung

Sunda flying lemur

Terdiri dari 2 spesies yang sekarang masih exist, kubung berhabitat di daerah Asia Tenggara dan memiliki sifat arboreal. Antara mamalia yang bisa melayang-layang dengan proses sama, kubung mempunyai patagium yang terbesar dan sanggup melewati jarak 70 meter dengan ketinggian yang cukup stabil.

5. Petaurus

contoh mamalia terbang, mamalia dapat terbang cari makan di malam hari, mamalia yang dapat terbang adalah, mamalia yang bisa terbang adalah, mamalia terbang yang bernapas menggunakan paru-paru adalah, hewan mamalia dapat terbang adalah, mamalia bersayap yang bisa terbang adalah, contoh mamalia bisa terbang

Jenis wrist-winged glider serta phalanger terbang termasuk dalam genus marsupial arboreal. Petaurus memiliki sifat nokturnal dan melaju dari pohon ke pohon menghamparkan kulit antara pergelangan tangan serta pergelangan kaki mereka. Dengan proses “terbang” semacam ini, mereka bisa meniti jarak sampai lebih dari 140 meter.

6. Posum terbang kerdil

contoh mamalia bisa terbang

Datang dari family Acrobatidae, posum terbang kerdil sebagai satu dari dua genus, yang masing-masing melingkupi satu spesies. Mamalia kecil seukuran tikus ini melayang-layang di udara dan bisa kamu temui di daerah Australia.

Baca Juga:   Hewan yang Memakan Kotorannya Sendiri

7. Sifaka

monyet ekor panjang, binatang ekor panjang, binatangnya ekornya panjang, binatang yang ekornya panjang, hewan berekor panjang, harga seperti monyet ekor panjang, binatang ekor panjang no togel, makanan monyet ekor panjang

Masih termasuk bangsa lemur, sifaka yang berekor panjang mempunyai kekuatan melayang yang terbatas. Primata ini memercayakan bulu-bulu lengan yang cukup tebal serta selaput kecil di bawah lengan mereka untuk mengusung badannya saat akan melompat dan mengudara.

8. Tupai terbang

Tupai terbang

Selainnya kelelawar, tupai terbang cukup terkenal sebagai mamalia “terbang”. Tetapi, pada realitanya, makhluk nokturnal ini tidak mempunyai sayap yang mengepak dan cuma memercayakan tulang lunak di area pergelangan maupun siku mereka.

Saat beralih dari 1 pohon ke pohon yang lain memiliki jarak lumayan jauh, tupai terbang meregangkan tulang rawan itu untuk menghamparkan patagium antara pergelangan tangan serta pergelangan kaki. Anatomi itu bertindak selaku parasut sepanjang penerbangan terjadi, sampai landing dengan cengkeraman yang kuat pada tangkai pohon yang dimaksud.

error: