Manfaat Melestarikan Hewan dan Tumbuhan Bagi Kehidupan

daftarhewan.com. Dalam kurun waktu empat dekade terakhir, kita sudah kehilangan begitu banyak spesies. Kurang-lebih 10.000 spesies harus hilang dalam satu tahun. Penyebabnya sudah sering disebutkan. Tidak jauh dari pengawahutanan (deforestasi), populasi berlebih, perubahan iklim, budaya konsumsi, eksploitasi hewan, dan penyebab lain yang didalangi oleh manusia.

manfaat melestarikan hewan dan tumbuhan, manfaat melestarikan hewan langka, manfaat melestarikan hewan di bidang pendidikan, manfaat melestarikan hewan bagi bidang pendidikan, manfaat melestarikan hewan langka bagi kelangsungan hidup rakyat indonesia, manfaat melestarikan hewan dan tumbuhan langka, cara melestarikan hewan adalah, bagaimana cara melestarikan hewan agar tidak punah, cara melestarikan hewan langka agar tidak punah, bagaimanakah cara melestarikan hewan agar tidak punah, apa manfaat pelestarian hewan langka, apa manfaat pelestarian hewan dan tumbuhan

Ilustrasi pelestarian dan perlindungan hewan badak – via : piercecountycd.org

Memang, tidak ada spesies yang abadi. Namun para ahli memperkirakan, kalau kepunahan yang terjadi sekarang sampai 1.000 dan 10.000 kali lipat lebih tinggi dari tingkat kepunahan alami. Angka ini tentu harus membuat kita resah sekaligus tergugah untuk berubah. Publik dan para politisi mesti menajamkan perhatian. Bersama-sama bergerak melestarikan hewan dan tumbuhan.

Baca Juga:   10 Contoh Metamorfosis Paling Dramatis di Dunia Hewan

Memangnya, apa manfaat melestarikan hewan dan tumbuhan bagi kehidupan manusia:

Ketahanan Pangan

Konservasi atau perlindungan satwa liar rupanya berpengaruh terhadap ketahanan pangan. Mencegah deforestasi serta mengembangkan pembangunan habitat hutan bisa membantu misi pelestarian keanekaragaman hayati. Sehingga karbon terserap, erosi menjauh, dan peluang ekonomi baru akan terbuka.

Perlindungan margasatwa juga membuat keanekaragaman hayati pertanian tetap terjaga. Sehingga sistem pangan kita tetap aman dan bahkan berkembang. Jika lahan pertanian mengorbankan habitat margasatwa, erosi tanah akan begitu masif. Tentu berdampak buruk pada kesehatan, nutrisi, serta keragaman sumber makanan. Baca : Cara Melindungi Hewan Langka

Kesehatan Masyarakat

Conservation International menyatakan bahwa ada lebih dari 90% obat-obatan tradisional atau natural yang berasal dari tanaman serta hewan, sedangkan obat-obatan modern ada lebih dari 50%. Bahkan banyak obat-obatan dari alam yang tidak bisa diganti dengan sederhana oleh obat alternatif buatan atau sintetis.

Baca Juga:   Mengenal Hewan yang Hidup di Air dan Penjelasannya

Keanekaragaman hayati dan ekosistem mempromosikan penyangga vital antara manusia dan penyakit. Keduanya juga mengurangi polusi udara dan air, serta mengatur perubahan iklim. Beberapa penelitian bahkan menjelaskan keterkaitan antara berkurangnya keanekaragaman hayati bisa meningkatkan penularan penyakit hewan terhadap manusia.

Menciptakan Peluang

Peluangnya bisa dari segi ekonomi, budaya, dan sosial. Adanya sumber daya yang tidak berkelanjutan seperti industri perburuan liar, industri daging, industri arang, dll, bisa menambah kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin. Sementara itu, pelestarian ekosistem dan keanekaragaman hayati bisa menambah produktivitas pertanian. Jika keadaan alam sehat, bukan tidak mungkin hal ini menjadi daya pikat bagi para wisatawan. Ekonomi terangkat dan peluang investasi semakin terbuka. Proyek pelestarian atau konservasi juga bisa mengeratkan hubungan masyarakat, sebab mereka akan bekerja sama sebagai tim.

Baca Juga:   Daftar Hewan Terancam Punah di Kalimantan

Aset paling berharga di bumi ini adalah hewan, tanaman, tanah, air, atmosfer, dan manusia itu sendiri. Semuanya pasti saling memengaruhi. Hubungan kurang baik antara manusia dan alam berisiko sangat besar. Kita berpeluang kehilangan keanekaragaman hayati dan ekosistem. Tidak ada pengganti terbaik untuk keduanya.

Warisan yang layak untuk generasi berikutnya semakin menepis. Hal mengerikan terakhir yang mengancam yaitu kepunahan spesies kita sendiri. Manfaat Melestarikan Hewan dan Tumbuhan Bagi Manusia. #RD

error: