9 Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan

Posted on

daftarhewan.com. Manfaat memelihara hewan. Apa manfaatnya memelihara hewan? Bukanlah menyusahkan, ya?

Beberapa pasti berpikir begitu. Tetapi ada sebagian yang lain benar-benar menghargai peran binatang atau hewan yang selalu menemaninya. Seperti yang kita rasakan, mempunyai rekan ialah sesuatu yang menjadi sumber segala rasa.

Entahlah itu nyaman, terhibur, bahagia dan perasaan yang lain menyadarkan, jika kita memang perlu seorang atau suatu hal sebagai teman.

manfaat hewan peliharaan, manfaat hewan, 10+manfaat+hewan+bagi+manusia, manfaat memelihara hewan, manfaat memelihara hewan peliharaan, manfaat hewan peliharaan bagi manusia, manfaat memelihara hewan peliharaan dapat melatih rasa, apa manfaat memelihara hewan peliharaan, berikan contoh manfaat hewan peliharaan bagi manusia, apa manfaat hewan peliharaan bagi kita, manfaat memiliki hewan peliharaan

Salah-satu teman terbaik yang dapat kita andalkan rupanya datang dari hewan. Biasanya, orang menjadikan kucing atau anjing sebagai binatang peliharaan. Tetapi banyak pula orang yang tidak memilih peliharaan mainstream itu.

Baca Juga:   12 Contoh Hewan yang Bermanfaat Bagi Manusia

Ada yang menjatuhkan opsi pada ikan, burung, kelinci bahkan juga hewan yang lain anti-mainstream. Entahlah itu ular, kambing, buaya, monyet, musang, iguana dll.

Jika chemistry dengan hewan itu telah terjaga, rasanya itu ibarat mutual. Sang hewan dan majikannya seakan-akan dapat sama-sama bersandar. Hewan akan mendapatkan jatah makanan, tempat berlindung dan kasih-sayang. Demikian pula dengan tuannya, yang seolah berutang budi karena peliharaannya itu dapat membuat nyaman, tidak hampa, senang dan ada rasa senang tersendiri.

Manfaat Memelihara Hewan

Karena itu, tidak bakal ada istilah ‘merepotkan’ jika pencinta hewan sejati memelihara seekor binatang. Bahkan juga, ia akan memandang hewan itu sebagai keluarga atau sisi penting dalam kehidupannya. Tidak mengagetkan bila seorang dapat menangis seperti kehilangan orang tersayang, pada saat si hewan mati.

Lantas apa manfaat memelihara hewan peliharaan?

1. Dampak Baik Pada Kesehatan

Hewan peliharaan menjadi rekan sekaligus penghibur sejati yang pantas diperhitungkan. Karena untuk beberapa orang, mempunyai rekan sejati ialah suatu hal yang melegakan hati.

Mereka dapat mengalihkan kita dari beberapa pikiran berat, menghibur saat sepi, saat stres, memberikan warna saat bosan, dll. Mereka membuat kita menjauhi resiko depresi atau stress. Hewan dapat menjadi ‘perawat’ yang luar biasa untuk orang yang pernah alami kejadian traumatik masa lalu.

2. Teman dekat Setiap Waktu

Teman dekat dapat berasal dari mana saja. Siapa saja dan apa saja itu. Perbedaannya, tidak seluruhnya teman dekat dapat menemani kita sepanjang waktu. Disini satu ekor hewan mengambil peran.

Mereka memanglah tidak dapat bicara atau berpikir, tetapi kehadirannya saja bisa membuat kita hangat. Mereka tentunya benar-benar bernilai, lebih lagi untuk beberapa orang yang rentan merasa kesepian. Baik itu orang lansia, orang yang hidup sebatang kara atau mereka yang tidak suka dengan kesendirian.

3. Mengajari Kesabaran

Sama seperti yang kita ketahui, hewan itu mempunyai otak tetapi tidak dapat berpikir. Kitalah yang perlu memandikan, membersihkan, mendandani, memberikan makan atau mengajari rutinitas-kebiasaan sederhana.

Semuanya akan susah dilaksanakan bila kita bukan tipikal penyabar, atau belajar untuk sabar. Otomatis, hewan itu memapah kita agar bertambah sabar, bertanggungjawab sekaligus kalem.

Baca Juga:   15 Manfaat Burung Bagi Manusia dan Lingkungan

4. Membuat Kita Selalu Aktif

Hidup pasif itu ibarat menyenangkan, tetapi rupanya tidak. Lebih lagi, pasif membuat kita tidak produktif. Tetapi kehidupan menjemukan itu dapat berkurang bahkan juga lenyap pada saat kita menjaga seekor hewan. Mereka dapat dibawa bermain, jalan-jalan atau jogging. Jika kita suka olahraga, hewan ini akan siap jadi rekan.

5. Menjalin Ikatan Keluarga atau Persahabatan

Telah disinggung sebelumnya, ikatan batin di antara hewan dan pemiliknya dapat kuat bersamaan dengan berjalannya waktu. Tidaklah aneh jika hewan itu sampai dianggap teman dekat atau bahkan juga bagian dari keluarga. Disamping hidup seatap atau minimal berdekatan, hewan peliharaan jadi pihak yang selalu ada di saat senang atau duka.

6. Makna Khusus Bagi Lansia atau Orang yang “Kekurangan”

ikan koki terbesar di dunia, ikan mas koki terbesar, ikan koki besar, ikan mas koki terbesar di dunia, ikan koki biasa, ikan koki ikan koki, ikan koki raksasa, ikan koki bagus, ikan koki terbagus, ikan mas koki paling besar, ikan koki terbesar
Seorang nenek memelihara ikan koki terbesar

Hewan peliharaan menjadi kawan dekat, sekalian sosok yang mengurangi tekanan kehampaan hidup. Peranan itu sangat dirasa benar oleh beberapa lansia atau orang lanjut usia, dan mereka yang memiliki kekurangan. Beberapa orang itu akan membuat mereka lebih bergairah, bertanggung jawab dalam kehidupan, bahkan juga dapat mengurangi rasa kurang percaya diri.

Baca Juga:   30 Nama Hewan Ternak dan Manfaatnya

7. Membentuk Karakter

Kepribadian atau karakter dapat terjaga karena rutinitas yang digerakkan secara simultan. Sama seperti yang kita bahas sebelumnya, hewan membutuhkan perawatan dan kesabaran dari pemiliknya.

Dari semuanya, kita secara tidak sadar tengah membuat dan memperkuat watak yang dimiliki. Untuk belajar sabar, disiplin, lebih terorganisir, dll. Kita belajar untuk mendidik sekalian bertanggungjawab. Proses membuat karakter ini berlaku untuk anak.

8. Membantu Proses Pertemanan

Mempunyai hewan peliharaan tidak berarti menutup diri untuk merajut persahabatan dengan manusia. Justru kita dapat meluaskan mitra atau relasi, misalkan mengobrol dengan sama-sama pemilik hewan peliharaan.

Peluang itu dapat kita peroleh saat lari pagi, jalan-jalan sore, datang ke dokter hewan, atau sekedar berselancar di dunia maya atau internet. Topik mengenai hewan peliharaan kita menjadi suatu hal yang menyatukan dan memperlancar hubungan.

9. Mengganti Bad Mood jadi Good Mood

Hewan peliharaan menjadi tambahan alasan untuk kita untuk selalu tersenyum. Saat mengalami suasana hati swing, hewan peliharaan menjadi sosok penghibur yang membuat kita baikan. Mereka tidak memeluk dengan baik atau menghibur melalui kalimat bijaksana.

Baca Juga:   12 Daftar Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit

Mereka mempunyai triknya tersendiri. Bisa jadi kucing piaraan itu cuman menggosok-gosokkan tubuhnya pada kaki kita, burung piaraan itu bernyanyi, menceriakan dan menentramkan pikiran kita, atau ikan itu hanya berenang di kolam dengan tenang, dll. Gesture yang tanpa disadari membuat keceriaan kita bisa kembali.

Kemungkinan ada banyak lagi keuntungan lainnya dari memelihara hewan. Kamu memelihara hewan ? Supaya list-nya lengkap, silahkan bagikan manfaatnya di kolom komentar

One thought on “9 Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan

Comments are closed.