Mata Kucing Berselaput, Penyebab dan Cara Mengobatinya

daftarhewan.com. Apa itu Mata Kucing Berselaput? Meskipun penyakit mata biasanya lebih jarang terjadi terhadap kucing daripada anjing, Anda harus segera memeriksakan kucing Anda ke dokter hewan jika mata kucing Anda terlihat keruh seperti ada awan di matanya atau mata kucing berselaput.

mata kucing berselaput, mata kucing berselaput putih, penyebab mata kucing berselaput putih, mata kucing berselaput dan mencret, penyebab mata kucing berselaput, cara mengobati mata kucing berselaput, mengobati mata kucing berselaput, mata kucing bengkak dan berselaput, penyakit mata kucing berselaput, mata kucing berselaput dan berair, salep mata kucing berselaput

Mata kucing berselaput seperti awan putih – via : medium.com

Karena mata keruh bisa menjadi tanda dari sejumlah kondisi mata yang serius, perhatian dokter hewan harus segera dicari untuk memastikan prognosis terbaik untuk penglihatan kucing Anda. Baca juga : Mata Kucing Berair?

Mata kucing berselaput bisa menjadi tanda beberapa penyakit mata pada kucing. Ini termasuk, namun tidak terbatas pada: ulserasi kornea, keratitis, katarak, dan glaukoma. Sejumlah penyakit pada kornea dan lensa dapat ditandai dengan mata keruh. Ada juga penyebab non-infeksi sekunder, seperti paparan racun atau bahan kimia tertentu.

Gejala Mata Berselaput Pada Kucing:

Segera cari pertolongan dokter hewan jika Anda melihat salah satu dari gejala berikut ini:

  • Sering Menggosok mata
  • Produksi air mata berlebih
  • Sensitivitas cahaya
  • Tanda-tanda nyeri
  • Menyipitkan mata dan berkedip cepat
  • Biasanya satu mata tampak lebih besar dari yang lain
  • Kebingungan atau disorientasi
  • Demam dan Kucing mencret
  • Bersin
Baca Juga:   13 Fakta Tentang Kucing Persia, yang Penuh Pesona

Penyebab Mata Kucing Berselaput Putih

Ada beberapa penyebab selaput mata pada kucing. Penyebab utama termasuk penyakit, yang mungkin juga melibatkan penyebab sekunder dan tidak menular seperti trauma dan paparan bahan kimia. Setiap penyebab dijelaskan secara mendalam di bawah ini.

1. Ulserasi Kornea

Ulkus kornea (Corneal Ulceration) dapat terjadi karena sejumlah alasan, seperti trauma benda tumpul pada mata, paparan bahan kimia, atau infeksi. Bisul di kornea terbentuk ketika epitel, lapisan tipis sel pelindung sepenuhnya ditembus. Sel inflamasi memasuki stroma di bawah epitel, yang menyebabkan mata terlihat seperti keruh.

2. Keratitis

Kondisi ini ditandai dengan peradangan dan pembengkakan kornea mata kucing. Keratitis dapat dikaitkan dengan sejumlah penyebab sekunder, seperti infeksi dan cedera. Keratitis sering kali disebabkan oleh virus herpes kucing.

3. Katarak

Kucing biasanya mengembangkan katarak karena peradangan, penyakit sistemik, atau trauma pada lensa daripada usia tua. Usia tua menyebabkan penebalan lensa yang disebut nuclear sclerosis, tetapi katarak adalah masalah yang berbeda. Katarak ditandai dengan mata seperti berawan dan kehilangan penglihatan sebagian sampai penuh.

4. Glaukoma

Penyakit yang tidak dapat disembuhkan ini terjadi ketika cairan aqueous di dalam mata berhenti mengalir dengan baik. Penumpukan cairan ini menyebabkan tekanan pada saraf optik sehingga menyebabkan kerusakan saraf. Kerusakan saraf ini akan sangat mengganggu penglihatan kucing Anda. Sayangnya, pada saat tanda-tanda terwujud, kehilangan penglihatan parsial telah terjadi.

Baca Juga:   Cara Kucing Berkembang Biak dan Beranak?

Diagnosis Mata Berselaput pada Kucing

Dokter hewan Anda akan membuat diagnosis tentatif berdasarkan pemeriksaan fisik menyeluruh, riwayat kesehatan lengkap, dan presentasi tanda. Pastikan untuk memberi tahu dokter hewan tentang sejauh mana dan durasi tanda-tanda kucing Anda, serta riwayat masalah mata atau cedera traumatis sebelumnya yang Anda ketahui.

Dokter hewan Anda dapat mencapai diagnosis pasti melalui sejumlah tes, dan akan memilih metode yang paling tepat berdasarkan penyakit atau penyebab yang dicurigai. Tes ini mungkin termasuk: pewarnaan kornea, kultur sel, pemeriksaan mikroskopis jaringan kornea, dan penggunaan tonometer untuk menguji tekanan lensa intraokular.

mata kucing berselaput, cara mengobati mata kucing berselaput putih, penyebab mata kucing berselaput putih, mata kucing berselaput dan mencret, penyebab mata kucing berselaput, mengobati mata kucing berselaput, cara mengobati mata kucing berselaput, mata kucing berselaput merah, penyakit mata kucing berselaput, mata kucing berselaput dan berair, mata kucing berselaput hitam, salep mata kucing berselaput

Mata kucing berselaput putih parah – via : kedimag.com

Cara Mengobati Mata Kucing Berselaput Putih

Perawatan akan bervariasi tergantung pada penyebab yang mendasari dan tingkat keparahan kondisi.

Ulserasi kornea dan keratitis biasanya diobati dengan obat tetes mata dan salep antibiotik dan pereda nyeri. Perawatan antibiotik mungkin diberikan beberapa kali sehari. Tetes atau salep pereda nyeri biasanya diberikan lebih jarang, dari setiap dua belas hingga empat puluh delapan jam. Jika keratitis disebabkan oleh virus herpes kucing, pengobatan mungkin lebih invasif.

Katarak, meskipun tidak dapat disembuhkan, dapat dikelola dengan mengobati penyebab sekunder dari kondisi tersebut, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes. Katarak sering kali diperbaiki dengan pembedahan, yang berhasil pada banyak kasus. Operasi ini melibatkan pengangkatan katarak dan penanaman lensa sintetis.

Baca Juga:   Kucing Bengal, Ras Domestik yang Mirip Macan Tutul

Tidak ada obat untuk glaukoma, bisa disebut mata kucing berselaput putih yang parah. Pengobatan bersifat paliatif, atau dilakukan untuk meredakan nyeri kucing daripada menyembuhkan kondisi yang mendasarinya. Dokter hewan Anda mungkin meresepkan steroid dan obat tetes mata khusus untuk mengurangi peradangan dan tekanan. Ini dapat memperlambat perkembangan kehilangan penglihatan.

Dokter hewan Anda akan dapat memberi tahu Anda tentang rencana perawatan dan pemulihan, merujuk Anda ke dokter mata, berdasarkan kebutuhan kucing Anda.

Pengobatan dan prognosis akan bervariatif bergantung di tingkat keparahan keadaan dan efektifitas penyembuhan. Selalu turuti perintah dokter hewan saat perawatan atau saat operasi dengan berhati-hati. Baca : Kenapa Kucing Muntah-muntah?

Penting untuk Anda untuk memberi obat antibiotik sepanjang waktu penyembuhan yang direferensikan bahkan juga bila keadaannya mulai lebih baik. Ketidakberhasilan untuk melakukannya bisa mengakibatkan kekambuhan yang agresif atau kehilangan penglihatan.

Ulserasi kornea dan keratitis condong mulai pulih dalam tiga sampai lima hari dengan pengobatan. Beberapa bisul yang disebabkan karena infeksi kemungkinan memerlukan waktu semakin lama untuk pulih. Dokter hewan Anda akan memberitahu Anda berdasar pertanda kucing Anda.

Untuk katarak dan glaukoma, dokter hewan Anda kemungkinan mengagendakan janji tindak lanjut bila dibutuhkan untuk mengawasi keadaannya. Bila mata kucing berselaput tidak juga lebih baik atau terlihat makin kronis walau telah diobati, segera kontak dokter hewan khususnya yang menangani kucing.

error: