10 Fakta Megalodon, Hiu Besar yang Mengerikan

daftarhewan.com. Megalodon besar. Hiu Megalodon berukuran raksasa, tiba-tiba terkenal semenjak Hollywood mengusung substansinya dalam film The Meg yang tampil pada Agustus 2018 lalu yang dibintangi Jason Statham dan Li Bingbing. Ukuran gigantik, kegarangan, dan kemampuan Megalodon membuat spesies hiu ini terlihat menakutkan sekaligus mengagumkan.

Kesan-kesan yang dalam di pikiran khalayak, membuat Megalodon sebagai salah satunya makhluk ikonis baru dalam pop culture. Bukti-bukti ilmiah dan spekulatif mengenai Megalodon juga sering dibicarakan. Apa sajakah?

megalodon fossil, megalodon fosil, megalodon besar, megalodon teeth, megalodon tooth, a megalodon picture, megalodon, megalodon asli, megalodon adalah, megalodon dinosaur

Fakta Tentang Megalodon

Berikut 10 Fakta Tentang Megalodon, yang memikat perhatian dunia:

1. Ukuran Gigi Megalodon

Rerata, gigi Megalodon dewasa terlepas saat memiliki ukuran 10 – 12 cm. Tetapi, diketemukan juga fosil gigi Megalodon yang memiliki ukuran lebih dari 7 inchi (17 cm), bahkan juga yang paling besar menggapai 7,48 inchi (nyaris 19 cm). Jika dilakukan perbedaan dengan ukuran gigi hiu putih raksasa yang sekitar 3 inchi (7 cm), rahang Megalodon diprediksi menggapai 2,1 mtr.

Baca Juga:   9 Penyakit Ikan Arwana dan Obatnya

gigi megalodon, megalodon fossil, megalodon fosil, megalodon besar, megalodon teeth, megalodon tooth, a megalodon picture, megalodon, megalodon asli, megalodon adalah, megalodon dinosaur

2. Makanan Megalodon

Ikan gigantik, Megalodon besar ini pasti membutuhkan makanan yang lumayan banyak. Diprediksi, Megalodon dewasa memakan makanan sekitaran satu ton setiap hari. Dengan modal ukuran badan dan giginya yang super besar, Megalodon mampu memakan paus, sapi laut, dan singa laut. Jika manusia, kelihatannya cuman jadi cemilan!

3. Fosil Megalodon

Menariknya, fosil Megalodon yang diketemukan pada semua penjuru bumi, biasanya berbentuk gigi. Karena, seperti hiu yang lain, Megalodon kehilangan gigi di umur dewasa dan gigi yang terlepas atau patah itu lalu jadilah fosil. Sampel gigi raksasa Megalodon ini jadi benda sangat jarang dan yang memiliki ukuran 7 inchi (17 cm) pernah terjual sampai sekitar 500 juta rupiah!

4. Waktu Kemusnahan Megalodon

Megalodon dipastikan musnah sekitaran 2,6 juta tahun lalu. Pada periode itu, terjadi peralihan cuaca yang cukup menyusahkan untuk Megalodon. Samudra membeku, air laut berkurang, dan hewan-hewan sebagai makanan Hiu Megalodon juga mengalami kematian massal.

Baca Juga:   Apa Ikan Tidur? Bagaimana Caranya?
a megalodon picture, megalodon, megalodon asli, megalodon adalah, megalodon dinosaur, megalodon fossil, megalodon fosil, megalodon besar, megalodon teeth, megalodon tooth

Ilustrasi Megalodon besar

5. Lokasi Megalodon Berkembang Biak

Megalodon menjaga perkembangan anak-anaknya di perairan yang hangat dan dangkal. Diprediksi sekitaran daerah Bone Valley di Florida, the Calvert Cliffs di Maryland dan Gatum Formation di Panama, karena di beberapa lokasi itu diketemukan gigi Megalodon memiliki ukuran kecil, sekitaran 1,5 inchi (3,8 cm).

6. Skema Gigi Megalodon

Megalodon mempunyai 5 baris gigi yang ganti secara cepat dalam kurun waktu 24-48 jam. Dalam jumlah gigi tajam mencapai 276, Megalodon kehilangan ribuan gigi dalam kehidupannya.

7. Perbedaan Ukuran Megalodon dengan Hiu Lain

Mencapai panjang 18 mtr. dengan berat 60 ton, Megalodon terdaftar sebagai predator paling besar yang pernah hidup dari muka bumi. Sebagai perbedaan, hiu putih raksasa hanya sekitaran 7 mtr., dengan berat 3,5 ton. Maka, Megalodon mempunyai panjang 3x semakin besar dari hiu putih raksasa dengan berat 20 kali lipat!

Baca Juga:   4 Jenis Ikan yang Tidak Boleh Dimakan atau Dikonsumsi

8. Hubungan Megalodon dengan Hiu Putih Raksasa

Riset menunjukkan jika Megalodon tidak mempunyai hubungan dengan hiu putih raksasa. Walau awalannya di tahun 1843 mereka termasuk di satu genus Carcharodon yang bergigi besar dan tajam, tetapi perubahan riset memperlihatkan ketidaksamaan taksonomi, hingga Megalodon masuk ke genus baru, Carcharocles.

megalodon asli, megalodon megalodon, megalodon vs, megalodon terbesar di dunia, megalodon adalah, megalodon masih hidup, t rex vs megalodon

9. Habitat Hiu Megalodon

Fosil gigi Megalodon menyebar di beberapa kontinen perairan. Beberapa diantaranya adalah : Amerika Selatan, Amerika Utara, Eropa, Afrika, terhitung juga Puerto Rico, Kuba, Jamaica, Kepulauan Canary, Australia, Selandia Baru, Jepang, Malta, Grenadine, dan India. Komunitas mereka mencakup perairan hangat dengan pasokan makanan yang cukup buat bertahan hidup.

10. Gigi Megalodon yang Super Kuat

Perkiraan permodelan komputer memperlihatkan kemampuan gigitan Megalodon sekitar sampai 10.900-18.100 kg. Kemampuan ini 6-10 kali semakin kuat dari buaya dan hiu putih raksasa. Bahkan juga, gigitan Megalodon masih 2-3 kali semakin kuat dari T-Rex dan Mosasaurus raksasa.

Fakta nomor berapakah yang sangat menarik menurut kamu?

error: