6 Cara Mengajari Kucing Pup di Pasir atau Litter Box

Posted on

daftarhewan.com. Mengajari kucing pup di pasir atau Litter Box. Anak kucing dan kucing umumnya adalah hewan yang sangat kritis dalam kebersihan.

Itu adalah kabar baik dalam hal membuat anak kucing Anda menggunakan kotak pasir. Anak kucing relatif mudah masuk ke kotak pasir (litter box), karena naluri alami mereka untuk menggali dan mengubur sesuatu.

cara mengajari kucing pup di pasir, cara melatih kucing pup di pasir, cara mengajarkan kucing pup di pasir, cara mengajarkan kucing buang air di pasir, melatih kucing pup di pasir, cara mengajari kucing bab di pasir, cara melatih kitten pup di pasir, mengajarkan kucing pup di pasir, mengajari kucing pup di pasir, cara mengajari kucing berak di pasir, melatih kucing pup di litter box

Saat memelihara anak kucing baru di dalam rumah, kamu perlu melatihnya untuk buang kotoran pada tempat yang sesuai yang telah disediakan seperti kotak pasir atau litter box. Susah atau tidak, bergantung dari kebiasan kucing itu.

Mengajari Kucing PUP di Pasir

Ada anak kucing yang sudah terlatih buang kotoran di kotak pasir karena mengikuti induknya, ada juga yang belum memahami karena awalnya hidup liar di luar rumah.

Nah, jika kucing kamu belum terlatih untuk buang kotoran (pup) atau berak di kotak pasir atau litter box, berikut 6 panduan tepat untuk melatihnya:

Baca Juga:   Kucing Mau Mesir, yang Unik dan Suka Main Air

1. Pilih Kotak Pasir Terbaik

Sama ukuran badan yang kecil, anak kucing akan memerlukan kotak pasir yang gampang dijangkau. Karena itu, pilih kotak dengan pinggiran yang rendah. Kamu harus juga memastikan jika kotak itu lumayan luas dan lega untuk mempermudah gerakan kucing.

Kamu dapat memakai kotak pasir tertutup atau terbuka, bergantung pilihan kucing kamu. Jika kucing sudah ingat lokasi kotak pasir, kamu dapat persiapkan ke-2 nya untuk mengetahui kotak pasir apakah yang dia gemari.

Sebaiknya, siapkan kotak pasir sesuai jumlah kucing yang kamu pelihara plus tambahan satu kotak pasir sebagai cadangan. Bila rumah kamu bertingkat, siapkan juga kotak pasir setiap lantai untuk mempermudah kucing kamu buang kotoran (pup) atau berak.

2. Pilih Media yang Baik

Sebetulnya, kucing tidak harus buang kotoran di tempat pasir. Serpihan yang dibuat dari jagung atau gandum bisa juga dipakai sebagai tempat kucing buang kotoran. Yang paling penting, kamu pilih media yang gampang diangkut, tidak beracun, dan tidak berbau.

Untuk mengontrol kebersihan lantai disekitaran kotak pasir, siapkan juga alas untuk memuat media yang tumpah saat kucing menggali atau bergerak pergi. Tetapi, yakinkan material alas yang kamu pakai cukup nyaman untuk kaki-kaki kucing supaya mereka tidak trauma.

Baca Juga:   Penyebab Kucing Muntah dan Cara Mengatasinya

3. Tentukan Lokasi

Taruh kotak pasir di tempat yang terpisah, tetapi gampang dijangkau oleh kucing. Yakinkan tempat cukup lega dan tidak bergesekan dengan furniture lain, supaya kucing tidak terbentur atau memunculkan keributan bila menjatuhkan sesuatu.

Disamping itu, taruh kotak pasir jauh dengan tempat makanan dan tempat tidur favorite kucing.

4. Jaga Kebersihan

Kucing lebih menyenangi tempat buang kotoran yang bersih, tidak bau, dan rapi.

Karena itu, minimal kamu membersihkan kotoran dari kotak pasir 2x satu hari, dan mengawasi kebersihan disekitaran kotak pasir. Bila tidak, mereka dapat ngambek dan mencari lain tempat, seperti karpet atau timbunan baju. Wah, kamu tidak ingin, kan?

5. Memperkenalkan Kotak Pasir

Persiapkan kotak pasir saat sebelum kucing baru kamu datang di dalam rumah. Langkah awal, menyambut kucing di ruang yang tenang dan pastikan kucing merasa nyaman berada di lingkungan anyarnya.

Selanjutnya, beri minum dan makan di satu sisi ruang, dan taruh kotak pasir di lain sisi yang berjauhan. Seterusnya, jika kucing selesai minum dan makan, antar kucing ke kotak pasir, dan ajari mereka dengan menggaruk atau mengeruk pasir.

Baca Juga:   Kuning Telur untuk Kucing, Berikut Cara Pemberiannya

Kamu bisa juga selekasnya membawa kucing ke kotak pasir bila ia mulai menggaruk dan mengendusi sesuatu. Jika kucing belum memahami dan buang kotoran asal-asalan, bersabarlah. Ambil perhatian kucing dan alihkan kotoran ke kotak pasir.

Ingat, tidak boleh memberi hukuman kucing atau memaksakan kucing ke kotak pasir, hanya karena akan membuat mereka trauma dan malah malas mendekati kotak pasir. Diamkan kucing mengingat lewat kebiasaan dan bau yang mereka tinggalkan.

6. Latih dengan Sabar

Durasi waktu latihan memakai kotak pasir dapat benar-benar bermacam, bergantung rutinitas, karakteristik kucing, dan kegigihan kamu. Karena itu, berempatilah. Ketahui insting kucing kamu.

Pelajari kembali kendala yang membuat mereka malas memakai kotak pasir, kesehatan, sampai kenyamanan kucing di lingkungan baru. Kamu bisa juga konsultasi sama dokter hewan untuk masukan dan anjuran yang sesuai keadaan kucing kamu.

Ingat, ya. Sabar, jadi kunci utama untuk kebahagiaan bersama. Semangat untuk melatih kucing membiasakan buang kotoran di kotak pasir! Mudah-mudahan sukses.

Comments are closed.