8 Hal Tentang Merak Biru dan Keunikannya

Posted on

daftarhewan.com. Merak biru juga dikenal sebagai merak India atau merak biasa. Hewan ini asli Asia tetapi telah menyebar ke sejumlah negara karena popularitasnya sebagai burung hias di taman.

Merak Biru

Mereka adalah omnivora yang akan memakan berbagai serangga, buah, biji-bijian, hewan kecil dan sayuran. Mencari makan berlangsung di tanah pada siang hari sebelum mereka mencari perlindungan di pepohonan pada malam hari. Baca Juga : Perbedaan Burung Merak Biru dan Hijau

Jantan menggunakan ekor spektakuler untuk menarik perhatian serta mengesankan betina selama musim kawin. Kelompok pejantan berkumpul di tempat yang sama yang disebut lek untuk memperebutkan betina.

merak biru berasal dari, merak biru wikipedia, merak biru langka, merak biru india, merak biru apakah dilindungi, asal merak biru, perbedaan merak biru dan hijau, deskripsi merak biru, habitat merak biru, klasifikasi merak biru, makanan merak biru

Populasi mereka stabil dan telah mampu berkembang melalui popularitas mereka sebagai burung hias yang telah melihat populasi liar spesies berkembang secara global.

Baca terus untuk mengetahui lebih banyak tentang burung-burung cantik.

1. Ciri-Ciri Merak Biru

Seperti apa burung merak biru itu?

Merak Biru adalah burung berukuran sedang dengan bulu ekor yang spektakuler. Mereka menampilkan dimorfisme seksual yang ditandai dengan jantan dan betina yang memiliki sedikit kesamaan visual.

Dari kepala hingga ujung ekor, jantan memiliki panjang rata-rata 195-225 cm dibandingkan dengan panjang 95 cm untuk betina.

Seekor jantan akan memiliki berat antara 4 dan 6 kg dengan betina datang di antara 3 dan 4 kg.

Merak biru betina (dikenal sebagai peahen) berwarna coklat. Di pangkal leher mereka memiliki beberapa bulu hijau metalik dan bagian bawah berwarna putih. Mahkota bulu di kepala mereka berwarna coklat atau hijau.

Baca Juga:   10 Gambar Burung Kakak Tua Peliharaan

Warna kusam mereka adalah adaptasi yang membantu kamuflase ketika mereka mengerami telur.

Merak jantan (dikenal sebagai peacock) memiliki leher dan kepala berwarna biru. Sisi kepala memiliki bercak hijau.

Di atas dan di bawah mata adalah garis putih yang hanya kulit telanjang. Di bagian belakang bulunya berwarna hijau dengan tanda hitam dan tembaga.

Ekor yang sebenarnya berwarna coklat tua. Baca Juga : Merak Putih

Rentetan bulu di ujung tubuh jantan terbentuk dari penutup ekor yang memanjang. Ini berwarna hijau dan diakhiri dengan titik mata.

Mayoritas bagian bawah berwarna hijau tetapi menjadi hitam di ujung ekor. Ekor ini deikembangkan untuk mengesankan betina selama musim kawin atau berkembang biak.

Rentetan bulu ini dapat mencapai lebih dari setengah panjang tubuhnya dan mencapai panjang hingga 1,6 m.

Di atas kepala jantan adalah mahkota kecil dari bulu tipis dengan embel-embel seperti bola di atasnya. Di bagian belakang kaki jantan terdapat taji.

Merak putih dan aneka warna dapat ditemukan di alam liar maupun di kebun binatang tempat mereka dibiakkan untuk sifat-sifat ini.

2. Makanan Merak Biru

Merak adalah omnivora. Mereka memakan serangga, buah-buahan, biji-bijian, mamalia kecil dan sayuran di tanah.

Di alam liar seperti hutan sebagian besar makanan mereka terdiri dari buah beri dari genus tanaman Zizyphus. Di daerah budidaya mereka akan memakan tanaman. Petani mentolerir mereka karena banyak serangga yang mereka makan.

Sebagian besar pencarian makanan mereka dilakukan di tanah.

3. Persebaran

Asia adalah rumah asli merak biru. Di sini mereka dapat ditemukan di Bangladesh; Bhutan; India; Nepal; Pakistan dan Sri Lanka.

Spesies ini telah diperkenalkan ke sejumlah negara termasuk Australia; Bahama; Selandia Baru dan pulau Hawaii, Amerika Serikat.

Baca Juga:   Tentang Burung Gereja, Makanan dan Fakta Menarik Lainnya
merak biru, merak india, burung merak biru, ayam merak biru, gambar merak biru, merak biru betina, ternak merak biru, asal merak biru, keunikan merak biru, foto merak biru
Merak biru jantan dan betina

4. Habitat

Di lingkungan apa burung merak biru tinggal? Hewan ini ditemukan di hutan dan semak belukar.

5. Cara Burung Merak Berkembang Biak

Musim kawin merak biru tergantung pada saat hujan datang.

Sekelompok pejantan yang umumnya berkerabat dekat akan membentuk situs lek dimana mereka masing-masing mempertahankan wilayah kecil.

Betina kemudian mengunjungi jantan di situs ini. Jantan umumnya tidak berusaha untuk menjaga betina. Pejantan menghasilkan panggilan keras untuk mengiklankan kehadiran mereka.

Jantan tampil untuk betina dengan mengangkat bulu ekornya yang cantik dan indah ke atas dan menggoyangkannya.

Jantan tidak memiliki keterlibatan dalam merawat anak-anak mereka. Jantan dapat kawin dengan banyak pasangan selama musim kawin yang sama.

Setelah mereka kawin, betina membuat sarang. Seperti kerukan dangkal di tanah. Mereka melapisinya dengan daun, ranting, dan bahan lainnya. Kadang-kadang sarang dibangun di atas sebuah bangunan atau mereka mungkin menempati sarang burung hering yang tidak digunakan lagi.

Di sarang 4-8 telur diletakkan dan setelah 28 hari inkubasi anak burung merak menetas. Saat lahir mereka ditutupi dengan bulu kekuningan berbulu halus dengan beberapa garis coklat. Setelah 2 bulan mereka mengganti bulu dengan bulu dewasa.

Anak-anak mengikuti induk mereka dan induk menjaganya disekitar mereka. Terkadang dia akan membawa mereka di punggungnya. Anak burung merak umumnya keluar sendiri dan mulai mandiri pada usia 1 tahun.

Kematangan seksual dicapai antara 2 dan 3 tahun. Baca Juga : Cara Memelihara Merak

6. Perilaku dan Kebiasaan

Di habitat aslinya, merak biru jantan akan meranggaskan bulu ekornya selama bulan Agustus. Ini kemudian berkembang lagi pada bulan Februari.

Saat mencari makan burung merak membentuk kelompok kecil yang biasanya terdiri dari burung merak jantan dan 3-5 ekor burung merak betina. Setelah musim kawin selesai, pejantan umumnya meninggalkan kelompoknya sementara anak-anaknya dibesarkan.

Baca Juga:   Perbedaan Merak Biru dan Hijau

Untuk menjaga kebersihan mereka akan mandi debu. Burung-burung ini menghasilkan panggilan keras yang terutama digunakan untuk memperingatkan kelompoknya akan adanya ancaman.

Hewan ini aktif pada siang hari ketika mereka kebanyakan berkeliaran di tanah dan mencari makan. Pada malam hari mereka akan bertengger di pohon yang memberikan tingkat keamanan dari predator.

7. Predator dan Ancaman di Alam Liar

Predator alami merak biru termasuk dhole (anjing ajag), macan tutul, dan harimau. Beberapa burung yang lebih besar akan memburu mereka. Mereka akan menyergap merak sebelum mereka bisa terbang.

Merak akan berusaha terbang menjauh jika melihat pemangsa mendekati mereka. Anak ayam lebih rentan terhadap predasi daripada orang dewasa.

Populasi merak biru dianggap stabil dan dianggap umum di lingkungannya.

8. Fakta Menarik

Merak biru dipelihara di dalam negeri di sejumlah daerah yang memungkinkan mereka menyebar ke daerah-daerah di mana mereka tidak tumbuh secara alami. Mereka digunakan untuk makanan dan dipelihara sebagai hewan peliharaan.

Merak biru adalah burung nasional India.

Burung merak telah dipelihara oleh manusia selama ribuan tahun. Di masa lalu mereka adalah tanda kekayaan. Saat ini mereka dihargai karena penampilan hias mereka tetapi di masa lalu panggilan keras mereka menyebabkan mereka digunakan sebagai penjaga.

Dalam mitologi Yunani, mata di ekor merak India konon ditempatkan di sana sebagai peringatan penjaga Argus yang konon memiliki 100 mata.

Spesies ini juga dikenal sebagai merak biasa atau merak India. Sekelompok burung merak disebut sebagai ostentation atau pride.

Comments are closed.