Migrasi Ikan Salmon, Pengertian dan Tujuannya

daftarhewan.com. Ikan Salmon bermigrasi dari laut menuju sungai disebut juga “salmon run”, mereka berenang ke hulu sungai tempat mereka bertelur di dasar sungai yang berbatu.

Setelah pemijahan, semua Salmon Pasifik dan sebagian besar salmon Atlantik mati, dan siklus hidup salmon dimulai lagi. Lomba berenang tahunan dapat menjadi acara besar bagi beruang grizzly, elang botak, dan mereka para pelaku olah raga memancing.

migrasi salmon dengan medan magnet, ikan salmon melakukan migrasi dari laut ke sungai untuk, migrasi hewan salmon, migrasi ikan salmon, migrasi ikan salmon brainly, migrasi ikan salmon youtube, ikan salmon melakukan migrasi untuk melakukan, adaptasi ikan salmon saat migrasi, perpindahan ikan salmon termasuk migrasi tipe, perpindahan ikan salmon termasuk migrasi

Gambar migrasi salmon – via : parentmap.com

Berbagai rintangan lain yang menghalangi salmon bermigrasi contohnya adalah bendungan dan perubahan signifikan lainnya pada aliran sungai yang sebelumnya mereka lewati ketika masih muda. Sebagian besar spesies salmon bermigrasi selama musim gugur (September hingga November). Salmon kebanyakan menghabiskan masa mudanya di sungai, dan kemudian berenang ke laut tempat mereka menjalani kehidupan dewasanya dan mendapatkan sebagian besar massa tubuhnya. Setelah dewasa, mereka kembali ke sungai untuk bertelur.

Biasanya mereka kembali dengan ketepatan yang luar biasa ke sungai kelahiran tempat mereka dilahirkan, dan bahkan tepat ke tempat kelahiran mereka. Diperkirakan bahwa, ketika mereka berada di laut, mereka menggunakan magnetoreception untuk menemukan posisi umum dari sungai kelahiran mereka, dan ketika mendekati sungai, mereka menggunakan indra penciuman mereka untuk pulang di pintu masuk sungai tempat kelahiran mereka sekaligus tempat bertelur.

“Magnetoreception adalah indra yang memungkinkan organisme mendeteksi medan magnet untuk melihat arah, ketinggian, atau lokasi. Modalitas sensorik ini digunakan oleh berbagai hewan untuk orientasi dan navigasi, dan sebagai metode hewan untuk mengembangkan peta wilayah.” via wikipedia.org

Daftar Isi :

Baca Juga:   Kenapa Ikan Koki Sering Mati? Ternyata ini Penyebabnya

a. Tujuan migrasi ikan salmon

Tujuan utama salmon untuk kembali ke aliran sungai adalah untuk bereproduksi dan memastikan kelangsungan hidup keturunannya. Tetapi mengapa kembali ke tempat kelahiran merupakan bagian dari proses? Pertimbangkan alternatifnya: berenang ke hulu ke sembarang sungai tua bisa menimbulkan beberapa jebakan bahkan membahayakan nyawa mereka.

Sungai mungkin tidak memiliki lokasi yang cocok untuk pemijahan, tetapi tempat kelahiran salmon sudah terbukti berhasil melakukan pemijahan. Bisa jadi mereka mungkin tidak memiliki pasangan dari spesies yang sama. Untuk semua alasan ini, kita dapat melihat mengapa salmon bernavigasi menuju jalan pulang mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian telah menunjukkan bahwa di lingkungan laut terbuka, salmon menggunakan medan magnet bumi untuk memandu migrasi mereka.

Ini membantu mereka berpindah dari daerah pesisir dekat tempat pemijahan mereka ke laut yang kaya akan makanan, dan kemudian kembali lagi ke akhir hidup mereka. Misalnya, sebagian besar salmon yang kembali ke sungai di wilayah Seattle berasal dari tempat mencari makan di Alaska, tetapi beberapa mungkin berasal dari Jepang.

Migrasi ikan salmon termasuk perpindahan tipe anadromous. Kebanyakan salmon adalah anadromous (anadrom), sebuah istilah yang berasal dari bahasa Yunani anadromos, yang berarti “berlari ke atas”. Ikan anadromous tumbuh sebagian besar di air asin di lautan. Setelah dewasa, mereka bermigrasi ke sungai air tawar untuk bertelur dan fenomena tersebut disebut “salmon run”.

Baca Juga:   Jenis Ikan yang Tidak Boleh Dimakan atau Dikonsumsi

b. Migrasi salmon dengan medan magnet

Salmon menggunakan intensitas dan kemiringan medan magnet bumi untuk mengorientasikan mereka bermigrasi. Kemampuan ini tampaknya diwarisi secara genetik oleh salmon yang tidak dipelajari selama migrasi.

Di Amerika barat laut, salmon adalah spesies kunci, yang berarti dampaknya terhadap kehidupan lain lebih besar daripada yang diharapkan dalam kaitannya dengan biomassa mereka.

Kematian ratusan ribu salmon itu memiliki peranan yang sangat penting, karena bangkai mereka memiliki nutrisi yang kaya akan nitrogen, sulfur, karbon dan fosfor, dipindahkan dari laut ke satwa liar darat seperti beruang dan hutan tepi sungai yang berdekatan dengan sungai.

Hal ini berdampak tidak hanya untuk salmon generasi berikutnya, tetapi juga untuk setiap spesies yang hidup di zona tepi pantai yang dicapai salmon. Nutrisi tersebut juga dapat dihanyutkan ke hilir, ke muara di mana nutrisi tersebut menumpuk dan memberikan banyak dukungan untuk burung yang berkembang biak di muara.

c. Jenis Ikan Salmon yang melakukan bermigrasi:

  1. Salmon Atlantik
  2. Salmon chinook
  3. Salmon Chum
  4. Salmon koho
  5. Salmon bungkuk (Salmon pink atau salmon humpback)
  6. Salmon sockeye (Salmon merah, salmon kokanee, atau salmon blueback)
  7. Salmon masu
  8. Salmon Biwa (Biwa trout)

d. Adaptasi ikan salmon saat migrasi

Salmon muda mempelajari bau aliran air sungai rumah mereka, bahkan mungkin menghafalnya di berbagai titik di sepanjang jalan saat mereka bermigrasi menuju laut. Ketika salmon telah menjadi dewasa dan kembali ke air tawar, ketika mereka menemukan bau akrab itu, itu merangsang mereka untuk berenang ke hulu.

Baca Juga:   Jenis Ikan Hias Asli Indonesia dan Nama Latinnya

Bisa jadi terjadi “pengujian air” saat salmon bermigrasi kembali ke rumah. Jika mereka berenang di sungai yang salah, aroma yang diingat dari aliran kelahiran mereka akan memudar, mengurangi dorongan mereka untuk berenang ke hulu. Kemudian mereka kembali ke hilir sebentar, sampai mereka menemukan bau aliran rumah mereka lagi.

Kebanyakan salmon adalah anadromous, sebuah istilah yang berasal dari bahasa Yunani anadromos, yang berarti “berlari ke atas”. Ikan anadromous tumbuh sebagian besar di air asin di lautan. Setelah dewasa, mereka bermigrasi ke sungai air tawar yang disebut “salmon run”.

e. Seberapa jauh salmon melakukan perjalanan?

Salmon menempuh jarak dari aliran sungai asalnya ke samudra yang bisa mencapai ratusan mil, dan mungkin mereka melakukan perjalanan kembali dari lautan hingga ke Alaska hingga jauh menuju sungai, beberapa diantaranya bisa mencapai hingga 1.000 mil.

f. Apa yang terjadi jika salmon tidak dapat menemukan aliran sungainya kembali?

Beberapa salmon akan mencoba menemukan aliran yang tepat sampai mereka menggunakan semua energinya dan mati, tetapi kebanyakan hanya akan mencoba mencari salmon lain untuk bertelur. Ikan-ikan ini menyimpang ke aliran lain untuk bertelur jika mereka beruntung.

error: