6 Fakta Tentang Kadal Monster Gila

Posted on

daftarhewan.com. Gila Monster atau dalam Bahasa Indonesia disebut Monster Gila adalah satu-satunya kadal berbisa asli Amerika Serikat.

Jangan khawatir, gerakan mereka tergolong lambat, bahkan kecepatan tertinggi monster Gila hanya 1,6 km/jam (1 mph)!. Monster Gila adalah hewan berbisa, racunnya dibuat oleh deretan kelenjar di rahang bawahnya.

Monster Gila, Harga Monster Gila, Kadal Monster Gila, Gila Monster

Saat kadal ini menggigit, lekukan kecil di gigi membantu racun mengalir ke mangsanya. Gigitan monster Gila sangat kuat, dan kadal itu mungkin tidak mengendurkan cengkeramannya selama beberapa detik.

Klasifikasi Monster Gila

Nama ilmiah : Heloderma suspekum

Jenis Hewan : Reptil

Family : Helodermatidae

Asal Usul : Meksiko dan Amerika Serikat

Panjang : Hingga 60 cm

Berat : 0,35 hingga 1,8kg

Status Konservasi : Hampir Terancam

Nama Monster Gila sendiri berasal dari Lembah Sungai Gila di mana ia ditemukan. Monster Gila adalah kadal terbesar asli Amerika Serikat, dan juga satu-satunya kadal berbisa asli negara itu. Reptil khas ini memiliki tanda oranye dan hitam yang jelas, dan sisiknya kecil dan seperti manik-manik.

1. Ciri-Ciri Monster Gila

Monster Gila adalah kadal bertubuh kekar dengan kepala lebar, kaki pendek, dan ekor gemuk. Kakinya lebar dan memiliki cakar yang panjang dan tajam. Tambalan berwarna monster Gila bervariasi dalam warna dari individu ke individu, dan bisa berwarna kuning cerah, oranye atau merah muda.

Baca Juga:   10 Fakta Menarik Tentang Iguana Hijau

Sisik monster Gila seperti manik-manik dan empat spesies lain dalam genus Heloderma memberi nama genus itu, yang berarti ‘kulit bertabur’. Anggota genus sering disebut sebagai ‘kadal manik-manik’.

Monster Gila dinamai berdasarkan Sungai Gila, anak sungai dari Sungai Colorado. Sungai Gila mengalir melalui New Mexico dan Arizona.

2. Habitat Monster Gila

Monster Gila berasal dari Meksiko barat laut dan barat daya Amerika Serikat. Negara bagian Sonora dan Arizona di Meksiko di Amerika Serikat (termasuk gurun Mojave, Sonora, dan Chihuahuan) merupakan bagian besar dari jangkauannya.

Spesies ini juga dapat ditemukan di beberapa bagian New Mexico, Utah, Nevada dan California.

Gila monster yang juga hewan dari huruf g ini  mendiami daerah gurun dan semi-gurun. Ini dapat ditemukan di semak belukar gurun, padang rumput gurun, gurun sukulen, lereng gunung, dasar ngarai dan sungai kering. Kadang-kadang juga terlihat di hutan ek atau pinus.

Spesies ini jarang ditemukan di lahan pertanian dan area terbuka lainnya dengan sedikit vegetasi.

Baca Juga:   5 Tanaman Pengusir Ular, Emang Ampuh?

3. Perilaku

Monster Gila menghabiskan lebih dari 90% waktunya di bawah perlindungan, hanya muncul untuk memberi makan atau berjemur di bawah sinar matahari. Tempat perlindungan yang digunakan oleh monster Gila termasuk liang, semak belukar dan tumpukan batu.

Meskipun monster Gila kebanyakan menyendiri (soliter), kadang-kadang diketahui berbagi tempat berlindung dengan individu lain.

Monster Gila menyesuaikan pola aktivitasnya untuk menjaga suhu permukaan tubuhnya sekitar 30° Celcius.

Selama bulan-bulan kering musim semi dan awal musim panas, mereka aktif di pagi hari. Selama musim panas, ketika suhu siang hari bisa sangat panas, ia akan menyesuaikan perilakunya dan menjadi lebih aktif di malam hari.

hewan dari huruf g, monster gila, gila monster

4. Pergerakan

Monster Gila memiliki metabolisme yang lambat, dan sebagai hasilnya memiliki salah satu kecepatan lari paling lambat dari kadal mana pun.

Namun, berkat kemampuannya untuk menggunakan oksigen secara efisien, ia mampu mempertahankan aktivitas fisik yang intens, seperti perkelahian, untuk jangka waktu yang relatif lama.

5. Cara Monster Gila Berkembang Biak

Sebelum musim kawin pada bulan Mei dan Juni, monster Gila jantan terlibat dalam pertandingan gulat yang melibatkan gerakan memutar dan mendorong hingga salah satu hewan memperoleh posisi dominan di atas lawannya. Jantan yang berhasil dalam pertempuran lebih mungkin untuk berhasil kawin dengan betina.

Baca Juga:   20 Jenis Ular Laut, Pesebaran hingga Karakteristik

Pada bulan Juli atau Agustus, monster Gila betina akan bertelur 2 sampai 12 telur besar berbentuk oval, yang ia kubur sedalam 13 cm di dalam pasir. Tukik muncul setelah 9 sampai 12 bulan.

Tukik memiliki panjang sekitar 16 cm saat mereka muncul. Mereka menyerupai monster Gila dewasa dalam penampilan tetapi dengan warna yang lebih intens. Ketika masih Tukik pun mereka sudah beracun atau berbisa.

Karena kecepatannya yang lambat dan penglihatan yang buruk, monster Gila lebih suka berburu telur burung dan reptil daripada mangsa hidup.

Hewan ini dapat mendeteksi telur yang terkubur 15 cm di dalam tanah menggunakan indra penciumannya yang tajam. Monster Gila juga akan memanjat pohon dan kaktus untuk mencari sarang burung.

Monster Gila juga akan memakan burung kecil, tikus, katak, kadal, serangga, lipan, cacing, dan bangkai.

Meskipun monster Gila jarang makan, namun sekalinya makan, makanannya banyak. Ini akan memakan hingga sepertiga dari massa tubuhnya saat makan.

Monster Gila bisa bertahan hidup berbulan-bulan tanpa makanan dengan mengandalkan lemak yang tersimpan di ekornya. Ukuran ekornya berfluktuasi tergantung pada seberapa baru hewan itu makan.