Mutiara Asli yang Harganya Mahal

Posted on

daftarhewan.com. Telah lama, Mutiara dikenali sebagai lambang kesucian dan kemurnian, dan sering dijadikan perhiasan dengan nilai yang mahal. Sekurang-kurangnya, ada empat macam sebagai komoditas yang mempunyai nilai untuk dunia, yakni yang berwarna hitam, air tawar, laut selatan dan akoya.

Mutiara

Nach, yang penting kita kenali, Indonesia menjadi satu diantara pemasok khusus, jenis yang berasal dari laut selatan di pasaran Internasional.

mutiara adalah, mutiara melo, mutiara laut, harga mutiara termahal, jenis mutiara dan harganya, toko mutiara, mutiara berasal dari

Karenanya, untuk menjaga hasil laut yang memberikan keuntungan ini, kita perlu berperan dalam melindungi kelestarian bahari. Apa lagi, dengan memercayakan tangkapan alam, tersedianya komoditas ini menjadi benar-benar terbatas serta selalu mengalami penurunan.

Karena itu, supaya semakin semangat memberikan dukungan keberadaan mereka di perairan Indonesia, kamu perlu mengenali segala keterkaitan mutiara lebih dulu. Yok, kita susuri asal mula dan proses pembentukannya!

1. Mutiara berasal dari?

Pada intinya mutiara adalah berasal dari moluska, setiap macam moluska bisa membuatnya secara alami. Tetapi, ada banyak jenis moluska yang bisa mendatangkan yang berharga tinggi, dan beberapa yang lain cuma menghasilkan yang tidak berharga bagi manusia. Moluska spesial yang bisa mendatangkan yang bernilai ini terbagi dalam beberapa macam tiram dari family Pteriidae, yang sering dipanggil sebagai kerang atau tiram mutiara, yakni:

  • Pteria penguin, yang sering disebutkan tiram bersayap, mendatangkan jenis yang tidak bulat sempurna.
  • Pinctada margaritifera, produsen mutiara hitam.
  • Pinctada maxima, yang memimpin perairan Indonesia dan mendatangkan mutiara laut selatan.
  • Pinctada fucata, ramai diperbudidayakan di Jepang dan menghasikan jeniss Akoya.
Baca Juga:   Hewan yang dapat hidup pada ekosistem gurun adalah?

Selain dari laut, tercipta juga di air tawar, lewat proses alami pada beberapa macam remis, seperti Hyriopsis cumingii, Cristaria plicata, dan Margaritifera margaritifera.

2. Harga Mutiara

Harga mutiara bisa bervariatif secara sensasional bergantung pada banyak factor, seperti tipe, ukuran, warna, kualitas permukaan, dan banyak. Yang asli alam akan berharga lebih mahal dari yang dihasilkan dari budidaya. Tetapi, rerata harganya di antara $300 sampai $1500 (4 juta sampai 21 juta rupiah).

harga mutiara hitam, mutiara air tawar asli, perhiasan mutiara, harga 1 mutiara

3. Kenapa Harganya Mahal?

Sesudah sekian tahun menyelam untuk memungut mutiara, penyelam sudah membuat mutiara alami jadi benar-benar langka; beberapa menjelaskan mereka nyaris musnah. Oleh karenanya, mereka susah diketemukan di laut akhir-akhir ini. Karena kelangkaan ini, mutiara alami biasanya lebih mahal dibanding mutiara budidaya.

Baca Juga:   Ekosistem Air Tawar yang Menakjubkan, Simak Yuk!

4. Bagaimana Proses Pembuatan Mutiara?

Agar bisa menciptakan suatu hal yang langka dan bernilai seperti perhiasan ini, bukan kasus gampang untuk moluska. Mereka tercipta karena ada factor iritan atau gangguan yang masuk ke mantel, melukai, dan memberikan ancaman keselamatan moluska, seperti pecahan cangkang, butiran pasir, atau benda asing yang lain.

Karena itu, sebagai bagian dari proses pelindung diri, moluska mengeluarkan zat nacre, berbentuk senyawa yang serupa dalam pembentukan cangkangnya, yakni aragonit (mineral) dan conchiolin (protein), untuk menyelimuti benda asing itu dalam mantel moluska, hingga sedikit demi sedikit akhirnya terbentuklah keindahan yang mendatangkan perhiasan mahal ini. Sedangkan, moluska mendatangkan lapisan nacre untuk membenahi cangkang mereka, hingga mendatangkan induk atau terkenal dengan istilah mother of pearl.

Dalam proses alamiah, factor iritan dan proses pembangunan aragonit, mempengaruhi bentuk. Karena itu, yang tercipta di alam kerap kali mempunyai bentuk kurang sempurna. Menurut Museum Sejarah Alam Amerika, salah satunya langkah untuk membandingkan di antara yang asli alam dan buatan, yakni dengan menggosokannya ke gigi. Yang asli akan terasa seperti berpasir, dan yang buatan akan terasa lembut.

Baca Juga:   Penyebab Virus Corona "COVID-19", Pencegahan dan Cara Menanganinya

harga mutiara, mutiara, harga mutiara asli, mutiara hitam, mutiara asli, harga mutiara air tawar, mutiara air tawar

5. Budidaya

Keperluan dunia tidak sama rata dengan kelangkaan yang tercipta secara alami. Karenanya, hasil tangkapan alam jadi sangat sangat jarang, dengan harga jual yang tinggi.

Keadaan itu, menggerakkan ide manusia untuk memulai membudidayakan mereka, yang dalam prosesnya, dilaksanakan interferensi pada factor iritan yang memacu moluska mendatangkan mutiara. Selanjutnya, tiram ditaruh pada suatu keranjang dan baru dapat dipanen sekitaran dua tahun.

Menarik sekali, kan? Lewat moluska yang bisa menghasilkan mutiara, kita belajar jika untuk menghasilkan suatu hal yang bernilai atau berharga, kita harus melewati proses yang panjang, tidak instant, sampai mengikutsertakan rasa sakit dan bermacam pengorbanan. Keren banget ya!