Narwhal adalah Paus Bertanduk yang Unik

daftarhewan.com. Narwhal adalah paus bergigi berukuran sedang yang hanya ditemukan di perairan Arktik. paus Arktik kecil, yang jantannya memiliki gading spiral panjang yang mengarah ke depan yang dikembangkan dari salah satu giginya.

narwhal, apa itu narwhal, dimana narwhal hidup, apa yang dimaksud narwhal, narwhal apa artinya

Hewan Narwhal

Performa magic dan karakter misterius, membuat substansi narwhal jadi demikian menakjubkan. Mereka menjaga jarak dengan kehidupan manusia dan hidup di daerah yang jarang-jarang tersentuh, yakni perairan di kutub utara.

Maka, lumrah saja bila jarang-jarang orang yang mengenali mereka dan memandang nama “narwhal” begitu asing di telinga.

Ditambah, figur narwhal terlihat seperti hewan yang hanya hidup dalam dongeng. “Narwhal” datang dari istilah Nordik, yakni “nar” (mayat) serta “hval” (paus). Nama ini mengarah di kulit abu-abu belang yang seperti orang terbenam.

Sementara nama latin mereka, yakni Monodon monoceros, memiliki arti “satu gigi, satu tanduk” dengan bahasa Latin, yang memvisualisasikan realisasinya sebagai unicorn penghuni lautan.

Narwhal jadi kerabat Delphinapterus leucas atau paus beluga dalam keluarga Monodontidae. Ke-2 spesies ini semua hidup di Samudra Arktik, mempunyai ukuran dan sikap yang mirip, dan pada ada saatnya melakukan kawin silang.

Baca Juga:   Nama Hewan dari Huruf A, Bahasa Inggris

1. Karakter Fisik Narwhal

Keunikan khusus narwhal adalah berada pada gading lempeng panjang yang dipunyai oleh narwhal jantan. Gading unik ini sebagai gigi yang seperti tanduk, dan bisa tumbuh sampai 3 m, dari mulutnya. Tetapi, walau termasuk mempunyai gigi, narwhal tidak memiliki gigi yang betul-betul memiliki fungsi.

Pada narwhal jantan, gigi taring kanan stabil di rahang dan tak pernah tumbuh, dan taring kiri keluar melewati gusi dengan skema spiral berlawanan arah jarum jam dan membuat gading. Walau begitu, ada saatnya ke-2 gigi tumbuh, dan membentuk dua gading.

Sedangkan, kepala narwhal relatif kecil dan condong bundar dibanding dengan cetacea yang lain dengan sirip yang termasuk pendek membundar. Dan, bukannya memiliki ekor cekung seperti cetacea yang lain, narwhal malah mempunyai ekor yang cembung.

Narwhal jantan dewasa mempunyai tubuh dengan panjang 4,6 m, dengan berat sekitaran 1590 kg. Sementara narwhal betina mempunyai ukuran badan yang lebih kecil, sekitaran 4 m, dengan berat 910 kg. Walau sering dipandang seperti karakter narwhal jantan, ada juga 15% narwhal betina yang mempunyai gading.

Karenanya, kehadiran gading pada narwhal jadi cukup spekulatif. Berikut beberapa teori berkaitan gading atau taunduk narwhal:

  • Alat untuk tetap bertahan hidup, misalkan untuk memecahkan es, menombak ikan, atau berburu makan di dasar laut. Tetapi, teori ini terpatahkan oleh bukti jika narwhal betina yang sebagian besar tidak bertanduk rupanya mempunyai umur hidup yang lebih panjang.
  • Gading sebagai karakter khusus narwhal jantan yang berperan sebagai senjata dalam kompetisi untuk memperoleh betina.
  • Gading sebagai organ sensorik, atas dasar sebuah study yang mengatakan jika ada saraf-saraf peka pada gading mereka, hingga ada peluang bisa mengetahui perubahan lingkungan, seperti fluktuasi temperatur dan salinitas.
Baca Juga:   Anjing Laut, Bagaimana Mereka Berkembang Biak?

2. Pesebaran serta Habitat Narwhal

Berdasar data World Wildlife Fund (WWF), narwhal hidup di perairan Samudra Arktik dan sekitaran garis pantai Kanada, Norwegia, Greenland dan Rusia. Mereka bisa ditemui di daerah pantai sepanjang musim panas dan melalui laut lepas sepanjang musim dingin.

Narwhal adalah penyelam handal dan bisa sampai kedalaman 1,5 km yang tidak dapat dijangkau cahaya matahari dengan tekanan air melewati 150 atmosfer.

Mereka bisa bertahan sepanjang 25 menit dalam setiap penyelaman, karena disokong oleh paru-paru yang berukuran besar, tulang rusuk yang fleksibel, dan didukung mioglobin dengan konsentrasi tinggi pada darah.

narwhal, narwhals, narwhale, narwhal adalah, narwhal tusk, narwhal whale, narwhal unicorn, narwhal population

3. Makanan Narwhal

Untuk tetap bertahan hidup, narwhal konsumsi ikan halibut Greenland, cod dari perairan kutub dan Arktik, dan udang. Kadang, mereka memakan serigala laut, ikan capelin, dan telur ikan skate.

4. Ancaman Kehidupan Narwhal

Di lain sisi, kehidupan narwhal condong terancam oleh keadaan external, seperti peralihan cuaca dan kegiatan manusia. Disamping tingkat depresi yang tinggi karena pendengaran yang peka, penambahan lalu lintas kapal bisa juga berpengaruh pada hantaman yang mematikan, dan merusak mekanisme navigasi narwhal.

Baca Juga:   9 Fakta Ayam Pegar Ring-neck Pheasant

5. Tingkah laku Narwhal

Narwhal hidup dalam kumpulan yang terbagi dalam 3 – 8 ekor, dan kadang dapat sampai 20 ekor. Pada keadaan normal, narwhal membuat kelompok kecil yang lalu tergabung jadi kawanan besar sepanjang musim migrasi.

6. Umur Narwhal

Diprediksi, narwhal bisa hidup sepanjang 30 – 40 tahun. Narwhal betina capai kematangan seksual di antara 4 – 7 tahun, dan narwhal jantan sekitaran 8-9 tahun. Musim kawin mereka berjalan sepanjang bulan April, dengan periode kehamilan 15 bulan.

Dalam masa tersebut, narwhal betina berpindah ke sebuah teluk untuk melahirkan anak tunggal dengan panjang sekitaran 1,5 m dan berat 82 kg. Riset memperlihatkan jika narwhal melahirkan satu anak dalam 3 tahun, dan tiap anak akan tinggal dengan induknya sampai berumur 20 bulan.

7. Status Pelestarian Narwhal

IUCN menulis jika narwhal bukan spesies yang harus mendapat perhatian khusus. Komunitas mereka tidak ada dalam teror yang berarti, sekitaran 123.000 ekor narwhal dewasa yang terdiri dari 12 subpopulasi di Kutub Utara.

error: