Pakan Ikan Mas Koki di Dalam Akuarium

Posted on

daftarhewan.com. Pakan ikan koki. Cara memberi makan ikan maskoki dalam akuarium berbeda dengan cara untuk pemeliharaan di kolam. Di akuarium, maskoki diusahakan tidak berubah ukuran maupun warnanya, sedangkan dalam kolam biasanya maskoki justru diusahakan agar cepat besar.

pakan ikan koki, makanan ikan mas koki, pakan ikan mas koki, pakan yang diberikan pada ikan koki saat proses pembesaran adalah, pakan ikan koki terbaik, apakah ikan koki bisa hidup tanpa aerator, pakan ikan koki yang bagus, pakan ikan mas koki supaya cepat besar, pakan ikan koki agar cepat besar, makan ikan koki yang bagus, pakan ikan koki saat proses pembesaran, pakan ikan koki untuk warna, pakan ikan mas koki terbaik, pakan ikan koki biar cepat besar, apa makanan ikan mas koki

Pakan Ikan Koki yang Baik

Hampir semua jenis ikan maskoki yang dipelihara di akuarium, bagi para penggemarnya diperuntukkan sebagai ikan pajangan. Alasannya, keindahan maskoki baru ternikmati untuh jika dipandang dari samping. Sebagai ikan pajangan atau hiasan akuarium, perlakuan yang diterapkan berbeda bila dibandingkan dengan ikan di kolam. Salah satu perbedaannya ialah pemberian pakan dan pemilihan jenis atau menu makanannya.

Baca Juga:   7 Rekor Ikan Koki Terbesar di Dunia

Supaya maskoki terpelihara keindahannya, pakannya dituntut berkualitas baik. Artinya porsinya cukup sedikit namun memiliki kandungan protein, mineral, kolesterol, vitamin, karbohidrat dan lemak yang lengkap. Elemen-elemen ini harus tersedia lengkap, karena sangat dibutuhkan untuk mempertahankan warna, kesehatan serta bentuk ikan, sehingga tetap indah dipandang.

Seperti hewan vertebrata lain, maskoki juga memerlukan pakan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin dalam perbandingan yang seimbang.

Kebutuhan protein sangat mutlak. Protein bermanfaat meningkatkan pertumbuhan dan memperbarui jaringan yang rusak. Oleh sebab itu unsur protein dalam pakan ikan maskoki tidak boleh kurang dari 12 %. Kecukupan akan lemak bagi maskoki berkaitan erat dengan kandungan karbohidrat dalam pakan.

Baca Juga:   17 Penyakit Ikan Mas Koki, Gejala dan Cara Mengatasinya

Keduanya merupakan sumber energi utama bagi maskoki. Selain itu karbohidrat berfungsi mencegah penggunaan lemak yang berlebihan dan membantu membentuk tubuh yang indah. Namun demikian kandungannya dalam pakan perlu diatur agar tidak berlebihan.

Kelebihan lemak berakibat memperberat kerja ginjal dan mengurangi kandungan lemak dalam hati. Kandungan lemak dalam pakan dibatasi hanya sampai empat persen dan karbohidrat sebanyak 45 persen.

Mineral-mineral seperti kalsium, magnesium, besi, tembaga dan fosfat diperlukan juga. Walaupun jumlahnya sedikit unsur-unsur itu bisa mencegah terjadinya serangan penyakit sehingga ikan hidup sehat.

Selain itu vitamin juga diperlukan dalam proses pembentukan warna, hingga menjadi cemerlang. Vitamin-vitamin ini pada umumnya terdapat dalam ganggang hijau, kuning telur dan udang.

Pemberian pakan cukup sehari sekali, karena ikan koki termasuk hewan yang tahan lapar. Pemberian juga harus dilakukan sedikit demi sedikit, bila ikan sudah tidak mau melahap pakannya, berarti dia sudah kenyang dan pemberian pakan harus dihentikan.

Baca Juga:   Ikan Koki: Sejarah dan Habitatnya

Dengan pengaturan menu yang mengandung nilai gizi tinggi ini, diharapkan ikan maskoki yang kita pelihara akan tetap cemerlang dan hidup lama dalam akuarium. (DBS)