Palmas, Ikan Purba yang Memesona

Posted on

daftarhewan.com. Ada beberapa macam jenis ikan palmas, tapi Polypterus palmas sungguh eksklusif. Dia termasuk ikan purba yang masih bisa di lihat keistimewaannya saat ini.

Tubuhnya memanjang mirip ular. Dia mampu memangsa buruan yang ukurannya hampir sama dengan tubuhnya sendiri.

Palmas sebenarnya merupakan nama populer sejumlah ikan anggota genus Polvpterus. Anggotanya tidak kurang dari 10 jenis.

ikan palmas, ikan.palmas, ikan+palmas, makanan ikan palmas, makan ikan palmas, makanan ikan palmas kecil, apa makanan ikan palmas, ikan palmas makan apa, apakah ikan palmas bisa dicampur, macam macam ikan palmas, asal ikan palmas, ikan palmas bisa sebesar apa
Polypterus palmas

Tapi vang berhak menyandang nama palmas sejati adalah Polypterus palmas. Ikan dari genus Polypterus, famili Polipteridae, sub-kelas Brachiop-terygii telah ada berjuta-juta tahun lalu.

Keberadaannya di muka bumi kita ketahui kembali, berdasarkan penemuan fosil sisiknya dan rangkanya yang sudah membantu penelitian para arkeolog di Mesir, dimana disimpulkan hewan ini berasal dari zaman Trias.

Penyebarannya di muka bumi meliputi seluruh benua Afrika. Khusus P. palmas bisa ditemukan di Sierra Leone, Liberia, dan Kongo.

Punya Sirip ‘Kayu’

Tubuh Palmas pada umumnya memanjang seperti ular kecil. Sisiknya agak unik, berbentuk jajaran genjang seperti intan, dan berlapis zat bening.

Baca Juga:   Efek Arwana Makan Jangkrik, Sebagai Penambah Daya Tahan

“Kepurbaannya” tampak pada sirip dada yang pangkalnya tebal dan kuat. “Sirip ini begitu kuat sampai dimitoskan. sekuat kayu,” ujar seseorang, penggemar ikan aneh di Bandung.

Kekuatan ini berguna untuk menahan tubuh ikan dan “berjalan” di darat, kalau habitatnya mengering. Ia yang selalu mengidolakan ikan catfish itu percaya bahwa palmas merupakan ikan purba.

Karena, dia pernah membuktikan sendiri bagaimana palmas bertahan 24 jam dalam keadaan tanpa air di akuarium.

Ceritanya, dia sedang menguras total akuariumnya, tapi ikannya itu bersembunyi dalam kayu dan tidak mau keluar sampai air baru dimasukkan sehari kemudian. Menurutnya, palmasnya termasuk ikan langka. Ikan Palmas juga bisa dicampur dengan ikan Arwana.

Sirip Punggung adalah Senjatanya

Menurut beberapa penggemarnya ukuran tubuh palmas bisa mencapai panjang 37 cm dan besarnya bisa sepergelangan tangan orang dewasa.

Baca Juga:   18 Jenis Ikan, Keong dan Udang Pembersih Akuarium

Tubuhnya dibalut kulit yang sangat tebal seperti kulit buaya. Saking tebalnya, perut red tail catfish berukuran besar pun tidak mampu mencernanya.

Di mulutnya terdapat semacam gigi yang sangat tajam. Namun, yang cukup unik adalah “Senjatanya bukan di mulut, melainkan menggunakan sirip punggung juga”.

Sirip punggung itu seperti terdiri dari “sayap-sayap”. Setiap muncul satu sayap dibatasi duri, jadi sifat sirip itu bisa membuka menutup se­perti kipas bali.

Alat ini menjadi senjata yang hebat, dalam menghadapi red tail catfish yang urung menelannya, ka­rena mulut si rakus itu bisa luka parah dihajar sirip palmas.

Makanan Ikan Palmas

Perawatan palmas tidak sulit, karena memang sifatnya bandel. Di air dingin pun dia bisa hidup, suhu idealnya 22 sampai 28 derajat C.

Ukuran akuarium yang baik panjangnya di atas 80 cm, diberi perlengkapan batu-batuan dan kayu untuk bersembunyi.

Baca Juga:   Pomacea bridgesii, Keong Pembersih Akuarium

Penggantian airnya lebih baik dilakukan tiap hari sebanyak 5-10%, karena tidak semua kotoran masuk ke filter dan dengan cara ini ikan cenderung tidak pernah sakit.

Karena termasuk predator, pakan palmas harus berupa, udang segar yang dipotong-potong, cacing rambut (ketika masih kecil), ikan kecil, kutir (kutu air), potongan ikan mas, dan larva nyamuk.

Kalau ingin menyaksikan kebuasan palmas, disarankan agar pada malam hari lampu akuarium dimatikan. Ikan buas itu akan aktif berburu mangsa di kegelapan malam.

Meskipun ikan itu buas, tapi dia tidak sembarangan menyerang ikan lain dalam akuarium.

Sebenarnya, ikan jenis apa saja boleh dicampur dengannya, asal ukurannya lebih besar. Toh, ukuran pal­mas tidak lebih dari 32 cm, menurut salah satu penggemar Palmas, itu pun baru dicapai setelah umurnya 3 tahun.