Panda Merah: Karakteristik, Habitat dan Fakta Menarik

daftarhewan.com. Panda merah atau dalam Bahasa Inggris disebut Red Panda. Karakteristik Panda Merah atau Red Panda berukuran kira-kira seukuran kucing rumah yang berukuran besar, dan memiliki wajah mirip kucing.

Bulu mereka yang berwarna karat tebal dan menutupi tubuh mereka kecuali telinga mereka (yang hampir putih), pipi, moncong dan bintik-bintik di atas mata mereka.

hewan hewan lucu di dunia, binatang lucu di dunia, hewan di dunia lucu, hewan lucu seluruh dunia, hewan lucu dan aneh, dp hewan lucu, hewan ter lucu di dunia, hewan yang lucu di dunia

Klasifikasi Panda Merah

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Mammalia
Ordo : Karnivora
Family : Ailuridae
Genus : Ailurus
Nama ilmiah : Ailurus fulgens

Bulu mereka yang lebat membuat mereka tetap hangat selama musim dingin. Garis-garis coklat kemerahan membentang di sepanjang kedua sisi moncong putihnya, dan ada lingkaran gelap dan terang di ekornya yang panjang dan lebat.

Mereka juga memiliki bulu tebal di bagian bawah kaki mereka, yang berfungsi untuk membantu menjaga kaki mereka tetap hangat dan mencegah mereka tergelincir di dahan basah.

Persebaran panda merah memanjang dari Myanmar utara hingga Nepal barat. Panda merah berasal dari Bhutan (Asia Selatan), Cina (Asia Timur), India (Asia Selatan), Myanmar (Asia Tenggara), Nepal (Asia Selatan). Mereka juga tinggal di pegunungan di barat daya China (provinsi Sichuan, Xizang dan Yunnan) pada ketinggian dari 4.900 (1493 meter) hingga 13.000 kaki (3962 meter).

Panda merah ditemukan di daerah beriklim sedang di hutan jenis konifera dan gugur, di mana seringkali terdapat lapisan bawah pohon berongga dan bambu.

Apakah Panda Merah boleh Dipelihara?

Tidak Boleh, ITU ILEGAL! Mereka menjadi spesies yang terancam punah, ilegal untuk memperdagangkan dan memperjual-belikannya. Jika seseorang tertangkap memelihara panda merah hidup, mereka bisa didenda atau bahkan dikirim ke penjara!

Baca Juga:   Goliath Birdeater, Tarantula Terbesar di Dunia

Mereka mungkin lucu dan terlihat tidak berbahaya, tetapi sebenarnya tidak! Mereka sebenarnya memiliki gigi yang sangat tajam, tekanan rahang yang dapat menghancurkan, dan cakar yang tajam dan digolongkan sebagai hewan karnivora. Ini adalah adaptasi super untuk gaya hidup mereka memanjat pohon dan mengunyah bambu, tetapi juga bertindak sebagai mekanisme pertahanan yang berbahaya jika mereka merasa terancam.

Mereka menyendiri dan tidak suka ditemani. Panda merah liar jarang bertemu satu sama lain, menjalani gaya hidup yang benar-benar menyendiri kecuali untuk musim kawin yang singkat setahun sekali.

Mereka suka menyendiri, dan hal ini juga termasuk untuk menghindari manusia juga. Karena gaya hidup ini, mereka umumnya tidak suka disentuh, jadi meskipun terlihat seperti Anda harus bisa menggendong dan memeluk mereka, hal tersebut tidak harus terjadi.

Di kebun binatang mereka diberi makan banyak bambu yang baru dipotong yang dilengkapi dengan pelet pekat, tetapi ini sangat mahal. Diet tinggi serat juga membuat mereka sering buang air kecil! Seekor hewan dapat menghasilkan hampir satu kilo kotoran setiap hari.

Ancaman utama panda merah liar adalah hilangnya habitat dan pada tingkat yang lebih rendah, perburuan untuk bulunya. Namun ada ancaman mengancam lainnya terhadap panda merah yang sedang meningkat, perdagangan hewan peliharaan ilegal dengan harga yang mahal.

a. Aktivitas Panda Merah

Panda Merah aktif di malam hari (hewan nokturnal) dan biasanya menyendiri. Mereka tidur di siang hari jauh di atas kanopi pohon, melingkarkan ekornya yang panjang dan lebat di sekelilingnya agar tetap hangat.

Baca Juga:   Ayam Pegar: Klasifikasi, Karakteristik, dan Penjelasan Lainnya

Mereka makan di pepohonan tetapi biasanya turun ke tanah saat senja tiba untuk mencari makan di bawah kegelapan. Hewan ini adalah hewan yang mempunyai sifat teritorial dan menandai wilayahnya dengan urin, kotoran, dan sekresi musky yang berasal dari kelenjar analnya. Komunikasi antara satu sama lain dilakukan melalui siulan pendek dan bercicit.

panda merah lucu, panda merah mod, panda merah adalah, apakah panda merah boleh dipelihara, aktivitas panda merah, panda merah dan beruang, panda merah dilindungi, harga panda merah di indonesia, fakta panda merah, filosofi panda merah, gambar panda merah, habitat panda merah

b. Makanan Panda Merah

Diet dan Nutrisi Panda Merah termasuk dalam kelompok mamalia karnivora, tetapi kebanyakan makanan mereka adalah rebung bambu, jadi pola makan mereka hampir vegetarian. Ia akan memakan makanan lain seperti rumput, biji pohon ek, buah-buah beri, serta belatung, kadal, tikus, ayam, dan telur burung.

c. Cara Panda Merah Berkembang biak

Panda merah jantan dan betina dapat mempunyai pasangan lebih dari satu selama satu musim. Setelah masa kehamilan sekitar 4 bulan, induk betina melahirkan 1 – 5 ekor bayi. Untuk persiapan kelahiran, betina membangun sarang di dalam lubang pohon.

Setelah satu minggu, seekor betina akan menghabiskan lebih banyak waktu di luar sarang, kembali setiap beberapa jam untuk merawat dan merawat anak, dan membersihkan sarang.

Panda merah yang masih muda tinggal di sarang selama sekitar 90 hari, dan disapih pada usia sekitar 6-8 bulan. Mereka pertama kali meninggalkan sarang pada malam hari. Anak panda memakan daun dan batang bambu hanya sampai cukup umur untuk mencerna makanan lain. Mereka tumbuh menjadi ukuran penuh dalam waktu sekitar satu tahun. Panda merah bisa berkembang biak sekitar usia 18 bulan, dan matang sepenuhnya secara seksual pada usia 2-3 tahun.

Baca Juga:   Monyet Bekantan, Si Hidung Panjang

d. Populasi Panda Merah

Kenapa Panda Merah Terancam? Ancaman utama eksistensi panda merah adalah degradasi dan hilangnya habitat akibat deforestasi. Mereka juga diburu, dan menderita karena bertemu dengan anjing liar. Orang-orang dan seringkali anak-anak, terkadang mengganggu habitatnya dan mencoba menangkap satu ekor yang terkadang menyebabkan kematiannya, terutama jika mereka masih muda.

e. Jumlah Populasi Panda Merah

Menurut Wikipedia, pada 2001, perkiraan populasi panda merah berkisar antara 16.000 dan 20.000 ekor, termasuk 3.000-7.000 ekor di China, 5.000-6.000 di India, dan beberapa ratus ekor di Nepal. Kebanyakan dari mereka tinggal di dalam taman nasional di kawasan hutan lindung kecil. ICUN mengklasifikasikan panda merah sebagai “Terancam Punah”, dengan tren populasi yang menurun.

f. Ekosistem

Panda merah memiliki peran penting dalam ekosistemnya, mengendalikan populasi yang dimangsa. Mereka tinggal di pegunungan tengah Asia Selatan di hutan yang menjadi paru-paru daerah ini. Jika hutan ini dijaga dengan baik, masyarakat, tumbuhan dan satwa di Asia Selatan dapat hidup sehat.

fakta panda merah, filosofi panda merah, gambar panda merah, habitat panda merah, hello panda merah, karakteristik panda merah, kenapa panda merah terancam, kenapa panda merah punah, panda pohon merah, pelihara panda merah, populasi panda merah

g. Fakta Menarik Tentang Panda Merah

  • Panda merah mendeteksi aroma yang berbeda dengan lidahnya.
  • Browser internet Firefox dinamai terinspirasi dari panda Merah, menjadi nama lain untuk mereka. Awalnya Mozilla ingin menggunakan nama Firebird, tetapi karena proyek lain telah menggunakan nama itu, mereka memilih Firefox.
  • Cakar panda dapat ditarik dan disembunyikan sebagian, dengan tulang yang menjulur seperti “ibu jari”.
  • Panda merah bisa memakan daun bambu sebanyak 200.000 helai per hari.
  • Panda Merah memiliki nama “panda”, sebelum diberikan kepada panda hitam dan putih yang besar atau Panda raksasa.
  • “Wah” adalah nama lain dari Panda Merah karena tangisannya yang khas.
error: